Maret 21, 2022

Mengembangkan potensi diri dalam Kewirausahaan

 

Mengembangkan potensi diri dalam Kewirausahaan

Oleh : Muhamad Ilham Sudrajat (@U27-ILHAM)

 

Pendahuluan

Sebagai usaha dalam menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan dan meningkatkan aktivitas kewirausahaan agar para lulusan perguruan tinggi lebih menjadi pencipta lapangan kerja dikembangkan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), sebagai bagian dari strategi pendidikan kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Hanya saja, jarang ditemukan seorang sarjana yang ingin mengawali kehidupannya setelah lulus dari perguruan tinggi dengan berwirausaha. Kegagalan dari usaha tersebut diduga dikarenakan sikap yang kurang sungguh-sungguh dalam berusaha dan mengenali potensi diri yang ada dalam diri mahasiswa. Mengenali potensi diri wirausaha mahasiswa dapat dinilai dari enam aspek, yaitu: kepribadian, disiplin diri, kreativitas, dorongan/keinginan, keberanian menghadapi risiko, dan kepercayaan diri. Sedikit tidaknya dengan mengenali potensi diri yang ada dalam diri mahasiswa dapat memberikan gambaran tentang seberapa jauh seseorang tersebut merasa dirinya perlu memperbaiki diri dan belajar agar lebih baik lagi. Mengenal diri sendiri berarti memperoleh pengetahuan tentang totalitas diri yang tepat, yaitu menyadari kelebihan/keunggulan yang dimiliki maupun kekurangan/ kelemahan yang ada pada diri sendiri yang nantinya menjadi sumber kesuksesan dalam berwirausaha.

Pembahasan



 

 

Potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal. Jadi kalau dihubungkan dengan kewirausahaan berarti kemampuan, kekuatan yang dimiliki seseorang dalam berusaha atau melakukan suatu usaha. Potensi diri dalam kewirausahaan adalah kemampuan, kekuatan diri baik yang telah terwujud maupun belum yang dimiliki setiap pribadi dalam hal melakukan suatu usaha. Ada beberapa langkap dalam menemukan potensi diri :

• Buat keputusan untuk berkembang

• Kenali diri sendiri

• Menyingkirkan rasa takut akan kegagalan

• Tetapkan tujuan

• Meraih tujuan melalui langkah kecil

• Buat daftar pencapaian

• Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain

Hal penting yang harus diciptakan, untuk lebih percaya diri menjalani sebuah usaha, kita harus terus mengembangkan sikap-sikap positif wirausaha yang menunjang pertumbuhan bisnis kita, diantaranya selalu istiqomah dalam nilai-nilai kejujuran, keorisinilan, kesungguhan dan keunggulan diri yang akan memberi penguatan langsung pada karakter wirausaha yang diharapkan menjadi modal utama sebagai pelaku bisnis yang handal.. Disamping itu, keyakinan dan keteguhan pemikiran akan keberhasilan/sukses sebuah unit usaha yang dibangun akan memberikan panduan untuk mengiringi perjalanan sukses kita kedepan. Untuk menunjang keyakinan itulah, kita upayakan, pada saat merintis usaha, terutama pada saat menyusun konsep bisnis dan perencanaan usaha, sebaiknya dibuat perncanaan dan konsep yang jelas dan melakukan pendalaman konten produk/jasa yang benar-benar telah kita analisis dan telah dibuat perhitungan yang matang untuk menghurang resiko-resiko yang dapat mempengaruhi proses operasional usaha yang dijalani.

 

 

 

Manfaat Potensi diri dalam wirausaha

1. Memiliki Kesadaran Diri

Kesadaran diri akan membawa kita pada proses pengembangan diri yang berhasil, dimana kita menjadi tahu apa saja nilai-nilai, keyakinan dan tujuan hidup yang menjadi pedoman di dalam hidup kita, karena pemenuhan diri dan kepuasan hidup tidak akan pernah terjadi jika kita hanya mengejar dan mewujudkan mimpi-mimpi orang lain. Kesadaran diri akan membantu mengembangkan diri kita dan membuat kita semakin bersemangat untuk mengejar segala mimpi dan tujuan kita di dalam hidup. Beberapa pertanyaan di bawah ini dapat mendorong pembentukan kesadaran diri

2. Merasa Lebih Terarah.

Pengembangan diri dan rasa lebih terarah akan mengalihkan fokus kita dari kuantitas menuju kualitas. Kita akan semakin bergairah untuk bekerja lebih dan menghasilkan pencapaian yang lebih. Rasa lebih terarah akan membuat kita menjadi pribadi yang tidak pernah mengabaikan pentingnya waktu, sehingga kita selalu menggunakan waktu dengan sebijak mungkin. Pengembangan diri akan memberikan kita makna, tujuan dan arah yang pasti untuk kehidupan kita.

3. Meningkatkan Motivasi.

Dengan pengembangan diri yang kuat, kita dapat mengembangkan kemauan yang kita diperlukan. Ketika kita menyadari bahwa pengembangan diri adalah perjalanan yang harus dilakukan secara terus-menerus, maka kita akan berkomitmen dengan perjalanan panjang tersebut. Dan ketika kita menghargai segala proses dari perjalanan tersebut, maka kita akan selalu berusaha untuk menjaga dan meningkatkan motivasi yang ada. Motivasi sangat diperlukan agar kita semakin bergairah dan bersemangat untuk melangkah ke tahapan selanjutnya, dan pengembangan diri akan membantu kita untuk bisa melalui segala tahap yang diperlukan.

4. Meningkatkan Fokus dan Keefektivitasan.

Pengembangan diri bukan hanya membuat kita lebih terarah, namun kita juga akan memiliki fokus yang lebih tinggi dan kehidupan yang berjalan dengan efektif. Rasa yang terarah mungkin akan membimbing kita pada tujuan hidup yang diinginkan, namun kita akan tetap menemukan banyak hal yang perlu diselesaikan. Dalam hal ini, pengembangan diri akan membantu kita untuk lebih fokus dan bekerja secara efektif, sehingga tidak peduli seberapa banyak pekerjaan kita, kita tetap dapat menyelesaikannya dengan baik. 

5. Pertahanan yang Lebih Kuat.

Akan ada begitu banyak tantangan dan rintangan di dalam kehidupan kita, namun pengembangan diri akan membantu kita untuk bertahan dan menghadapi segala rintangan yang ada. Pengembangan diri akan menciptakan kesadaran diri bagi kita, sehingga kita tahu apa yang harus dilakukan untuk menghadapi rintangan tersebut dengan menggunakan segala kemampuan yang kita miliki. Pengembangan diri juga akan meningkatkan motivasi kita, sehingga tidak peduli rintangan apapun yang ada, kita akan tetap bersemangat untuk melaluinya. Selain itu, pengembangan diri juga akan meningkatkan fokus kita dan membuat hidup kita lebih terarah, sehingga tantangan apapun yang kita miliki tidak akan menjadi hal yang memberatkan hidup kita.

6. Menciptakan Hubungan yang Lebih Erat.

Ketika kita tidak melakukan pengembangan diri, maka kita akan menjadi pribadi yang menghargai hubungan kita dengan orang lain. Dalam hubungan dan interaksi yang kita lakukan dengan individu lain, mereka mungkin akan menyadari beberapa kekurangan yang ada di dalam diri kita, yang mana kekurangan tersebut masih dapat diperbaiki. Misalnya, kita adalah seorang yang jarang sekali mengucapkan kata “maaf” ketika melakukan kesalahan. Pengembangan diri akan membuat kita menjadi pribadi yang mau “mengoreksi diri” untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Kesimpulan

Potensi diri dalam kewirausahaan adalah kemampuan, kekuatan diri baik yang terwujud maupun yang belum dimiliki setiap pribadi dalam hal melakukan suatu usaha. Dan Wirausaha adalah seseorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kapandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, Menyusun operasi untuk penggandaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk mengahasilkan suatau yang bernilai lebih tinggi.

 

 

Daftar Pustaka

Modul 3

https://opop.jabarprov.go.id/menggali-potensi-diri-untuk-lebih-percaya-diri-menjadi-wirausaha/

https://www.ekrut.com/media/cara-mengembangkan-potensi-diri

https://blog.investree.id/bisnis/ketahuilah-7-manfaat-wirausaha-untuk-setiap-generasi/

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.