Maret 10, 2022

USAHA JAMUR CRISPY “ KRIUK “

 USAHA JAMUR CRISPY “ KRIUK “

Oleh : Muhammad Yusuf (@U15-Yusuf)


Pendahuluan

Semakin ketatnya persaingan dalam usaha kulinet membuat pam pelaku bisnis sekarang ini harus pintar membuat terobosan dan inovasi baru agar tetap terdepan dalam berbisnis kuliner. Salah satu usaha yang masih nenjanjikan adalah usahajamw crispy. Masakan berbahan dasar jamur tiram ini mulai banyak disukai pam penikmat kuliner karcna rasanya yang gurih dan tekstumya yang renyah membuat sensasi tersendiii bagi lidah kita. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya pernbeli di setiap kali ada outlet yang berjualan jamur crispy. Selain itu, usaha ini juga ditunjang dengan keunggulan bahan bakuny4 yaitu jamur timm yang mengandmg berbagai macafi manfaat bagi kesehatAn. Budidaya jamur tiram, bahan bakunya marupakan jenis tanaman khas di Indonesia. Sehiogga melalui kegiatan usaha ini, dapat mengangkat dan memprcmosikar makanan nusanlara (tradisional) menjadi makanan populer di masyamkat. Selain itu, juga diharapkan dari usaha ini dapat memanfaatkan dan ikut kerjasama dengan para pembudidaya,/petani jarum tiram yang ada.

Peluang bisnis kipik jamur tiram sangat menjanjikarq karena budaya konsumsi dan kebiasaan makan atau mencicipi makanan ringarr hampir digemari oleh setiap orang, baik itu dari kalangan anak kecil sampai orang dewasa. Di samping itu, juga dikarenakan kebiasaan orang setiap kali makan selalu disertai dengan kipik.

Dari hasil pengamatan di daerah tempat tinggal karni, temyata belum ada yang teitm di dalam usaha bisnis kulinei jamur crispy ini. Selain itu, lokasi di mana kami tinggal saat ini sangat dekat dengan keramaian, sehingga memungkinkan sekali usaha bisnis jamur crispy ini akan berkembang dengan baik apabila dijalankan.


Pembahasan

2.1. Keunikan Produk

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa usaha jamur crispy ini bukanlah usaha yang benar-benar baru di pasaran. Hal ini dikarenakan saat ini sudah ada usaha sejenis yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, kami mencoba untuk mengemas usaha jamur crispy “Kriuk” ini sebagai suatu bentuk usaha yang berbeda dengan usaha sejenis yang sudah ada telebih dulu di pasaran.

Usaha jamur crispy “Renyah” ini mempunyai beberapa keunggulan antara lain :

1. Variasi rasa yang berbeda dari produk sejenis di pasaran, seperti rasa pedas odginal level 1, pedas

original level 2, pedas original level 3, dan lain-lain

2. Aman untuk dikonsumsi bagi semua usia dan juga bermanfaat bagi kesehatan karena berbagai

kandungan gizi yang terdapat di dalamnya

3. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau

4. Proses produksinya higienis

5. Kemasan yang unik

2.2 Pangsa pasar

Jamur crispy selain enak rasanya disukai banyak orang, juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, Oleh karena itu, target pasar kami adalah semua kalangan baik usia tua maupun muda, pelajar, karyawan, mahasiswa, dan lain sebagainya. Untuk merealisasikannya, maka kami menentukan lokasi outlet kami nantinya haruslah berdekatan dengan tempat keramaian dan sering dilalui atau menjadi akses bagi banyak orang.

2.3. Lokasi Usaha

Lokasi usaha mempakan suatu hal yang sangat penting dan sangat menunjang bagi berkembang atau tidaknya suatu usaha nantinya. Dalam menentukan lokasi usaha, berikut ini adalah beberapa hal yang kami pertimbangan:

1. Lokasi usaha strategis, berdekatan dengan keramaian dan merupakan pusat usaha kuliner di

malam hari

2. Lokasi dekat dengan sekolah dan kos-kosan karyawan

3. Kawasan rekreasi, pelumahan, perkantoran, dan kampus

Untuk itu, kami telah memilih lokasi tempat usaha kami adalah di daerah Sunter Jaya, Tanjung Priok,

Jakarta Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.