Maret 07, 2022

Team Building Untuk Kerjasama Tim Yang Efektif

 

Oleh : Pasca Fitri Pratama (@T19-Pasca)

 


Pendahuluan

Dengan semakin meluasnya tantangan industri dan organisasi, maka semakin luas pula seorang individu dituntut untuk menyesuaikan diri dan memberikan ide kreatif. Semakin banyaknya individu yang memberikan ide di dalam sebuah organisasi maka semakin tinggi pula tantangan yang akan dihadapi, seperti perbedaan pendapat.

Salah satu cara menghadapi tantangan tersebut adalah dengan bekerjasama dalam team. Untuk mendapatkan team yang solid dan kompak, maka haruslah memiliki tujuan dan pandangan yang se-arah atau sama.

Team building adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan sebuah organisasi. Team building yang baik akan menghasilkan team yang solid serta akan timbul team work yang kuat, oleh karena itu team building diperlukan untuk sebuah organisasi (perusahaan) karena sebagai pondasi atau landasan awal terbentuknya organisasi yang kuat.

            Dengan team building tersebut diharapkan team work atau kerjasama team akan menjadi erat dan berkesinambungan. Dengan latar belakang, pemikiran dan ide yang berbeda-beda dari setiap orang yang tergabung dalam team, maka team building diperlukan untuk menintegrasikan seluruh pemikiran tersebut agar mendapatkan produktifitas yang tinggi dalam sebuah organisasi.

Pembahasan

-       Team Building

Team Building adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh beberapa individu yang tergabung dalam anggota kelompok atau organisasi untuk meningkatkan semangat dalam kegiatan yang dilakukan serta untuk meningkatkan kerjasama dan keterbukaan antar anggota. Ketika banyak orang mengatakan team building dan team work adalah sesuatu yang sama, sebenarnya kedua hal tersebut berbeda, team building adalah bagaimana cara membuat organisasi tersebut, sedangkan team work adalah bagaimana cara organisasi tersebut dapat bekerja dengan satu tujuan.

Tujuan dari diadakannya team building adalah untuk meningkatkan hubungan antar anggota team sehingga timbul hubungan yang sangat erat dan keterbukaan antara satu sama lain. Selain untuk meningkatkan hubungan antar individu, team building dibuat sebagai ciri atau menampakkan indentitas yang kuat sebagai seorang anggota team.

Team building juga meningkatkan semangat dan energy yang dapat memotivasi seluruh anggota team untuk bekerja sama dengan baik untuk tercipta organisasi yang kokoh dan berkesinambungan. Setiap anggota team memberikan pemikiran atau ide-ide yang setiap masing-masing individu tersebut memiliki ciri khasnya tersendiri yang dipadukan agar tercipta harmonisasi kelompok.

Karena adanya harmonisasi dan kreativitas dari masing-masing anggota itulah, maka dalam mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan, akan menjadi mudah dan terasa ringan karena telah tercapai kerjasama team yang baik.

-       Seberapa pentingkah team building dalam organisasi?

Karena setiap anggota memiliki ide yang berbeda-beda maka diperlukan kesepakatan yang tidak merugikan atau tidak membuat kesalahpahaman dalam menentukan tujuan yang akan dicapai. Dengan team building maka diharapkan untuk dapat menciptakan dan mengolah ide, informasi dan pendapat untuk bersama-sama sebagai bahan diskusi.

Dengan adanya team building, sesame anggota dapat saling belajar, bertukar pikiran dan memberikan masukan sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam menerima perbedaan pendapat. 

-       Apa yang membuat sebuah team work menjadi efektif?

Team yang efektif adalah team yang bekerja dengan satu tujuan, visi, misi dan pandangan yang sama, walaupun dengan pendapat, ide, pemikiran yang berbeda beda, yang dilakukan dengan proses sedemikian rupa, komunikasi yang baik, tanggung jawab dan dedikasi.

Visi, dalam sebuah team adalah salah satu aspek yang penting. Oleh karena itu dalam suatu tim, seluruh visi anggotanya haruslah sama, dengan visi yang sama tersebut maka tujuan dan arah dari setiap anggota akan sama. Visi tersebut ditentukan bersama oleh anggota tim dan juga menentukan target yang akan diraih kedepannya serta langkah-langkah yang diperlukan untuk dapat mencapai target tersebut.

Program kerja, setelah menentukan visi ataupun tujuan, maka selanjutnya adalah program kerja yang akan menentukan tiap-tiap langkah untuk mencapai tujuan yang telah dituntukan. Program kerja merupakan panduan bagi setiap anggota untuk menjalankan setiap fungsi dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi. Pada tahap ini, rencana ataupun target yang direncakan akan terealisasi.

Komunikasi, walaupun terkesan remeh dan tidak secara langsung, komunikasi adalah aspek yang memiliki pengaruh besar dalam sebuah team, baik untuk berdiskusi atau mengkoreksi. Komunikasi diperlukan untuk mengetahui apakah langkah-langkah yang diambil sudah sesuai ataupun sebagai sarana berdiskusi untuk menerima saran atau masukan serta kritik yang diberikan oleh sesama anggota team. Komunikasi yang baik dalam team akan menjadikan team bekerja dengan efektif.

 Referensi

http://direktoritraining.com/tahapan-membangun-team-building/

https://www.cermati.com/artikel/kenali-manfaat-dan-tips-membangun-team-building-agar-karir-melesat

https://www.thebalancecareers.com/what-is-team-building-1918270

https://www.managementstudyguide.com/team-building.htm

https://corporatefinanceinstitute.com/resources/careers/soft-skills/team-building/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar