Maret 07, 2022

Manajemen SDM dalam membangun usaha kecil

  

Manajemen SDM dalam membangun usaha kecil

Oleh : Sandy Faizal Harist

(@T10-Sandy)

   1.    Pendahuluan

Manajemen tim adalah istilah yang mengacu pada berbagai kegiatan yang menyatukan dan memperkuat tim dalam perusahaan untuk melaksanakan kinerjanya.  Hal ini termasuk dalam tugas manajer yang wajib dipenuhi. Keaktifan dan kinerja manajer pun sangat diharapkan dalam mengelola kinerja tim yang efektif.

  

Usaha Kecil Menengah (UKM) atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) punya peran penting dalam perkembangan ekonomi suatu negara. UKM diartikan sebagai usaha yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha dan bukan anak perusahaan atau anak cabang yang dimiliki, dikuasai, atau bagian dari sebuah usaha menengah atau usaha besar dan beberapa kriteria tertentu. Bappenas menyatakan UMKM memiliki peranan yang cukup besar bagi perekonomian Indonesia meliputi : perluasan kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja, pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB), penyedia jaringan pengaman terutama untuk masyarakat berpendapatan rendah demi menjalankan kegiatan ekonomi produktif.

 

Mengingat peran UKM yang krusial sebagai salah satu penopang perekonomian, para pelaku UKM harus bisa menunjukkan kualitas baik dari segi produk maupun sumber daya manusianya. Meskipun bisnis UKM yang dimiliki masih terbilang baru dan kecil, tidak ada alasan untuk tidak mengesampingkan kualitas dan peran SDM. Kontribusi SDM yang baik akan berdampak bagi kesuksesan merek dagang, kemampuan bersaing dan keberlangsungan UKM Anda kedepannya. Untuk membangun SDM yang berkualitas dan mampu berkontribusi secara maksimal, dibutuhkan langkah manajemen SDM yang terencana

Dengan Membangun tim adalah yang saling bekerja sama untuk sebuah tujuan yang telah ditentukan bersama. Dimana setiap orang memiliki tugas masing-masing di mana tugas tersebut saling berkaitan untuk mencapai sebuah tujuan.

 

Dalam menjalankan bisnis UMKM, tim merupakan salah satu pondasi penting yang harus Anda kelola dengan baik. Sebuah tim memiliki peran penting dalam perkembangan sebuah bisnis UMKM. Di mana, jika tim yang Anda miliki kurang maksimal dan tidak dapat bekerja sama, maka perkembangan bisnis UMKM akan mengalami kendala dan hambatan. Sedangkan, jika tim Anda solid dan mampu bekerja sama dengan baik, bisnis UMKM akan mendapatkan peluang besar untuk terus berkembang dan bertahan menghadapi persaingan bisnis.



   2.    Pembahasan

 

2.1 Tahapan Membangun tim yang Baik dan Solid

Berikut adalah tahapan membangun sebuah tim yang baik dan solid untuk perkembangan bisnis UMKM.

 

Pilih Anggota Berkualitas

Bukan hanya produk yang harus memiliki kualitas baik, anggota tim juga harus memiliki kualitas baik. Mulailah pilih anggota tim yang berkualitas seperti team leader yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, tim manajemen dengan pandangan bisnis yang luas dan memiliki ide-ide kreatif. Tim pelaksana yang memiliki keahlian dan pengetahuan terhadap bisnis, ataupun tim marketing yang mampu mempromosikan bisnis dengan strategi yang tepat. Dengan begitu, semua tim yang Anda bentuk dapat saling mendukung dan berjalan bersama untuk mencapai suatu tujuan bisnis.

Tentukan Tujuan Bersama

Sebelum mulai bekerja, semua anggota tim harus mengetahui apa tujuan yang sebenarnya ingiin dicapai. Tanpa adanya arah dan ukuran keberhasilan yang jelas bagi sebuah tim dalam mencapai tujuannya, maka sangat tidak mungkin mengumpulkan sebuah tim untuk mengerjakannya.

Dengan menentukan tujuan, seluruh anggota tim dapat lebih bertanggungjawab dan dapat bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan bersama. Cara ini juga dapat memotivasi anggota tim untuk saling berkoordinasi dan menjalankan peran masing-masing.

Tentukan Peran Masing-Masing

Setelah mengetahui tujuan yang harus dicapai, selanjutnya adalah menentukan peran dari masing-masing anggota tim. Dengan mengetahui skill dan pola pikir dari masing-masing anggota tim akan lebih mudah dalam menentukan peran dari seluruh anggota tim yang Anda miliki.

Kerjakan Secara Efisien

Jika seluruh anggota tim sudah mengetahui peran masing-masing untuk mencapai tujuan bersama, langkah berikutnya adalah melakukan pekerjaan dengan cara terbaik. Pada tahap ini, hal yang harus dilakukan adalah dengan melihat flow kerja, sumber daya yang dimiliki, dan apa saja yang dibutuhkan oleh tim untuk mengeksekusi pekerjaannya masing-masing.

Ciptakan Kebersamaan & Kepercayaan

Dua hal ini adalah kunci utama untuk membangun sebuah tim yang solid dalam mencapai tujuan bersama. Untuk menciptakan rasa saling percaya dan kebersamaan, hal yang perlu dilakukan adalah mendorong anggota tim untuk saling peduli dan bekerja sama demi tujuan bersama. Hal ini dapat membuat tim lebih dekat dan juga solid dalam pekerjaan.

Meningkatkan Kompetensi Tim

Bila dalam tim kerja, kualitas yang dimiliki setiap anggota tidak merata. Maka tidak ada salahnya untuk meningkatkannya melalui pelatihan. Dan pastikan pelatihannya disesuaikan dengan pekerjaan, tugas, dan tanggung jawabnya.

Menghormati dan Menghargai

Dengan beragam karakter dan ide yang ada, setidaknya harus diawali dengan sikap yang bisa saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada. Dengan begitu akan membentuk tim yang kokoh dan kompak.  Bahkan dengan sikap tersebut, membentuk visi dan misi yang sama menjadi lebih mudah.

Melakukan Evaluasi

Tolak ukur apakah kerja tim baik atau tidak adalah melalui evaluasi. Dengan begitu kamu dan tim menjadi tahu mana yang tidak berjalan sesuai rencana dan perlu perubahan, atau memperbaiki hal yang kurang. Evaluasi bukan bertujuan untuk mencari kesalahan. Melainkan untuk mendapatkan arah dan masukan yang lebih baik untuk proses kerja yang maksimal. Bila dalam prosesnya terjadi perubahan, maka hal tersebut dipastikan mendapatkan kesepakatan bersama. Dan dengan evaluasi, kesuksesan kerja tim bisa selalu dipantau dan diawasi.

2.2  Cara mengelola Kinerja Tim

Peran serta tugas manajer tak selalu mudah. Manajer harus menginspirasi, memimpin, dan memotivasi tim  untuk mencapai serangkaian tujuan perusahaan dengan segala kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun, hal ini tidak menjadi masalah bila manajer mampu menerapkan team management dengan baik. Berikut adalah bagaimana cara mengelola kinerja tim dengan baik

Menjaga Komunikasi

Karyawan ingin selalu mendapat informasi tentang tujuan, deadline, dan proses dari proyek yang melibatkan karyawan saat ini.  Penting untuk berkomunikasi dengan baik dengan karyawan dan memberitahu mereka tentang hal-hal yang terjadi di dalam perusahaan.  Penting juga untuk meminta pendapat dan masukan dari karyawan.

Semakin banyak pendapat atau opini menandakan bahwa semua anggota tim memperhatikan dengan benar bagaimana progres proyek berlangsung. Jangan pernah meremehkan opini dari karyawan meskipun agak unik atau bertentangan dengan visi awal perusahaan! Hal itu hanya akan membuat karyawan merasa tidak dihargai dan rendah diri.

 

Beri Penghargaan

Selain memberikan kritik, jangan lupa untuk memberikan penghargaan ketika karyawan berhasil melakukan sesuatu. Penghargaan kecil seperti ucapan terima kasih pun dapat membuat karyawan termotivasi dan merasa dihargai. Sehingga karyawan akan lebih terdorong untuk lebih aktif dan produktif di masa mendatang. Yang perlu diingat adalah jangan fokus untuk memberikan penghargaan kepada karyawan yang itu-itu saja! Bersikap konsisten dan tidak memihak berlebihan sehingga manajer tidak dianggap pilih kasih.

Jujur dan Transparan

Manusia merasakan berbagai emosi dalam dirinya, seperti rasa takut, panik, butuh bantuan, dan lainnya. Bersikaplah jujur dan jangan takut untuk mengakui kesalahan. Dengan menunjukkan sisi manusiawi, karyawan dapat bekerja lebih rileks. Transparansi menunjukkan integritas dan membangun kepercayaan dengan setiap karyawan. Berbohong atau menahan informasi hanya dapat membahayakan hubungan dengan karyawan yang berujung kepada konflik.

Delegasikan Pekerjaan Kepada Orang yang Tepat

Istilah “the right man in the right place” sesuai dengan pembahasan ini. Semua karyawan memiliki keunggulannya masing-masing. Penting bagi manajer untuk memahami keunggulan karyawannya dan mendelegasikan tugas kepada karyawan yang sesuai tingkat keterampilannya. Karyawan dapat bekerja lebih baik saat mereka  menggunakan keterampilan terbaik mereka. Jadi mendelegasikan tugas kepada karyawan yang tepat akan berdampak signifikan pada produktivitas tim.

Kelola konflik

Hal penting dalam team management adalah kemampuan untuk mengelola konflik. Kepribadian dan karakter karyawan yang berbeda akan menyebabkan perselisihan dan  memungkinkan adanya konflik. Ketika ada konflik di tempat kerja dan tidak boleh diabaikan. Menutup mata dapat menyebabkan suasana negatif yang dapat berdampak pada produktivitas dan komunikasi. Segera atasi masalah saat masalah mulai muncul sebelum berkembang besar. Saat masalah berkembang lebih besar, maka akan semakin sulit untuk diatasi. 

 

2.3  Hambatan yang membuat tim menjadi tidak efektif

Kurangnya kepercayaan antar anggota tim. Pada dasarnya, hambatan ini terjadi karena anggota tim tidak bersedia menampilkan sisi rentannya kepada sesama anggota tim. Mereka tidak mau terbuka mengenai kelemahan dan kekurangan diri, kesalahan yang dilakukan, serta kebutuhan untuk meminta bantuan rekan-rekannya. Keadaan ini membuat tim kesulitan untuk membangun kepercayaan yang merupakan fondasi penting dalam kerja sama tim.

 

Ketakutan terhadap konflik. Tim yang tidak saling percaya satu sama lain, tidak akan bersedia untuk terlibat dalam konflik yang terbuka dan konstruktif. Mereka lebih memilih untuk menyimpan pendapat yang mereka miliki ketimbang berdebat dengan rekan satu timnya. Anggota tim memilih untuk mempertahankan keharmonisan (palsu) dalam tim.

 

Kurangnya komitmen dalam tim. Keengganan tim untuk terlibat dalam konflik mengakibatkan kurangnya komitmen anggota terhadap tim. Komitmen dalam konteks kerja sama tim berfokus pada pembuatan rencana dan pengambilan keputusan. Ketika anggota tim tidak memberikan pendapatnya dalam diskusi (karena takut terlibat konflik), mereka akhirnya tidak benar-benar terlibat dalam keputusan yang diambil oleh tim.

Menghindari pertanggungjawaban. Tanpa adanya komitmen terhadap perencanaan dan pengambilan keputusan yang diambil oleh tim, anggota tim tidak dapat meminta pertanggungjawaban kepada rekan kerjanya. Mereka ragu-ragu untuk memberikan feedback kepada rekan kerja terkait dengan performanya dalam tim. Mereka memilih untuk tidak mengingatkan rekan kerjanya mengenai standar performa yang tinggi demi menghindari ketidaknyamanan antar anggota tim.

Ketidakpedulian terhadap hasil yang diperoleh tim. Tanpa adanya pertanggungjawaban, anggota tim akhirnya lebih fokus pada tujuan pribadi ketimbang tujuan tim. Kegagalan untuk meminta pertanggungjawaban kepada rekan kerja, menciptakan lingkungan dimana anggota tim tidak peduli terhadap hasil yang diperoleh secara tim. Mereka cenderung mencari pengakuan untuk diri sendiri dengan mengorbankan tujuan tim.

 

2.4  Cara mengatasi hambatan dalam membuat tim tetap efektif

Bangun kepercayaan dalam tim. Untuk memiliki kepercayaan terhadap satu sama lain, anggota tim dituntut untuk menampilkan sisi rentan mereka dan yakin bahwa sisi rentan mereka tidak akan digunakan untuk merugikan mereka. Berikut cara-cara membangun kepercayaan dalam tim.

·        Setiap anggota tim saling berbagi mengenai informasi dirinya kepada tim.

·        Berikan apresiasi untuk performa yang sudah baik serta feedback spesifik dan kritik yang membangun untuk performa yang perlu diperbaiki.

·        Kenali gaya perilaku dan kepribadian setiap anggota tim.

Atasi rasa takut terhadap konflik. Tim yang terlibat dalam konflik produktif menyadari bahwa tujuan dari konflik adalah untuk menghasilkan solusi terbaik dalam waktu sesingkat mungkin. Mereka berani untuk berdiskusi sehingga menyelesaikan masalah dengan cepat dan menyeluruh. Konflik yang baik adalah dengan mendengarkan orang lain dan mempertimbangkan sudut pandangnya. Berikut cara-cara mengembangkan kemauan anggota tim untuk terlibat dalam konflik yang sehat.

·        Pilih anggota tim untuk bertanggung jawab selama meeting atau diskusi berlangsung. Setiap anggota tim diberikan tugas untuk memimpin jalannya diskusi dan memunculkan pendapat-pendapat dari setiap anggota tim.

·        Anggota tim dapat saling membimbing untuk mewujudkan diskusi yang sehat. Kenali anggota tim yang merasa tidak nyaman selama diskusi dan ingatkan bahwa perbedaan dalam diskusi merupakan hal yang wajar.

·        Pahami kencederungan yang terjadi dalam tim ketika muncul konflik. Buat strategi yang tepat untuk menghadapi situasi yang muncul setiap konflik berbeda terjadi.

Tumbuhkan komitmen dalam tim. Komitmen akan terwujud ketika ada kejelasan dan penerimaan terhadap perencanaan dan keputusan tim. Dengan dua hal tersebut, setiap anggota tim dapat menyelesaikan meeting atau diskusi dengan keyakinan bahwa setiap anggota tim akan menjalankan keputusan yang telah disepakati bersama. Berikut cara-cara memaksimalkan komitmen dalam tim.

·        Tinjau kembali keputusan-keputusan penting yang ditentukan selama meeting atau diskusi.

·        Gunakan deadline yang jelas mengenai kapan keputusan dibuat dan patuhi waktu yang telah ditetapkan untuk menjalankan rencana tim.

 

Jalankan pertanggungjawaban dalam tim. Pertanggungjawaban menunjukkan bahwa anggota tim saling menghormati dan memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap performa satu sama lain. Meminta pertanggungjawaban dari setiap anggota tim merupakan bentuk motivasi untuk meningkatkan performa dan mempertahankan standar tinggi dalam tim. Berikut cara-cara memastikan pertanggungjawaban dalam tim.

·        Sampaikan kepada publik mengenai tujuan yang harus dicapai tim, siapa yang bertanggung jawab, dan strategi yang dilakukan agar dapat berhasil mencapai tujuan.

·        Komunikasikan (secara langsung atau tulisan) mengenai perkembangan performa setiap anggota tim.

·        Berikan penghargaan secara tim bukan individu.

·        Tinjau kemajuan performa setiap anggota tim secara teratur dan terjadwal (misalkan setiap meeting mingguan).

Fokuskan atensi pada hasil yang perlu diraih tim. Anggota tim akan lebih fokus pada hasil yang perlu diperoleh tim jika ada definisi jelas mengenai hasil yang perlu dicapai dan pemberian penghargaan kepada performa yang berkontribusi pada hasil tersebut. Berikut cara-cara mengarahkan fokus tim kepada hasil.

·        Nyatakan komitmen dalam tim mengenai keinginan untuk mencapai hasil tim.

·        Berikan penghargaan berdasarkan keberhasilan dalam mencapai hasil tim.

·        Buat papan skor untuk menunjukkan kemajuan performa tim.

 

2.5   Alasan Pentingnya Team Management

Team management yang kuat sangat penting jika perusahaan ingin terus tumbuh dan berkembang. Sebab, seiring perkembangan bisnis, masalah yang dihadapi tim pun semakin beragam pula. Di bawah ini beberapa alasan pentingnya team management dalam sebuah perusahaan:

Kinerja yang Efektif dan Efisien

Salah satu manfaat dari manajemen tim adalah menciptakan kinerja yang efektif dan efisien. Ketika karyawan saling melengkapi, lebih mudah bagi sebuah tim untuk menghindari kesenjangan dalam keahlian dan miskomunikasi antar karyawan. Kemampuan unik dari masing-masing karyawan dapat menjadi peluang bagi manajer untuk mendelegasikan proyek kepada orang yang tepat.

Memperkuat Produktivitas

Karyawan yang memiliki tanggung jawab dan tujuan yang jelas dapat lebih fokus pada tugas mereka, terutama ketika tanggung jawab tersebut terkait erat dengan spesialisasi dan minat karyawan. Sehingga produktivitas dalam tim menjadi lebih kuat. Selain itu, kerja tim yang efektif memungkinkan anggota untuk bekerja sama satu sama lain saat mereka membutuhkan bantuan. Jadi, jika salah satu karyawan mengalami kesulitan anggota tim lainnya turun tangan untuk membantu rekannya. Cara tersebut akan mendorong karyawan menjadi lebih baik dan lebih baik dari waktu ke waktu

Eksplorasi Perspektif Baru

Alasan lain dari pentingnya team management adalah membuka kesempatan bagi setiap orang untuk belajar dan mengeksplorasi perspektif baru. Misalnya, karyawan baru pasti akan mendapatkan ilmu dari karyawan lama yang lebih berpengalaman. Karyawan yang berbeda dengan berbagai bakat dan kemampuan dapat bertukar keterampilan yang tidak mereka miliki sebelumnya melalui diskusi, brainstorming, menjalani proyek bersama, dan lainnya.

Kepuasan Kinerja Karyawan

Manajemen tim yang efektif tak hanya membentuk tim yang kuat dari segi kinerja, tetapi juga dari segi bonding dan sense of belonging.  Ikatan ini menciptakan suasana positif di tempat kerja yang penting untuk produktivitas serta kesehatan mental karyawan. Hubungan karyawan yang lebih baik berasal dari suasana yang menyenangkan dan kepercayaan. Sehingga karyawan lebih bahagia dan memiliki tingkat kepuasan kinerja tinggi.

   3.    Kesimpulan

Dalam membangun Usaha Kecil Menengah (UKM) atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) manajemen sumber daya manusia harus benar – benar diperhatikan. Karena meskipun bisnis UKM yang dimiliki masih terbilang baru dan kecil, tidak ada alasan untuk tidak mengesampingkan kualitas dan peran SDM. Kontribusi SDM yang baik akan berdampak bagi kesuksesan merek dagang, kemampuan bersaing dan keberlangsungan UKM Anda kedepannya. Untuk membangun SDM yang berkualitas dan mampu berkontribusi secara maksimal, dibutuhkan langkah manajemen SDM yang terencana.

Mulai dari membentuk tim yang solid dan efektif, cara mengelola manajemen tim, mengetahui hambatan yang membuat tim tidak efektif dan bagaimana cara mengatasinya, serta betapa penting manajemen tim dalam membangun Usaha Kecil Menengah (UKM) atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Di mana, jika tim yang Anda miliki kurang maksimal dan tidak dapat bekerja sama, maka perkembangan bisnis UMKM akan mengalami kendala dan hambatan. Sedangkan, jika tim Anda solid dan mampu bekerja sama dengan baik, bisnis UMKM akan mendapatkan peluang besar untuk terus berkembang dan bertahan menghadapi persaingan bisnis.

 

   4.    Daftar Pustaka

 

·        Modul 1 Kewirausahaan 2

·        https://www.jurnal.id/id/blog/2017-5-tips-membangun-tim-yang-solid-untuk-perkembangan-bisnis/

·        https://www.pawoon.com/membangun-tim-kerja-yang-solid-dan-efektif/

·        https://www.linovhr.com/team-management-dan-mengelola-kinerja-tim/#:~:text=Manajemen%20tim%20adalah%20istilah%20yang,mengelola%20kinerja%20tim%20yang%20efektif.

·        https://pintaria.com/blog/cara-membentuk-tim-kerja-yang-solid-dan-efektif/

·        https://www.im-cons.com/post/5-cara-mengatasi-hambatan-dalam-tim-atasi-hambatan-bangun-tim-yang-kohesif-dan-efektif     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar