Mei 23, 2022

Riset dan Pengembangan Produk Untuk Pengembangan Bisnis

 Oleh : Pasca Fitri Pratama (@T19-Pasca)

-       Riset Dan Pengembangan Produk

Setiap produk yang telah dibuat dan digunakan memiliki umur, atau waktu atau life cycle sebelum produk tersebut tertinggal dan tidak digunakan. Dalam hal ini, kita sebagai seorang wirausaha harus dapat mencari ide untuk dapat membuat produk kita tetap dapat digunakan dan memberikan manfaat bagi penggunanya serta dapat memberikan keuntungan.

Riset dan Pengembangan Produk merupakan salah satu cara untuk dapat membuat produk kita untuk tetap eksis dan mendapatkan pasarnya. Dengan melakukan riset, serta melanjutkan ke tahap pengembangan produk, kita dapat mengetahui apa-apa saja yang diperlukan untuk produk kita tetap bertahan ataupun menciptakan sesuatu produk yang lebih baik dan lebih dapat memiliki life cycle yang baru. Sehingga produk akan tetap berguna dan dapat memberikan keuntungan selain juga memberikan manfaat bagi penggunanya.

Riset merupakan kegiatan pengamatan atau percobaan yang membutuhkan ketelitian dengan menggunakan sebuah metode untuk memperoleh hasil atau tujuan tertentu. Dalam riset meliputi pengumpulan data, pengolahan data, analisis dan penyajian data untuk memecahkan suatu masalah dengan harapan dapat menemukan solusi dari masalah tersebut yaitu sebuah tujuan atau hasil tertentu. Salah satu fungsi riset dalam usaha adalah untuk mencari pangsa pasar atau produk yang sudah tersedia, riset ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran, kepuasan konsumen hingga untuk kepentingan pengembangan produk.

Tujuan dari riset dalam sebuah usaha adalah :

-       Mengetahui pasar produk

-       MEngetahui kelebihan dan kekurangan dari produk yang ditawarkan

-       Mendapatkan informasi dari konsumen

-       Menentukan strategi pemasaran produk.

Sedangkan pengembangan produk adalah strategi yang dilakukan oleh sebuah badan usaha untuk mengembangkan ide produk, memperbanyak atau memperbesar segmen dari produk yang sudah ada. Sehingga pengembangan produk adalah modifikasi dari produk yang sudah ada, untuk dapat memulai life cycle produk yang baru untuk mempertahankan daya saing produk serta memberikan pilihan dan kepuasan baru bagi konsumen.

Tujuan dari pengembangan produk adalah :

-       Memenuhi keinginan konsumen

-       Melebarkan segmen dari produk yang dibuat

-       Memenangkan persaingan pasar

-       Meningkatkan keuntungan.

-       Tahapan pengembangan Produk

Berikut adalah tahapan yang dapat dilakukan dalam mengembangkan produk :

1.    Penciptaan Ide.

Ide atas produk yang ingin dikembangkan merupakan tahap dasar yang harus ada dalam pengembangan produk. Amati dengan baik produk yang akan dikembangan untuk menentukan apakah ada hal yang dapat dikembangkan dari produk tersebut.

2.    Penyaringan Ide

Ide-Ide yang muncul pada tahapan sebelumnya, haruslah dikerucutkan dan disaring untuk dapat mendapatkan ide yang benar-benar layak untuk diproses. Jangan hanya mencetuskan ide namun tidak dapat mendapatkan hasil yang positif bagi perusahaan.

3.    Riset dan pengembangan konsep produk

PAda tahapan ini, ide yang sudah final menjalani riset, untuk mengumpulkan lebih banyak data yang dapat diolah dan dilakukan penyesuaian pada produk.

4.    Pengembangan strategi pemasaran

Tahapan ini dimaksudkan agar strategi pemasaran yang dilakukan untuk produk yang dikembangkan sudah tepat dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan untuk produk tersebut dapat diterima oleh konsumen.

5.    Analisis produk/pasar

Pada tahapan ini, kita mengevaluasi dan menganalisis terkait daya tarik produk yang dipasarkan dan proyeksi penjualan atau keuntungan dari produk tersebut.

6.    Pengembangan Produk

Setelah tahapan tahapan strategi sudah dilakukan, selanjutnya adalah penciptaan produk semisal prototype yang dapat dievaluasi langsung oleh konsumen.

7.    Pengujian pasar

Ketika prototype sudah mendapatkan evaluasi dan dinyatakan final, maka sebelum diproduksi secara masal dan dipasarkan secara luas, maka tahapan yang perlu dilakukan adalah membuat pengujian pasar dengan penjualan produk skala kecil untuk melihat tanggapan pasar terkait produk tersebut.

8.    Promosi dan Komerisalisasi produk.

Pada tahapan ini , produk yang sudah menjalani rangkaian tahapan diatas dapat dipasarkan, dipromosikan  atau bahkan batal diluncurkan tergantung respon pasar.

-       Pentingnya Pengembangan Produk bagi pengembangan perusahaan.

Berkembangnya sebuah usaha, tidak terlepas dari berkembangnya produk yang dihasilkan. Hal ini karena pengembangan produk dapat menghasilkan pasar yang lebih luas, keuntungan yang lebih banyak dan value dari perusahaan semakin meningkat. Keberhasilan perusahaan dalam mengembangkan produknya sangat mempengaruhi kondisi perusahaan dimasa yang akan datang.

Karena setiap produk yang diciptakan memiliki waktu hidup dan bisa saja digantikan oleh produk yang lebih baik, sehingga konsumen beralih pilihan. Kemampuan perusahaan dalam menyajikan produk-produk yang inovatif untuk menjawab semakin beragamnya kebutuhan masyarakat sangat bergantung seberapa besar keingingan perusahaan untuk mengembangkan produknya. Karena dengan pengembangan produk tersebut, persaingan pasar, kepercayaan konsumen dapat diambil alih dan dapat meningkatkan keuntungan. Oleh sebab itu, pengembangan produk sangat penting bagi perusahaan untuk mengembangkan usahanya.

Referensi :

https://www.qiscus.com/id/blog/product-development/                                   

https://www.productplan.com/learn/what-is-product-development/

https://myskill.id/blog/bidang-profesi/tahapan-pengembangan-produk-baru/

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.