Maret 21, 2022

Mencari inovasi dalam berwirausaha

 

Mencari inovasi dalam berwirausaha

Oleh : Eggy Aditya Martasani (@U30-EGGY)

Abstrak

Inovasi merupakan sesuatu yang baru dan belum ada secara umum.  Inovasi ini sendiri sangat identik dengan anak muda. Sebab jiwa muda masih menyimpan banyak energi dan pemikiran. Dengan begitu, banyak hal baru dan unik yang lahir dari para pemuda. Di masa sekarang ini para pemuda ini lebih dikenal dengan yang namanya generasi milenial. Pemuda di masa sekarang harus benar benar bisa mencari sesuatu yang baru,pemikiran baru,kemajuan baru serta bisa mengikuti kemajuan zaman dalam mencari inovasi karena inovasi sangat di butuhkan di zaman sekarang ini di karenakan semakin bertambah nya umur zaman maka semakin banyak ide ide,sesuatu baru yang harus di kembangkan tidak hanya dalam fikiran tapi harus segera di wujudkan agar inovasi itu tidak di sia sia kan atau terbuang percuma

Inovasi dalam berwirausaha sangatlah penting karena sesuatu yang baru adalah Langkah pertama untuk membuat usaha karena suatu usaha harus mempunyai inovasi yang baru agar usaha tersebut bisa berdiri dan bagi usaha yang sudah berdiri harus mempunyai inovasi baru agar usaha tersebut tetap berdiri dan mempunyai sesuatu yang baru agar konsumen tidak merasa bosan dengan apa yang ia dapatkan hanya seperti itu saja maka dari itu mencari inovasi sangat lah penting bagi wirausaha.

Pembahasan



 

 

Jenis Tipe Inovasi

1.     Inovasi produk

Inovasi produk dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, bahkan sebelum mereka tau apa yang mereka butuhkan. Terdapat tiga jenis kemungkinan. Pertama, sebuah produk yang benar-benar baru dan belum ada di pasaran (contohnya, uang elektronik Bitcoin).

 Kedua, penambahan fitur dari produk yang telah ada. Sebagai contohnya, fitur smartphone, kamera atau teknologi lainnya biasanya akan selalu ditambahkan seiring waktu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. 

Sementara itu, terdapat juga inovasi dari segi peningkatan kualitas fitur. Misalnya, resolusi layar yang awalnya hanya 360p berkembang menjadi 720p (HD) hingga 4320p (FUHD). Inovasi seiring berjalan nya waktu akan terus bertambah,selalu akan berubah dan berubah pasti nya menjadi lebih baik lagi menjadi inovasi yang memberikan sesuatu kemajuan terutama di inovasi produk.

Inovasi produk sangatlah banyak perkembangan teknologi yang memaksa kita untuk terus berinovasi untuk merancang segala nya dengan baik agar bisa Saling bersaing satu sama lain terus mencari teknologi baru mencari kualitas yang terbaik serta menarik hati konsumen agar bisa menjadi terdepan akan inovasi terbaru nya.

2.     Inovasi proses

Dalam hal ini, inovasi proses biasanya dilakukan untuk membuat pekerjaan lebih efektif dan meminimalisir kerja manual, serta kemungkinan kesalahan oleh manusia. Sebagai contohnya, proses manufaktur mobil awalnya menggunakan tenaga manusia namun seiring perkembangan teknologi, sudah digunakan prinsip otomisasi dengan menggunakan mesin. Sementara itu, inovasi proses juga bisa digunakan untuk membuat produk yang lebih unik dan beresonansi secara langsung dengan tiap pelanggan Anda. Sebagai contohnya, perusahaan perangkat keras Dell mengizinkan para pelanggan untuk mengkostumisasi komputer mereka pada tahap pemesanan.

Inovasi proses termasuk sesuatu perubahan dalam pembuatan seperti contoh di atas adalah proses pembuatan manufaktur mobil yang biasa nya tenaga manusia yang menjadi tenaga utama untuk proses manufaktur ini tetapi karena kemajuan inovasi proses maka terbuatlah perubahan inovasi sesuatu yang baru dalam proses pembuatan suatu barang. Inovasi proses tidak hanya untuk manufaktur mobil saja perubahan inovasi proses di salah satu pabrik pesawat pun sama dahulu yang hanya memakai mesin piston karena ada inovasi baru maka jadilah turbine engine.

3.     Inovasi model bisnis

Berbeda dengan kedua inovasi sebelumnya, inovasi bisnis model sifatnya lebih mendasar dan bisa mempengaruhi banyak hal, mulai dari produk itu sendiri, channel marketing hingga harga barang yang dipasarkan. Pertanyaan-pertanyaan mendasar seperti bagaimana cara menjangkau pelanggan secara lebih efektif, bagaimana cara membuat produk Anda lebih mudah digunakan, serta masalah apa yang dihadapi klien ketika pengantaran barang dilakukan bisa menjadi faktor-faktor penting yang mempengaruhi inovasi model bisnis. Sebagai contohnya, perusahaan e-commerce raksasa Amazon menerapkan inovasi model bisnis berupa pemesanan secara online bukannya konvensional dengan datang langsung ke toko atau menggunakan telepon. 

 

Inovasi di bidang bisa di bilang suatu inovasi landasan untuk setiap bisnis karena ini adalah factor utama seperti kepuasaan pelanggan,memberikan kemudaha,memberikan fasilitas yang baik untuk pelanggan sehingga pelanggan terasa nyaman dan puas atas pelayanan yang kita berikan seperti inovasi baru yang sekarang ini banyak di pakai oleh market place atau online shop yang mengaktifkan fitur pembelian barang secara online,pengiriman barang sampai rumah, dan baru baru ini yang banyak di pakai pembelia barang online di bayar dengan cara cash on delivery atau di sebut system COD yang bisa menguntungkan pembeli serta memberikan kenyamanan serta keamanan agar pembeli tidak takut untuk memesan barang secara online

 

Manfaat Inovasi dalam wirausaha


 


 

 


1.     Memecahkan masalah

Inovasi ialah ide dan gagasan baru yang dapat digunakan dalam penyelesaian masalah. Masalah baru tentunya harus diselesaikan dengan ide baru juga. Memecahkan masalah bisa di selesaikan denga nada nya inovasi karena inovasi memberika sesuatu yang baru seperti perubahan baru agar masalah yang sedang di hadapi terselesaikan dengan hasil yang baru dan memberikan suatu masalah itu sebagai pemikiran untuk mencari solusi suatu masalah

 

2.     Menciptakan kualitas yang unik

Manfaat inovasi berikutnya yaitu menciptakan kualitas yang unik. Banyak orang yang tidak menyadari jika berinovasi membuat dirinya memiliki kualitas yang unik.
Dan apabila inovasi berhasil dibuat dan dijalankan, maka perbedaannya pun akan terlihat. Itu artinya, inovasi akan menonjolkan diri dan terlihat memiliki kualitas yang unik.

Kualitas yang unik bisa di bilang sesuatu yang menjadi ciri khas dari inovasi karena sesuatu yang  baru tidak hanya saja baru dan membuat pembeli nyaman tapi yang di cari juga keunikan dari invoasi bar itu karena apabila suatu produk sedang bersaing satu sama lain maka pembeli akan mencari pembeda dari masing masing produk yaitu dengan cara kualitas yang lebih unik dan menarik pembeli untuk percaya kepada produk hasil inovasi itu.

 

3.     Meningkatkan Produktivitas

Berinovasi juga akan berdampak baik bagi produktivitas. Mulai dari karyawan, bos, atau bahkan mahasiswa akan mendapat dampak ini jika melakoninya.saat meningkatkan nya produktivitas berarti semangat inovasi nya sudah ada di terapkan dalam suatu usaha tersebut karena suatu produktivitas bisa di bilang hasil dari apa yang sudah di terapkan dan di pelajari seperti sudah di terapkan nya inovasi ada nya sesuatu yang baru dan menjadikan produktivitas dari seseorang menjadi lebih baik.

 

 

 

Kesimpulan

Kesimpulan yang saya buat dari artikel di atas ialah inovasi sangatlah penting dalam membangun usaha karena sesuatu yang baru sangat di butuhkan untuk memberikan perubahan bagi suatu usaha mendorong usaha agar tetap maju dengan ide ide baru yang di buat,maka dari itu teruntuk anak muda jaman sekarang atau bisa di bilang generasi milenial harus bisa membuat inovasi baru menciptakan sesuatu yang baru,unik,berkualitas dan bermanfaat bagi orang banyak. Dan memberikan bagi anak muda yang belum memikirkan inovasi agar bisa di jadikan contoh untuk mau berinovasi bagi diri sendiri serta kemajuan bangsa kita ini karena bangs akita membutuhkan generasi muda yang banyak inovasi.

Refrensi

Modul 3

https://kewirausahaan.id/2020/01/30/macam-macam-inovasi-penting-untuk-bisnis/

https://www.merdeka.com/trending/pengertian-inovasi-menurut-para-ahli-ketahui-ciri-ciri-beserta-manfaatnya-kln.html

https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-inovasi/

 

 

 

 

    

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar