Mei 30, 2022

Strategi Partnership yang Efektif

 Oleh : Aris Akbar Setiawan (@T01-Aris)



Dalam dunia bisnis, partnership adalah istilah yang mungkin paling familier bagi orang awam sekalipun, karena begitu sering dilontarkan.

Menerapkan sistem partnership adalah sebuah langkah bisnis yang sangat umum dilakukan; terlebih jika memang skala usaha yang dijalankan sudah cukup besar dan menjanjikan pendapatan bisnis yang tinggi. Namun, bukan berarti mereka yang bergerak di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah tidak bisa menerapkan sistem yang menarik

Pada kenyataannya, tak sedikit pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang mencoba sistem partnership untuk membantu pembangunan bisnisnya dan meraup keuntungan yang lebih besar dari yang diterima sebelumnya. Bagaimana tidak, sistem ini memang memiliki potensi yang tak bisa dibilang kecil, terlebih jika dieksekusi dengan baik.

Pengertian Partenership

Menurut Thoby Mutis, partnership atau kemitraan adalah suatu strategi yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dalam jangka waktu tertentu untuk meraih manfaat dan keuntungan bersama sesuai prinsip saling membutuhkan dan saling mengisi sesuai kesepakatan yang muncul. Keinginan dua pihak menjalin suatu kerja sama pada prinsipnya didasari atas keinginan masing-masing pihak agar dapat memenuhi kebutuhan usaha satu sama lain.

·         Kemitraan bisnis ini mirip dengan hubungan pribadi yang sifatnya jangka panjang dalam beberapa hal, antara lain: Antara dua atau lebih individu maupun bisnis mengumpulkan dana mereka untuk  tujuan yang sama

·       Menggabungkan sumber daya, keterampilan, dan pengetahuan mereka untuk tujuan bersama. Sama-sama bertanggung jawab atas hasil dari tindakan bersama, yang dapat menghasilkan keuntungan maupun kerugian.

 Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa partnership merupakan strategi yang dilakukan dalam kegiatan bisnis oleh dua pihak atau lebih dalam jangka waktu tertentu untuk mencapai tujuan bersama.

Strategi dalam Partnership

Strategic partnership ataupun kemitraan strategi merupakan bentuk partnership dimana kedua pihak (atau lebih) brand yang berkolaborasi saling membantu satu sama lain untuk dapat mencapai objektif marketingnya. Seperti memperluas cakupan pasar, ataupun meningkatkan awareness melalui core audience dari masing masing brand. 

Agar kemitraan ini dapat terbentuk, masing-masing pihak akan menawarkan kelebihannya agar dapat disinergikan. Maka dari itu bentuk strategic partnership akan lebih kompleks dan berbeda dengan mitra biasa. Karena memerlukan perencanaan yang lebih detail dan berlangsung untuk periode yang lebih lama.

Apabila Anda ingin meningkatkan nilai diri maupun organisasi agar terlihat baik oleh mitra. Maka Anda perlu memiliki keterampilan dalam menggali sumber permasalahan sehingga mendapatkan objektif yang sesungguhnya. Setelah itu, perlu memiliki keterampilan lain agar objektif tersebut dapat terpenuhi. 

Jenis – Jenis Partnership

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai apa itu partnership, maka partnership businesses adalah bisnis yang didirikan dan dijalankan oleh banyak pemilik. Masing-masing dari pemilik telah melakukan investasi ke dalam bisnis. Kemitraan bisnis ini terbagi menjadi 3, yaitu :

1.    General Partnership (GP)

Kemitraan ini mrupakan bentuk kerja sama yang dilakukan secara adil yang mana masing – masing pihak ikut berpartisipasi dalam operasional sehari-hari bisnis. Jenis ini juga bertanggung jawab selaku pemilik hutang dan dalam menghadapi tuntutan hukum terkait bisnis. 

2.    Limited Partnership (LP)

Kemitraan dengan satu atau beberapa mitra di dalamnya yang tidak turut andil dalam operasional. Sehingga tidak memiliki tanggung jawab seperti kemitraan umum.

Untuk pembagian keuntungan, semua mendapatkan jatahnya masing -masing. Namun tanggung jawab yang dipegang berbeda – beda, partner yang tidak menjalankan operasional sehari – hari tidak bertanggung jawab masalah hutang dan hukum.

3.    Limited Liability Partnership (LLP)

Disini perlindungan hukum akan ditetapkan pada tiap pihak kerja sama, baik general partnership dan limited partnership. Umumnya yang menjalankan jenis ini adalah bisnis yang bergerak pada satu bidang yang sama. Selain itu, bila adalah salah satu partner yang melakukan kesalahan, maka pihaknya harus dihukum, dan partner yang lainnya akan terlindungi.

Daftar Pustaka

https://info.populix.co/articles/partnership-adalah/

https://www.hashmicro.com/id/blog/partnership-adalah-dan-tips-memilih/#:~:text=Kesimpulan-,Partnership%20Adalah,mengisi%20sesuai%20kesepakatan%20yang%20muncul.

https://www.mas-software.com/blog/partnership-adalah-sistem-kerjasama

https://passinggrade.co.id/partnership-adalah/



 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.