Maret 31, 2022

Upaya Mengembangkan Kreativitas

 Oleh : Effendi (@U06-Effendi)



Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu dari sekian banyak kemampuan yang dimiliki manusia. Orang-orang kreatif dapat mengekspresikan pikiran dan ide mereka, menciptakan karya, dan mengambil tindakan yang mempengaruhi kehidupan kita.

Kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan atau menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang bercirikan orisinilitas dan relatif berbeda dengan yang sudah ada untuk menggerakkan kemajuan manusia dalam ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memecahkan masalah yang ada. Kreativitas yang tinggi memungkinkan kita untuk menciptakan karya yang bermanfaat bagi diri dan lingkungan.

Salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas adalah dengan terus belajar, mendapatkan pengalaman, dan latihan. Weisberg (2006) menjelaskan bahwa pengalaman masa lalu dan pebgetahuan yang dimiliki dapat meningkatkan kreativitas (kedalaman berpikir dan kemampuan memecahkan masalah).

Menumbuhkan rasa ingin tahu juga merupakan cara untuk menumbuhkan kreativitas. Rasa ingin tahu dapat dicapai dengan mengajukan pertanyaan sebanyak mungkin tentang sesuatu. Kita tidak selalu harus menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini kepada orang lain, tetapi kita dapat menanyakannya kepada diri kita sendiri. Kemampuan bertanya melatih kita untuk tidak begitu saja menerima informasi yang diberikan  orang lain. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan juga dijadikan sebagai motivasi untuk mencari jawaban dan membuka peluaang ide-ide baru.

Sebuah studi tahun 2014 di Cina menyimpulkan integrative body mind training atau meditasi singkat yang diadakan secara teratur selama 30 menit dalam 7 hari, efektif dalam meningkatkan kreativitas. Menurut penelitian ini. Orang yang bermeditasi secara teratur memiliki kemampuan fokus dan fokus yang tinggi, memiliki kemampuan mengatur emosi yang tinggi, serta dapat meningkatkan performa kreativitasnya. 

Six hat technique adalah upaya untuk melihat masalah dari sudut yang berbeda. Konsep ini dikembangkan oleh Edward de Bono. Teknik ini dapat digunakan untuk memfasilitasi diri sendiri dalam pemikiran kritis dan mengoptimalkan proses diskusi kelompok dalam pengambilan keputusan.  

Membuat peta pikiran adalah cara lain yang disarankan untuk mengembangkan kreativitas Anda. Teknik ini memudahkan kita untuk melakukan brainstorming secara mandiri. Peta pikiran merangsang otak untuk menumpahkan ide. Peta pikiran juga mempercepat penulisan ide, memungkinkan Anda membuat lebih banyak catatan dan mengurangi risiko kehilangan ide. Tidak hanya itu, peta pikiran mendorong Anda untuk memahami hubungan antar bagian sehingga Anda dapat melihat suatu konsep, ide, masalah, atau masalah secara keseluruhan dengan tertib.


Daftar Pustaka

Afifah, Nursita. (25 Mei 2021). Bagaimana Cara Meningkatkan Kreativitas?. Psicoologi.com. https://psicoologi.com/cara-mengembangkan-kreativitas/

Riadi, Muchlisin. (10 Juli 2020). Kreativitas (Pengertian, Dimensi, Aspek, Tahapan dan Faktor yang Mempengaruhi). Kajianpustaka.com. https://www.kajianpustaka.com/2020/07/kreativitas.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.