April 04, 2022

Kreatif dan Inovatif sebagi kunci Wirausaha

 Oleh : Pasca Fitri Pratama (@T19-Pasca)

 


Pendahuluan

            Kreatif dan inovatif adalah dua hal yang merupakan bentuk aktivitas yang dapat menentukan kualitas hidup seorang manusia, maksudnya adalah, semakin kreatif dan inovatif seseorang maka dia akan terus mencari ilmu dan pengetahuan baru. Selain itu kreatif dan inovatif adalah dua hal yang juga sangat diperlukan dalam kehidupan kita. Baik dalam hal-hal kecil seperti kreativitas didalam kamar tidur (fungsi dari kamar tidur) atau bahkan hingga membuka peluang usaha sendiri.

            Dalam Wirausaha, kreatif dan inovatif bukan hanya menjadi hal yang diperlukan, akan tetapi menjadi sebuah kunci dari sebuah wirausaha. Karena dengan kreativitas dan inovasi kita dapat terus bersaing dan menciptakan sesuatu yang terus menerus dapat diterima oleh pengguna dan terus mengikuti perkembangan zaman.

-       Apa itu Kreatif dan/atau inovatif?

Menurut Zimmerer dkk (2009) kreatifitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang. Sedangkan Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang-orang.

Adapun menurut Widyatun (1999) Kreativitas adalah suatu kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang member kesempatan individu untuk menciptakan ide2 asli/adaptif fungsi kegunaannya secara penuh untuk berkembang

Sedangkan inovatif sendiri adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh seseorang dengan menggunakan pemikiran, kemampuan berimajinasi dan individu yang mengelilinginya dalam menghasilkan sesuatu yang berbeda (yang dimana hal tersebut tidak harus produk tetapi juga bisa berupa metode, pelayanan, proses dan sebagainya yang berhubungan dengan usaha),yang dapat memberikan manfaat baik bagi dirinya sendiri ataupun lingkungan sekitarnya.

Jadi secara singkat , kreatif adalah kemampuan berpikir seseorang dalam mengembangkan ide serta tindakan yang memiliki tujuan untuk memecahkan atau memberikan jawaban dari tantangan atau permasalahan yang ada dengan cermat, cerdas, berbeda dan dapat diterima atau dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Sedangkan inovatif secara singkat adalah kemampuan manusia untuk menciptakan solusi atau menggunakan pikiran yang ada untuk menghasilkan suatu hal atau karya yang dapat memberikan manfaat bagi dirinya sendiri atau orang lain.

-       Mengapa Seorang wirausahawan harus kreatif ?

Wirausahawan adalah orang-orang yang mengenal potensi diri dan belajar mengembangkan peluang yang ada ataupun yang belum ada serta dapat mengorganisasi usaha untuk mewujudkan cita-cita organisasi tersebut. Salah satu kemampuan dasar atau modal yang harus dimiliki seorang wirausahawan adalah kreatif dan inovatif. Seorang wirausahawan harus  mampu melihat peluang, selalu terbuka akan setiap masukan dan memiliki keinginan untuk melakukan suatu perubahan positif yang mampu membawa usahanya terus bertumbuh serta memiliki nilai yang terus menerus dapat berkompetisi dan dapat diterima oleh konsumen atau penggunanya.

Agar dapat terus berkembang, Pemikiran-pemikiran kreatif dan inovatif inilah yang akan menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah usaha untuk memenangkan persaingan pasar, ketika memenangkan persaingan pasar bukan berarti kreativitas ataupun inovasi berhenti, akan tetapi terus dilakukan agar produk yang dihasilkan dapat terus diterima. Dengan menciptakan produk yang baru dan berbeda dengan produk lainnya akan menjadi nilai lebih dibandingkan dengan produk lain yang sudah ada sebelumnya.

Berfikir kreatif dan inovatif juga menjadi salah satu cara dalam lingkungan bisnis yang begitu dinamis maka menuntut wirausaha untuk selalu adaptif dan mencari terobosan terbaru namun harus dengan perhitungan agar buah pemikiran tersebut dapat terserap dan mendapatkan pasar. Untuk itu semua bisnis yang dapat maju dan berkembang hingga saat ini semuanya berpangkal pada upaya kreatif dan inovatif.

Sebuah usaha tentu memiliki masa atau umur (life cycle) dan tidak akan bertahan lama apabila pelaku usahanya tidak memiliki kreativitas dan inovasi dalam menjalankan usahanya. Oleh karena itu, sebagai seorang wirausahawan dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif di setiap situasi dan berani menjawab semua tantangan yang ada ataupun kedepan dengan cara berpikir mereka tersebut.

https://www.kompasiana.com/ekogenshter/552feef86ea834b36b8b45ac/pengertian-kreatif-dan-inovatif?page=3&page_images=1

https://www.suaramerdeka.com/ekonomi/pr-0491500/kreativitas-dan-inovasi-kunci-sukses-pengusaha?page=all

https://magfood-amazy.com/kreatif-inovatif-kunci-sukses-wirausaha/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.