April 25, 2022

Model Canvas Wajib Digunakan Oleh Pebisnis

Oleh : Rizky Dana Wahyu Putra

(T09-Dana)



Di dalam sebuah bisnis, apapun bentuknya, pastinya ada beberapa orang yang mengoperasikan agar kegiatan usaha terus berjalan. Di dalam sebuah bisnis juga memerlukan strategi, manajemen, maupun sistem yang mempermudah orang-orang di dalamnya untuk bekerja secara efektif dan sesuai goals yang dimiliki perusahaan. Salah satu model bisnis yang terbukti efektif dan sering diterapkan adalah bisnis model canvas.

Latar Belakang

Memiliki bisnis yang sukses adalah impian setiap pengusaha. Oleh karena itu, penting bagi pengusaha merancang bisnisnya sebaik mungkin. Salah satunya menggunakan bisnis model Canvas. Bisnis model Canvas adalah konsep bisnis yang banyak digunakan saat ini.  Bahkan, beberapa perusahaan besar seperti Astra, Kalbe, Amazon memiliki konsep bisnis yang sesuai dengan model bisnis Canvas. Bisnis model Canvas penting bagi pebisnis yang ingin merancang ide bisnisnya dengan mudah dan terstruktur.

Pendahuluan

Bisnis model canvas merupakan kerangka manajemen sebuah bisnis yang dibuat untuk merancang bagaimana strategi bisnis akan dijalankan. Sesuai namanya, bisnis model canvas dibuat dalam sebuah gambar-gambar ide sehingga setiap orang memiliki pemahaman yang sama dan riil terhadap tipe-tipe konsumen mereka, pengeluaran biaya, cara kerja perusahaan dan sebagainya. Bisnis ini pertama kali diciptakan oleh Alexander Osterwalder, seorang entrepreneur asal Swiss, pada tahun 2005. Dengan kerangka sederhana, bisnis model canvas akan memudahkan Anda melihat gambaran tentang sebuah ide bisnis dan rencana realisasinya dengan cepat. Tidak hanya itu, Anda juga bisa lebih cepat dalam mengambil keputusan apakah ide bisnis Anda menguntungkan untuk dilanjutkan atau tidak.

Pembahasan

a. Pengertian

Bisnis model canvas merupakan sebuah tool dalam strategi manajemen untuk menterjemahkan konsep, konsumen, infrastruktur maupun keuangan perusahaan dalam bentuk elemen-elemen visual. Konsep bisnis model canvas mengandalkan gambar-gambar ide sehingga setiap orang memiliki pemahaman yang sama dan riil terhadap tipe-tipe konsumen mereka, pengeluaran biaya, cara kerja perusahaan dan sebagainya.

b. Fungsi Model Canvas dalam Bisnis

Bisnis Model Canvas terkenal akan fungsinya yang memudahkan wirausaha untuk menuangkan ide bisnis dalam satu bagan sederhana. Tetapi tahukah kamu, Bisnis Model Canvas masih memiliki fungsi lain? Simak fungsi-fungsinya di bawah ini :

Terjemahan konsep, ide, gagasan suatu bisnis dalam elemen-elemen visual

Rencana bisnis terfokus, karena detail setiap elemen BMC memudahkan wirausaha untuk memahami tujuan bisnis.

Alat diskusi yang simple dengan mitra bisnis lainnya. 

Panduan untuk mengeksekusi bisnis

c. Model Canvas memiliki 9 pilar penting

1. VALUE PROPOSITION

Sederhananya, value proposition merupakan nilai jual produk/jasa Anda sehingga konsumen memilih perusahaan Anda daripada kompetitor. Sebelum menentukan hal yang lain, value proposition sangat krusial untuk diketahui agar bisnis Anda menjual apa yang konsumen benar-benar butuhkan dan memastikan apakah perusahaan Anda menjual solusi atas permasalahan mereka.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda:

Apa penyebab masalah itu terjadi?

Mengapa konsumen ingin masalah tersebut hilang?

Apa manfaat bisnis saya untuk konsumen?

2. CUSTOMER SEGMENTS

Value proposition saling berkaitan erat dengan segmentasi konsumen Anda. Target konsumen bisa dibagi menjadi berbagai segmen sesuai kebutuhan, contohnya, berdasarkan usia, gender, hobi maupun tingkat konsumerisme.

Lalu, bagaimana cara mengetahui secara spesifik target konsumen kita?

Beberapa pertanyaan di bawah ini bisa digunakan untuk menentukan target konsumen Anda!

Kepada siapa solusi Anda paling memberikan dampak positif?

Apakah solusi Anda cocok untuk perorangan atau bisnis lain?

Bagaimana karakter perorangan atau bisnis tersebut?

Solusi Anda cocok untuk laki-laki atau perempuan? Atau keduanya?

Berapa umur mereka?

3. CUSTOMER RELATIONSHIP

Jadi, tadi kita sudah menentukan Value Proposition dan segmentasi konsumen. Selanjutnya adalah memahami konsumen Anda dan ´mendekati´mereka.

Cara mendekati konsumen ada banyak, baik secara personal, by phone, dan sebagainya.  

Di dalam customer relationship, Anda dapat mengetahui cara apa yang paling efektif untuk berinteraksi dengan konsumen maupun calon konsumen. Misalnya Anda memiliki bisnis online yang menjual produk aksesoris rambut dengan target usia 18-25 tahun. Tentunya target konsumen Anda adalah perempuan yang suka berdandan atau berpenampilan rapi. Lalu bagaimana membuat mereka mau membeli produk aksesoris rambut Anda? Dengan memberikan informasi seputar perawatan rambut, tips mengikat rambut, dan sebagainya.

Cara termudah menjangkau konsumen milenial adalah dengan berinteraksi lewat channel yang ´sering didatangi oleh target konsumen Anda´, berkomunikasi sesuai dengan bahasa mereka (ala milenial misalnya) dan memberikan konten-konten yang relevan dengan interest mereka.

4. CHANNELS

Di bagian customer relationship, kita sudah membahas cara PDKT´ dengan konsumen Anda sesuai dengan bahasa dan interest mereka. Kini saatnya Anda benar-benar menemui dan berbicara mereka. Bisa dikatakan, channel merupakan tempat pertemuan Anda dengan konsumen. Pertanyaan berikut dapat membantu Anda mengidentifikasi tempat mana yang ideal untuk bertemu dengan mereka.

Dimana konsumen Anda berada?

Apakah mereka aktif menggunakan sosmed?

Apakah mereka suka mendengarkan radio atau aplikasi music?

Apakah mereka suka menghadiri event atau seminar?

Apakah mereka menonton TV ?

Hal ini dapat menentukan dimana Anda harus meletakkan advertisement. Apakah di billboard, di Instagram, di koran dan lain sebagainya.

5. KEY ACTIVITIES

Key activities merupakan aktivitas bisnis Anda yang dijalankan sehari-hari agar dapat mencapai value proposition. Beberapa panduan pertanyaan yang perlu Anda jawab:

Aktivitas bisnis seperti apa yang dapat diterapkan di dalam perusahaan untuk membantu Anda agar konsumen puas?

Bagaimana dengan distribusi produk/jasa Anda?

Apakah Anda memiliki tenaga ahli untuk menjalankan kegiatan perusahaan sehari-hari?

6. KEY RESOURCES

Agar tetap kompetitif di dalam industri bisnis yang Anda geluti, Anda membutuhkan sumber daya yang tepat karena ini adalah asset yang Anda miliki untuk mendukung aktivitas perusahaan. Beberapa contoh sederhana key resource adalah computer, ruang kerja, karyawan, kendaraan, listrik, dan lain sebagainya.

7. KEY PARTNERS

Dalam sebuah bisnis, membutuhkan partner kerja yang mendukung perusahaan Anda. Jika sampai saat ini Anda belum menemukan keunikan dari produk/jasa Anda dikarenakan kurangnya networking, Anda membutuhkan partner kerja yang dapat membantu Anda mencapai value proposition.

Jika Anda membuka sebuah bakery, Anda membutuhkan supplier bahan kue yang jaraknya dekat agar bahan yang dikirim selalu fresh. Nah, supplier itulah yang menjadi key partner Anda dalam berbisnis agar Anda bisa selalu menjaga kualitas roti yang Anda jual.

Jika Anda menjalankan agensi manajemen media sosial, mungkin key partner Anda adalah sebuah agensi jasa desain grafis untuk memastikan kualitas desain feed media sosial yang baik untuk diberikan kepada para klien.

8. COST STRUCTURES

Cost structure merupakan skema finansial yang membiayai operasional perusahaan Anda. Berapa uang yang harus dikeluarkan untuk melaksanakan aktivitas perusahaan per harinya? Berapa biaya untuk sumber daya yang dipakai? Berapa harga pemasaran produknya?

9. REVENUE STREAMS

Setiap perusahaan membutuhkan aliran pendapatan untuk tetap bisa menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Revenue stream merupakan sumber pendapatan perusahaan dari berbagai sumber, seperti hasil penjualan, dividen dan sebagainya.

Bisnis model canvas merupakan teknik yang efektif untuk diterapkan di dalam perusahaan karena dapat membantu memetakan bisnis Anda secara terstruktur. Anda dapat menggunakan bisnis model ini untuk mewujudkan ide-ide Anda menjadi hal yang konkret.

d. Tips dan Alasan menggunakan Model Canvas

Cara yang baik untuk melakukan pendekatan ini bagi pengguna/ pelanggan adalah dengan melihat segmen pelanggan Anda dan mencari tahu di mana produk/ layanan Anda memecahkan masalah bagi pelanggan, berdasarkan Hierarki Kebutuhan Maslow. Jika Anda menjual produk atau layanan ke bisnis lain, Anda adalah mitra kunci bagi mereka untuk mencapai Value Proposition untuk konsumennya. Penting untuk memiliki konteks seputar tujuan yang ingin dicapai perusahaan untuk Customer Segments mereka dan di mana bisnis/ produk/ layanan Anda sesuai dalam value chain.

Alasan mengapa bisnis harus menggunakan Model Canvas :

1.Untuk menggambarkan dengan cepat tentang apa yang dibutuhkan oleh suatu ide. 

2.Memungkinkan Anda untuk memahami proses yang diperlukan untuk membuat keterhubungan antara ide Anda hingga membuatnya menjadi suatu bisnis.

3.Memperlihatkan seperti apa pengaruh keputusan pelanggan terhadap sistem bisnis.

4.Memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan ide yang jelas tentang gambaran bisnis.

Referensi

https://glcworld.co.id/penjelasan-business-model-canvas/

https://www.niagahoster.co.id/blog/bisnis-model-canvas/

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-memahami-tentang-bisnis-model-kanvas/

https://www.luarsekolah.com/article/business-model-canvas-bmc-pengertian-fungsi-dan-contoh

https://warungpintar.co.id/blog/bisnis-model-canvas-cara-efektif-memetakan-rencana-bisnis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar