Maret 10, 2022

Peluang Generasi Muda Dalam Menjalankan Kewirausahaan

 

Peluang Generasi Muda Dalam Menjalankan Kewirausahaan

 

Oleh : Zakky Akhmad Zakariya @07-Zakky

Pendahuluan

Peran dan partisipasi pemuda dalam kewirausahaan dapat membentuk kepribadian pemuda yang mandiri, kreatif, inovatif dan dapat menggurangi pengangguran dan terciptanya lapangan pekerjaan baru. Membangun kemandirian pemuda maka sama artinya dengan membangun kemandiri bangsa.



Perkembangan  ekonomi  kreatif  tidak  dapat  terlepas  dari  generasi  muda  sebagai  “gudang”kreativitas. Generasi  muda  adalah  sumber  daya  produktif  yang  dengan  ide  keratifnya  dapat  membuka  sebuah  usaha  (wirausaha)  yang  juga  membantu  pemerintah  dalam  mengurangi  tingkat  pengangguran  di  angkatan  kerja  produktif. Semakin  banyak  anak  muda  yang  berkecimpung  di  dunia  wirausaha, semakin  banyak  pula  produktifitas  yang  dihasilkan  sehingga  berdampak  pula  pada  meningkatnya  perkembangan  ekonomi  nasional.

Generasi  muda  merupakan  bagian  dari  masyarakat  yang  memiliki  tingkat  produktivitas  yang  paling  tinggi. Namun  sayangnya  kurang  dimafaatkan  dengan  baik. Hal  tersebut  karena  masih  banyaknya  dari  segelintir  pemuda  yang  melakukan  ataupun  terlibat  tindak  kejahatan  seperti, pencurian, narkoba, tawuran, sampai  pergaulan  bebas.  Tentu  kita  tidak  ingin  hal  ini  terus  berkelanjutan. Maka  dari  itu  sekolah  dan  dari  dini  bekali  generasi  muda  dengan  pendidikan  yang  baik. Selain  itu  agar  generasi  muda  terpacu  untuk  mnegeksplor  ide  kreatif  dalam  dirinya, kita  dapat  arahkan  ke  dunia  bisnis. Dari hal  ini  generasi  muda  mudanya  bisa  belajar  untuk  menjadi  sorang  wirausaha  agar  dapat  meminimalkan  tindak  kejahatan  yang  ada  karena  kreatifitasnya  diluangkan  untuk  dunia  usaha  bukan  untuk  sesuatu  yang  malah  dapat  menghancurkan  masa  depannya. Wirausaha  muda  nantinya  akan  menjadi  potensi  pembangunan,  baik  dalam  jumlah  maupun  mutu  wirausaha  muda  itu  sendiri.

Pembahasan

Peran pemuda sangat sentral dalam pembangunan nasional. Apalagi menjelang puncak bonus demografi tahun 2030, pemuda yang jumlahnya mencapai 64,19 juta jiwa itu bisa sangat menentukan keberlanjutan pembangunan ekonomi bangsa. Asisten Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Yohan mengatakan, langkah yang perlu dilakukan adalah membangkitkan semangat kewirausahaan pemuda untuk melahirkan wirausaha-wirausaha  muda yang mampu membuka lapangan kerja. Yohan menjelaskan, saat ini, jumlah wirausahawan Indonesia yang tercatat pada tahun 2019 masih sekitar 3,4%. Persentase tersebut masih tergolong rendah dibandingkan negara-negara serumpun lainnya. Karena itu, pemerintah berusaha mebangkitkan semangat kewirausahaan pemuda dan menggerakkan pemuda sebagai motor pembangunan ekonomi nasional dan mewujudkan Indonesia sebagai negara yang memiliki daya saing di kancah internasional.



"Tahun 2024 diharapkan jumlah wirausahawan Indonesia menjadi 4% agar Indonesia bisa tergolong sebagai negara yang berdaya saing. Dan itu sudah termasuk dengan para wirausahawan muda yang berkontribusi," ujar Yohan dalam Rapat Koordinasi Kewirausahaan Pemuda yang diadakan secara daring dan tatap muka di Hotel Santika Premiere, Jakarta, Rabu (21/10). Dalam kesempatan rapat koordinasi, Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora Imam Gunawan menyampaikan bahwa pemuda adalah generasi penerus kepemimpinan bangsa. Untuk membangkitkan semangat wirausaha pemuda, maka pemuda harus diarahkan potensi dan perilakunya agar bisa menjadi wirausaha muda yang sukses memanfaatkan berbagai peluang. Sementara Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Bidang UMKM dan Koperasi Teguh Anantawikrama menyatakan bahwa pemuda Indonesia sejatinya memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi. Menurut dia, yang terpenting adalah pemerintah harus menumbuhkan ekosistem yang baik agar pemuda bisa mengembangkan potensi bakat dan inovasinya dengan baik.

Seraya menanggapi, Asdep Yohan berharap, pemuda mampu berinovasi dan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini. Yohan menambahkan, pemerintah juga akan terus berusaha mendukung berbagai inovasi yang dicetuskan para pemuda. Hal tersebut ditegaskan oleh RPJMN 2020-2024 bahwa pengembangan wirausaha pemuda merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), khususnya pada domain Lapangan dan Kesempatan Kerja. Untuk mendorong percepatan pengembangan kewirausahaan pemuda, Yohan menjelaskan, saat ini pihaknya tengah mendorong percepatan revisi Peraturan Presiden (Perpres) No. 66/2017 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan dan memasukkan unsur kewirausahaan pemuda. Selain itu, pihaknya juga akan mendorong dibentuknya Rencana Aksi Nasional tentang Layanan Kepemudaan tahun 2020-2024, dan membentuk POKJA yang berfokus di bidang kewirausahaan pemuda.

Kesimpulan

          Pada usia muda kita pikiran terbuka luas masih berpeluang. Oleh karena itu, generasi muda dapat mengembangkan usaha dengan gaya inovasi milenial yang sangat dibutuhkan pada saat ini contohnya online shop yang membuat orang dapat berbelanja cukup dari rumah namun tetap eksis tanpa ketinggalan jaman.

Peran pemerintah juga diharapkan dalam mendukung gerakan pemuda dalam meningkatkan kewirausahaan yang berbasis ekonomi kerakyatan. Dengan menggiatkan program usaha kecil dan menengah dan didukung oleh para pelatih yang berpengalaman sehingga menularkan rasa ingin tau dan ingin berkecimpung dalam kewirausahaan. Diharapkan juga pemerintah dapat menyalurkan program bantuan dana hibah bagi kepentingan terciptanya generasi muda yang berkesinambungan dalam menciptakan perannya mengharumkan banngsa dengan berwirausaha.

REFERENSI

·       Modul 1 Kewirausahaan

·       https://kesrasetda.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/29-pengembangan-jiwa-kewirausahaan-enterpreneurship-di-kalangan-generasi-muda

·       https://www.kemenkopmk.go.id/kewirausahaan-pemuda-untuk-mewujudkan-indonesia-yang-berdaya-saing

·       https://binus.ac.id/entrepreneur/2019/10/22/semangat-kewirausahaan-pada-generasi-muda/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.