Maret 11, 2022

mengembangkan sikap kreatif wirausaha

 mengembangkan sikap kreatif wirausaha

oleh: Wildan Adi Surya

(@U48-WILDAN)


Pendahuluan

Perbedaan antara orang yang sukses dengan orang yang gagal letaknya di bidang rohani. Apa yang biasa orang pikirkan, oleh seseorang menentukan apa yang akan dicapainya. Ini berlaku di lapangan niaga maupun lapangan-lapangan lain. Jika seseorang dapat berpikir dengan cerdas dan kreatif, maka orang tersebut akan mendapat hasil-hasil tertentu. Jika pikiran-pikirannya tidak menentu dan tidak diarahkan kepada suatu tujuan tertentu, maka hasilnya pun akan mengecewakan.


Pengertian Kreativitas

Kreativitas merupakan sebuah proses yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan. Namun, kemampuan ini berbeda dari satu orang terhadap orang lainnya. Kemampuan dan bakat merupakan dasarnya, tetapi pengetahuan dari lingkungannya dapat juga mempengaruhi kreativitas seseorang. Selama ini ada anggapan yang salah mengenai orang yang kreatif. Ada yang mengatakan hanya orang jenius/pintar saja yang memiliki kreativitas. Kreativitas bukanlah suatu bakat misterius yang diperuntukkan hanya bagi segelintir orang. Mengingat kreativitas merupakan suatu cara pandang yang sering kali justru dilakukan secara tidak logis. Proses ini melibatkan hubungan antarbanyak hal di mana orang lain kadang-kadang tidak atau belum memikirkannya.



Bagaimana Mengembangkan Sikap Kreatif

Banyak diantara kita yang merasa dirinya sangat tidak kreatif, bagaimana juga, dalam lingkungan bisinis global, di mana perubahan begitu cepat, organisasi dipaksa membutuhkan orang-orang kreatif yang dapat secara efektif mengantisipasi dan tanggap terhadap perubahan. Para peneliti yang mempelajari kreativitas mengatakan bahwa menjadi kreatif adalah menyangkut keputusan-keputusan pribadi tentang :

-Di dalam berwirausaha apa yang Anda inginkan?

-Bagaimana Anda melakukan usaha tersebut?

-Bagaimana Anda melakukannya dengan lebih baik?

Hal ini jelas melibatkan suatu proses, bukan saja hasil akhir. Melainkan pula keuletan dalam menerapkan pola-pola tersebut.


Menurut para peneliti ada tiga tipe kreatif yang berbeda :

-Jenis pertama adalah membuat atau “menciptakan.” Penciptaan merupakan proses membuat sesuatu dari tidak ada menjadi ada.

-Jenis yang kedua adalah “mengombinasikan atau menyentensiskan” dua hal atau lebih yang sebelumnya tidak saling berhubungan. Kenyataannya, banyak penemuan yang memudahkan kehidupan kita hari ini, seperti telepon, dan modem, diciptakan karena hasil sintesis.

-Jenis yang ketiga adalah “memodifikasi” sesuatu yang memang sudah ada. Modifikasi ini berupaya untuk mencari cara-cara untuk membentuk fungsi-fungsi baru, atau menjadikan sesuatu menjadi berbeda penggunaannya oleh orang lain.


ciri-ciri tentang pemikiran kreatif sebagai berikut : 

1. sensitif terhadap masalah-masalah

2. mampu menghasilkan sejumlah ide besar

3. fleksibel

4. keaslian

5. mau mendengarkan perasaan

6. keterbukaan pada gejala bawah sadar

7. mempunyai motivasi

8. bebas dari rasa takut gagal

9. mampu berkonsentrasi

10. mempunyai kemampuan memilih.


Seorang Wirausaha yang memliki daya pengembangan kreativitas yang tinggi akan dapat merombak dan mendorongnya di dalam pengembangan lingkungan usahanya menjadi berhasil. Karena dengan kreativitas seorang Wirausaha dapat

1. meningkatkan efisiensi kerja

2. meningkatkan inisiatif

3. meningkatkan penampilan

4. meningkatkan mutu produk

5. meningkatkan keuntungan.


Seorang Wirausaha yang kreatif selalu dihujani bahan-bahan informasi bisnis melalui televisi, surat kabar, majalah, percakapan dengan orang lain, laporan, surat, memo, pengumuman, selebaran, telepon dan sebagainya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Wirausaha yang kreatif dalam mencari informasi yang penting bagi usahanya :

1. informasi tentang kepribadian dan kemampuanya

2. peluang pasar

3. peluang usaha yang menguntungkan perusahaan

4. pemasok barang

5. kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap produk

6. persaingan dalam dunia usaha

7. lingkungan usaha yang dihadapinya


Melatih pemikiran kreatif melalui kegiatan

cara melatih pemikiran kreatif adalah sebagai berikut:

a) Membuat bungkus kado yang menarik dengan penuh hiasan baru dan model baru

b) Membuat kue atau masakan dengan resep baru sebagai hasil eksperimen

c) Menyusun batang korek api menjadi Gedung, piramida,mobil,motor dan sebagainya

d) Membuat sepatu roda, yaitu gabungan sepatu dan roda

e) Membuat patung burung garuda dari kayu bekas atau kayu yang sudah tidak terpakai


Penghambat kreativitas wirausaha

ada beberapa hal yang dapat merintangi atau menghambat pemikiran kreativitas dilihat dari perilaku seorang wirausaha yaitu:

a) Menganggungkan tradisi dan budaya yang dibuat

b) Memperkecil ketersediaan sumber sumber yang dibutuhkan

c) Lebih menekankan pada perilaku struktur birokrasi

d) Menekankan pada nilai yang menghalangi pengambilan resiko

e) Lebih menyukai spesialisasi

f) Komunikasi yang lemah

g) Mematikan sesuatu contoh

h) System pengendalian yang kuat atau tidak lentur

i) Menekankan denda atau hukuman atas kegagalan atau kesalahan

j) Mengawasi aktivitas kreativitas

k) Menekankan batas waktu


Rangkuman

Kreativitas merupakan sumber yang penting dalam mengubah ide-ide menjadi realitas. Dengan berusaha menjadi lebih kreatif, Anda akan sadar terhadap ide-ide yang lebih produktif. Kreativitas bukanlah suatu bakat misterius yang diperuntukkan hanya bagi segelintir Wirausaha.Kreatif merupakan proses pemikiran yang membantu dalam mencetuskan gagasan-gagasan,Kreativitas merupakan bahan bakunya. Kreativitas seorang Wirausaha dapat merombak dan mendorongnya dalam perkembangan lingkungan usaha agar berhasil. Adapun kegunaan lainnya dari kretivitas adalah berhubungan secara langsung dengan penambahan nilai, penciptaan nilai, dan penemuan peluang usaha. Kreativitas seorang Wirausaha, sangat dibutuhkan untuk menggambarkan keadaan masa depan usahanya dimana ia akan beroperasi.pemikiran seorang Wirausaha yang kreatif merupakan motivator yang sangat besar karena akan membuat mereka tertarik terhadap pekerjaanya. Kreativitas itu merupakan sebuah proses yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan, sedangkan kemampuan dan bakat merupakan dasarnya, tetapi pengetahuan lingkungan usaha juga dapat mempengaruhi krativitas seseorang. Banyak juga diantara kita yang merasa dirinya tidak kreatif. Padahal bagaimanapun, dalam lingkungan bisnis global dimana perubahan-perubahan bisnis begitu cepat, organisasi perusahaan dipaksa membuat orang-orang kreatif.


Daftar Pustaka

cOVER DALAM (wordpress.com)

Modul 02.docx (live.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.