Maret 17, 2022

Tahap Persiapan berkreativitas Dan Inovasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Kewirausahaan


Oleh : Dikar Ardiyanto (@U50-DIKAR)

Pendahuluan

   Kreativitas dan inovasi mempunyai peranan yang penting menjalankan sebuah bisnis, seiringnya banyak kesuksesan yang didapat oleh pembisnis diawali dengan kreativitasnya menemukan inovasi perngembangan seperti produk bisnisnya. Daya kreativitas tersebut selayaknya dilandasi dengan cara berfikir yang maju, ide baru, dan berbeda di bandingkan dengan produk - produk yang telah ada. Jika pebisnis mampu memaksimalkan kreativitas untuk melahirkan sebuah inovasi, maka pembisnis juga akan mampu pula tampil berbeda dengan bisnis yang serupa lainnya.

    Seiringnya orang keliru memahami arti kreatif dan inovatif. Dua hal ini cukup berbeda walaupun saling berkaitan, Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru untuk menemukan cara baru dalam masalah ataupun peluang bisnis, untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang-orang. Jadi kreatif adalah sifat yang selalu mencari cara-cara baru dan inovatif adalah sifat yang menerapkan solusi kreatif. Kreatif tapi tidak inovatif menjadi sia-sia  karena ide hanyasebatas pemikiran tanpa ada tindakan nyata.

 Pembahasan

 Berkreativitas tentunya tahapan mempersiapkan diri untuk memecahkan masalah denganmengumpulankan data atau informasi , agar menjadi sebuah output yangbaik,seperti mempelajari pola berfikir orang lain dan kita olah kembali menjadi sebuah pengumpulan informasi dan dibentuk menjadi kreativitas, atau daya pemikiran dan gagasan seseorang dalam melihat peluang yang ada di dalamkehidupan sehari-hari.

Graham Wallas, dalam bukunya "The Art of Thoughts" menyatakan bahwa sebelum terciptanya sebuah inovasi, ada proses kreatif yang harus dilakukan, yaitu:

Tahap Persiapan

Ini adalah mempersiapkan diri untuk memecahkan masalah dengan mengumpulkan data atau informasi, mempelajari pola berpikir dari orang lain, dan bertanya pada orang lain. 

Tahap Inkubasi

Pada tahap ini pengumpulan informasi dihentikan, individu melepaskan diri untuk sementara dari masalah tersebut. Masalah tersebut diendapkan dulu. 

Tahap Iluminasi

Tahap ini merupakan tahap munculnya inspirasi atau gagasan baru.

Tahap Verifikasi

Ini adalah tahap pengujian ide atau kreasi baru tersebut terhadap realitas. Di sini diperlukan pemikiran yang meliputi proses divergensi (pemikiran kreatif) dan proses konvergensi (pemikiran kritis).

 

sejumlah hal juga mempunyai definisi sendiri mengenai kreativitas. Berikut beberapa pendapat ahli tentang kreativitas.

1) James J. Gallagher (1985)

Kreativitas adalah suatu proses mental yang dilakukan individu berupa gagasan atau produk baru, atau mengombinasikan antara keduanya yang pada akhirnya akan melekat pada dirinya.

2) Chaplin (1989)

Menurutnya kreativitas adalah kemampuan menghasilkan bentuk baru menggunakan metode-metode baru.

3) Supriadi (1994)

Kreativitas adalah kemampuan seseorang melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada.

4) Semiawan (1997)

Kreativitas adalah kemampuan untuk memberikan gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.

    Kreativitas seringkali diidentifikasikan sebagai suatu sifat dalam diri seseorang. Oleh sebab itu, ada beberapa ciri-ciri yang dapat menunjukkan seseorang mempunyai kreativitas dalam dirinya. Adapun beberapa ciri-ciri kreativitas adalah sebagai berikut.

1) Menciptakan berbagai ragam dan jumlah gagasan guna memecahkan persoalan.

2) Menunjukkan rasa ingin tahu yang luar biasa.

3) Sering mengajukan tanggapan yang unik dan pintar.

4) Merumuskan dan mendefinisikan masalah.

5) Memainkan peran yang positif berpikir kreatif.

6) Suka mencoba.

7) Berani mengambil risiko.

8) Peka terhadap keindahan dan segi estetika dari lingkungan

Sebagai Pembeda atau Ciri Khas Bisnis

    Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama. Jika ingin berinovasi pada produk, maka kembangkan produk itu hingga memiliki keunggulan atau spesifikasi khusus yang tidak ada di pasaran. Dengan begitu, suatu bisnis bisa memiliki pembeda atau ciri khas tersendiri, baik dalam hal produk maupun identitas.

    Tahapan Persiapan Inovasi Seperti menciptakan pasar baru di tengah masyarakat untuk memberikan fitur dan pengembangan terbaru yang akan menarik minat masyarakat, sehingga masyarakt lebih tertarik untuk membeli produk tersebut, Inovasi tidak selamanya memberikan perkembangan. Akan tetapi kadang juga memberikan hal menurun seperti fitur yang telah kita kembangkan akan menjadi penguran fitur tersebut, Setelah melakukan inovasi dalam bisnis, kamu nantinya berpeluang besar untuk menarik banyak konsumen lebih banyak dari sebelumnya. Konsumen memang menyukai hal-hal yang baru dan cenderung lebih unik dan yang memang mereka sukai. 

   Contoh dari inovasi ini dapat Anda temukan dalam berbagai penemuan di seluruh dunia. Salah satunya adalah mengenai penemuan pesawat terbang. Proses inovasi tidak hanya ketika pertama kali pesawat terbang berhasil diciptakan.Seiring perkembangan zaman, inovasi mengenai pesawat terbang pun terus dilakukan. Oleh karena itu, terdapat perbedaan yang cukup banyak antara pesawat terbang zaman dahulu dan juga pesawat terbang di zaman modern ini.Selain itu, penemuan telepon juga dapat menjadi contoh. Ketika awalnya hanya sebagai sarana komunikasi biasa, kini telepon telah berubah menjadi multifungsi. Telepon bisa digunakan untuk mendengarkan musik, mengetik dokumen, dan lain-lain. Dalam lingkungan bisnis, dari seratus ide brilian, mungkin hanya satu ide saja yang akan menjadi suatu inovasi.

 Referensi

https://www.viva.co.id/vstory/lainnya-vstory/1317018-4-proses-kreatif-bagi-pelaku-bisnis

https://jurnal.iainponorogo.ac.id ›

https://www.researchgate.net/

https://spada.uns.ac.id/mod/assign/view.php?id=166511&forceview=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.