September 11, 2022

APAKAH KEMAMPUAN LEADERSHIP DAN MANAGEMENT PENTING UNTUK SEORANG KEWIRAUSAHAAN?

 



Abstrak

Kemampuan leadership adalah soft skill yang seringkali dibutuhkan dalam dunia kerja, entah ketika kita bekerja pada seseorang atau ketika kita menjalankan sebuah usaha sendiri. Tidak hanya dunia kerja dan kewirausahaan, ranah akademik pun membutuhkannya karena kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk mencapai sesuatu atau target serta untuk menciptakan kondisi yang stabil. Kemampuan management juga tidak kalah penting karena jika seseorang pemimpin atau kewirausahaan tidak memiliki kemampuan management maka sulit untuk tercapainya suatu target jika suatu perusahaan tidak dapat mengelola pekerjaan pada masing - masing divisinya.

Untuk kemampuan leadership sendiri, ada beberapa orang yang memang sudah memiliki bakat tersebut dari lahir, namun ada juga yang didapatkan dari berlatih organisasi. Baik lingkungan dalam skala kecil seperti kelompok tugas atau kelompok kerja sampai pada organisasi pemerintahan dan negara, semuanya membutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan leadership. Namun untuk kemampuan management sendiri tidak bisa disebut dengan bakat dari lahir karena kemampuan ini perlu dilatih dan diasah agar kemampuan management ini bisa dimaksimalkan.

Keywords : Planning, Managing, Organizing

 

Pendahuluan

 

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Dalam hidup, manusia selalau berinteraksi dengan sesama serta dengan lingkungan. Manusia hidup berkelompok baik dalam kelompok besar maupun dalam kelompok kecil.Dalam berkelompok manusia memerlukan seseorang yang berjiwa pemimpin. Dengan adanya seorang pemimpin maka akan dapat mengelola kelompok & lingkungan dengan baik. Khususnya dalam penanggulangan masalah yang relatif pelik & sulit. Disinilah dituntut kearifan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan agar masalah dapat terselesaikan dengan baik. Salah satu syarat keberhasilan suatu kelompok baik organisasi pendidikan ataupun yang lain adalah adanya kemampuan seorang pemimpin. Begitu juga dengan organisasi yang ada disekolah sangat memerlukan seorang pemimpin sehingga segala kegiatan dan tindakan dapat terkoordinasi dengan baik dan dapat berjalan lancar.Bahkan tidak hanya dalam organisasi saja kepemimpinan ini ada tetapi juga dalam setiap individu ada jiwa kepemimpinan yang pada intinya dapat memfasilitasi seseorang untuk memimpin dirinya sendiri.

 

Permasalahan

 

Banyak usaha yang gulung tikar akibat kurangnya sifat leadership dan kemampuan management pada seorang pemimpinnya, kemampuan ini tidak bisa dianggap remeh terlebih ini sudah menjadi keharusan bagi seorang pemimpin untuk memiliki kemampuan ini. Dan yang sering saya temui dilingkungan perkuliahan masih banyak juga mahasiswa yang belum memiliki kemampuan ini namun sudah diberikan kepercayaan untuk memimpin suatu organisasi atau acara - acara tertentu. Tentu saja hal ini mempengaruh ke seluruh aspek keorganisasian atau acara tersebut karena si pemimpin ini belum mempunyai kemampuan leadership dan management.

 

Pembahasan

 

Leadership adalah kemampuan seseorang untuk menginspirasi orang lain agar mau bertindak sesuai rencana demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Seseorang dengan jabatan tinggi dan memiliki banyak pengikut hendaknya telah menguasai leadership skill dengan baik. Pada kenyataannya, banyak yang tidak mempunyai kapasitas tersebut namun tetap dipercaya menjadi seorang pemimpin.Hal ini terkadang menjadi bumerang tatkala pemimpin tersebut menghadapi masalah, ia akan cenderung menyalahkan orang lain bahkan lari dari tanggung jawab. Padahal, tugas pemimpinlah untuk menyelesaikan masalah tersebut, bukannya menimpakan kesalahan kepada anak buahnya.

Karakter pemimpin seperti di atas pasti banyak ditemukan di sekitar Anda. Sudah sepatutnya mereka dibekali leadership skill agar dapat menjadi sumber solusi, bukan sumber masalah. Namun, seorang pemimpin bukanlah dia yang mampu melakukan apapun dan menyelesaikan semua masalah sendirian. Pemimpin sejati adalah pemimpin yang dapat mengarahkan anak buahnya dan memberikan jalan bagi mereka agar dapat menjadi pemimpin baru di masa depan. Seorang pemimpin dapat dikatakan sukses jika ia berhasil melahirkan pemimpin. Ini adalah inti dari leadership skill.

Unsur - unsur leadership :

1) Kekuatan Untuk Mempengaruhi

Unsur yang pertama ialah kekuatan untuk mempengaruhi, hal ini penting karena leadership berbicara mengenai sejauh mana kamu dapat memengaruhi orang lain. Kekuatan untuk mempengaruhi ini bisa datang dari dalam diri, bisa juga datang karena hal dari luar. Contohnya, kemampuan public speaking yang baik akan menunjang kepemimpinan seseorang karena mampu memengaruhi lewat kata-kata.

2) Memiliki Pengikut

Setelah berhasil memengaruhi orang lain, unsur selanjutnya yang harus terpenuhi adalah pengikut atau yang biasa kini dikenal dengan istilah followers. Adanya pengikut dapat menjadi bukti bahwa kamu memiliki pengaruh sehingga disukai bahkan diikuti oleh banyak orang.

3) Adanya Tujuan yang Hendak Dicapai

Berikutnya, unsur yang ketiga yakni adanya tujuan bersama yang ingin dicapai. Salah satu strategi untuk tampil menjadi seorang pemimpin bagi banyak orang adalah mampu menampilkan bukti bahwa kamu dan mereka memiliki satu tujuan yang sama lalu meyakinkan bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk mewujudkan hal tersebut.

Karakter yang perlu dimiliki oleh para wirausahawan dalam memimpin, yaitu :

1) Keberanian untuk Bertindak (Dare to Act)

2) Membangun Tim yang Solid (Build a Solid Team)

3) Menjadi Pendengar yang Baik (Eager to Learn)

4) Berani Mengambil Risiko

5) Memiliki Kepercayaan Diri (Self Confident)

Keterampilan management adalah pengetahuan dan kemampuan individu seorang manajer untuk memenuhi kebutuhan dalam melaksanakan tugas tertentu dan juga dalam menjalankan fungsi manajemennya. Sehingga penting bagi seorang manajer untuk memiliki skill dan kualitas yang mumpuni agar dapat melakukan tugasnya dengan baik.

1.  Keterampilan Konseptual

Hal ini terkait dengan kemampuan dalam membuat konsep, ide dan menyampaikan gagasan untuk kemajuan perusahaan. Ide-ide tersebut dituangkan dalam rencana kegiatan atau sering disebut rencana kerja. Selain itu manajer hendaklah juga memiliki visi ke depan, misi yang jelas, program kerja yang aktual, serta menjaga competitive advantage dalam organisasi atau perusahaan.

2.  Keterampilan Komunikasi

Seorang manajer harus mampu berinteraksi dengan baik dengan banyak orang. Saat berkomunikasi dengan bawahan, maka manajer harus dapat berkomunikasi secara persuasif dan bersahabat. Ketika berkomunikasi dengan rekan kerja harus saling menghormati dan saat berkomunikasi dengan jajaran manajemen dan konsumen, manajer harus dapat melayaninya dengan baik. Menjaga komunikasi yang baik dengan semua orang akan mendorong orang-orang disekitarnya menjadi tim terbaiknya.

3.  Keterampilan Teknis

Memiliki kemampuan dalam bidang informasi teknologi atau bidang lainnya merupakan keunggulan atau nilai lebih bagi seorang manajer. Memiliki keterampilan teknis merupakan bekal yang harus dimiliki oleh seorang manajer, sehingga tidak hanya memahami konsep, namun juga dapat menciptakan efektivitas dan efisiensi.

4.  Keterampilan Manajemen Waktu

Seorang manajer harus mampu mengalokasikan waktu untuk mendapatkan hasil yang optiomal. Kemampuan ini akan diuji pada saat menyusun rencana sebuah project, dimana tidak hanya masalah manajemen waktu saja yang harus diperhatikan, tapi juga membuat skala prioritas.

5.  Keterampilan Membuat Keputusan

Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dan dapat meninjau secara komprehensif, termasuk memberikan solusi dalam memecahkan masalah adalah keterampilan yang harus dimiliki setiap manajer. Mengambil keputusan hendaklah tidak dilakukan dengan terburu-buru, namun seringkali manajer harus mengambil keputusan dengan cepat disaat yang mendesak.

6.  Keterampilan Kepemimpinan

Manajer harus benar-benar menjadi seorang pemimpin dan tidak mengindahkan hal-hal yang tidak perlu. Menjalankan program kerja dan evaluasi membutuhkan komitmen dan ketegasan. Manajer yang tangguh akan mendorong terciptanya trust di lingkungan kerjanya dan menciptakan teamwork yang solid.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian diatas dalam dunia kewirausahaan dan di dunia pendidikan memerlukan kepemimpinan. Kepemimpinan adalah setiap perbuatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mengoordinasi dan memberi arah kepada individu atau kelompok yang tergabung didalam wadah tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Tetapi dalam hal ini banyak hal yang harus dipenuhi oleh seorang pemimpin dan dikuasai oleh seorang pemimpin baik persyaratan seorang pemimpin, tipe-tipe kepemimpinan yang bisa diterapkan dan juga keterampilan kepemimpinan,sehingga sebuah usaha dan juga pada organisasi atau di pendidikan dapat berjalan efektif dan efisien. Kepemimpinan sangat diperlukan dan penting, paling tidak memimpin diri sendiri diharapkan dapat mengembangkan sikap kepemimpinan yang baik. 

Daftar Pustaka

Modul Mata Kuliah Kewirausahaan 3. Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Rahma, Imelda. 2020. Mengenal Kemampuan Kepemimpinan, Berikut Pengertian, Unsur, Manfaat, dan Cara untuk Mengembangkannya. Fimela.

Pentingnya Management Skills Bagi Manajer. Kanaka. Jogjakarta.

Khasanah, Nor. 2021. Kepemimpinan dan Keterampilan Kepemimpinan Dalam Organisasi Pada Pendidikan. Kalimantan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.