Maret 07, 2022

PENTINGNYA LABEL DALAM MEMULAI BISNIS

 

Oleh : Najla Nur Atikah (@T23-Najla)

Nama produk (Brand) disinilah menjadi peran penting untuk memulai sebuah bisnis ,yang nantinya akan di pasarkan. Nama brand yang unik bisa menjadi salah satu factor yang dapat mempertahankan kelanggengan suatu bisnis . nama produk atau brand yang bagus dan unik yang anda miliki dapat selalu diingat oleh konsumen.

Membuat suatu nama produk atau label biasanya harus melihat atau mempertimbangkan target pasar misalkan pemilihan warna juga harus dipertimbangkan dalam tulisan (font)harus sesuai . mengapa demikian ?Target pasar adalah suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan suatu bisnis atau perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Ilmu bisnis biasanya mengelompokkan target pasar berdasarkan rentang umur, sifat, atau karakter dan kebiasaan yang hampir sama.

Menentukan target pasar merupakan sebuah upaya mengelompokkan masyarakat berdasarkan segmentasi tertentu. Melalui segmentasi ini, kita dapat memperoleh sekaligus mengolah data, serta menentukan segmen manakah yang paling cocok dengan karakteristik bisnis yang kita bangun.

Lalu, apa manfaat dari mengetahui target pasar dan mengapa kita harus menentukannya sejak awal? Manfaat yang kita bisa dapatkan sebagai berikut.

  • Dapat menempatkan gagasan pemasaran dengan lebih jelas.
  • Dapat mengatur produk menjadi lebih baik dan menarik
  • Dapat menemukan dan membandingkan peluang di pasar.
  • Dapat mengelompokkan budget yang dimiliki secara tepat.
  • Dapat memudahkan dalam menyesuaikan produk dan strategi marketing yang sesuai dengan target konsumen.
  • Dapat mengantisipasi adanya persaingan.
  • Dapat membidik peluang pasar yang lebih luas.

 

Dengan kata lain, para calon pengusaha harus mengetahui istilah yang merupakan istilah fundamental dalam dunia usaha ini. Target pasar adalah sekumpulan konsumen yang menjadi sasaran perusahaan untuk membeli produk buatan mereka. Dengan menentukan target pasar, kita dapat membagi selera konsumen ke dalam sifat dan ciri-ciri masing-masing.

membuat nama yang mudah diingat agar si konsumen tidak sulit untuk mencari produk yang kita jual  misalkan sambal mercon, sambal uleg.

Buat di ferensiasi produk juga merupakan suatu pendukung dalam keberhasilan bisnis yang ingin anda lakukan pada saat ini

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar