April 25, 2022

Tips Mendirikan Kedai Coffee shop dengan metode bisnis CANVAS

 Tips Mendirikan Kedai Coffeeshop

Oleh @T14-Septian

Tips mendirikan Kedai Coffee shop

1. Hitung dan siapkan modal usaha

Modal ini bisa berasal dari tabungan pribadi, patungan bersama teman, atau mencari investor. Untuk cari investor, kamu harus bisa menjelaskan rencana bisnis secara rinci. Rencana pengembangan bisnis, perkiraan bisa kembali modal dalam waktu berapa lama, dan lainnya. Untuk menentukan berapa modal yang diperlukan, list kira-kira apa saja yang perlu dibeli dan juga perkiraan harganya.

Misal: biaya sewa tempat, atau gerobakan, harga mesin pembuat kopi, timbangan, kemasan, dekorasi, renovasi, biaya promosi, furnitur, dan lainnya.

2. Tempat atau lokasi

Perhatikan kesediaan budget, kondisi bangunan, bagian interior, dan akses menuju lokasi. Kemudian target konsumen seperti mahasiswa, maka lokasi di dekat kampus bisa jadi pilihan yang tepat.

3. Menentukan target market

Siapa target konsumen bisa bantu perencanaan bisnis dan strategi pemasaran jadi lebih jelas. 

Cara menentukan target market bisa melalui aspek demografik (umur, usia, gender, daya beli), geografik (wilayah, urban, sub-urban, atau rural), dan psikografik (minat, preferensi gaya hidup, status ekonomi sosial).

4. Menentukan Konsep kedai kopi

Kedai kopi harus punya sesuatu yang unik dan beda dari yang lain. Bisa dari segi desain tempat, menu, interior, nama menu, dan lainnya.  Misalnya, menggunakan konsep monokrom. Jadi warna bangunan, furnitur, dekorasi, mesin kopi, dan lainnya berwarna hitam, putih, dan abu-abu tua. Jadi kelihatan sedikit berbeda karena kebanyakan tempat saat ini konsepnya minimalis dan serba putih. Untuk furnitur, pertimbangkan menggunakan barang second yang masih layak pakai dan bisa diperbaiki. Selain itu, nama menu juga bisa kamu bikin lebih unik. Dan biasanya setiap kedai kopi punya signature menu sendiri

5. Rekrut karyawan atau barista

Pekerja kedai yang sebagai pelayanan untuk konsumen, bisa juga profesi pekerja sebagai barista yang bertugas membuat dan menyajikan kopi. Tentunya tidak lupa merekrut karyawan yang ramah dan sopan kepada semua pelanggan

6. Supplier yang tepat

Supplier atau pemasok adalah pihak ke 3 dalam bisnis yang menyediakan bahan baku. Menentukan supplier juga perlu riset dan uji coba. Karena untuk menyajikan kopi yang enak dan berkualitas, dibutuhkan supplier yang tepat. Mulai dari rasa, service, harga, lokasi, dan lainnya.

7. Jalin partnership

Sebagai opsi atau menu utama dalam kerjasama bisnis seperti Life Music, Jasa online order aplikasi, dll. 

Model Bisnis Kanvas dalam mendirikan Kedai Coffee Shop


Referensi:
https://blog.skillacademy.com/memulai-usaha-kedai-kopi
https://www.youtube.com/watch?v=ORSZmfhVURo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.