September 04, 2022

MENGEMBANGAKAN IDE DAN KREATIVITAS UNTUK MEMANFAATKAN PELUANG BISNIS

 

Oleh : Fhiladelvia (@V25-Fhiladelvia)

ABSTRAK

Dunia usaha selalu berubah dan tidak pernah berhenti mengalami perubahan. Ada berbagai cara yang dilakukan orang-orang dalam mengembangkan usahanya, antara lain dengan melakukan inovasi bisnis, melaksanakan langkah kreativitas usaha, dan upaya-upaya lainnya. Kreativitas terletak pada pelaku usahanya, maka langkah agar bisa kreatif dalam mengembangkan usaha adalah mengembangkan ide yang ada dan mengasah kreativitas diri. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menemukan ide dan meningkatkan kreativitas yaitu melakukan riset, belajar dari kesuksesan orang lain, belajar dari kelemahan pesaing, hingga brainstorming. Semua hal tersebut dapat membantu pelaku usaha yang ingin memulai bisnis baru maupun untuk mempertahankan bisnisnya agar mampu memenangkan pasar.

Kata Kunci : Bisnis, ide, kreativitas, peluang

PENDAHULUAN

  Indonesia merupakan negara berkembang yang di dalamnya masih terdapat berbagai masalah kependudukan, diantaranya yaitu penganguran. Hal ini dapat terjadi karena terbatasnya lapangan pekerjaan, kurangnya keterampilan, dan ketidaksesuaian kemampuan sumber daya manusia dengan pekerjaan yang disediakan. Oleh karena itu, jiwa kewirausahaan penduduk Indonesia harus ditingkatkan untuk membantu mengurangi jumlah pengangguran sekaligus mengembangkan perekonomian Negara Indonesia. Kewirausahaan dikatakan sebagai salah satu faktor yang dapat mendorong peningkatan perekonomian Indonesia karena memiliki beberapa alasan, diantaranya dapat meningkatkan kreatifitas dan kemampuan masyarakat dalam menyalurkan ide dan kreasinya, masyarakat tidak bergantung kepada pemerintah.

    Kewirausahaan merupakan kemampuan kreatif dan inovatif, jeli melihat peluang dan selalu terbuka untuk setiap masukan dan perubahan yang positif yang mampu membawa bisnis terus bertumbuh serta memiliki nilai. Salah satu pendorong terciptanya inovasi selain perubahan dan keharusan untuk beradaptasi adalah kesadaran akan adanya celah antara apa yang ada dan apa yang seharunya ada, dan antara apa yang diinginkan oleh masyarakat.

PEMBAHASAN

Pengertian Kewirausahaan

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian wirausaha sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. Menurut Schumpeter (dalam Bygrave, 1996), wirausaha adalah seorang yang memperoleh peluang dan menciptakan organisasi untuk mengejar peluang tersebut.

    Kewirausahaan atau entrepreneurship adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan berbeda dengan yang lain , memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

Strategi Mengembangkan Ide dan Kreativitas Bisnis

    Pemikiran kreatif didukung oleh dua hal, yaitu pengerahan daya imajinasi dan proses berpikir ilmiah. Dengan pemikiran yang kreatif, berbagai macam permasalahan dapat diatasi dengan baik. Zimmerer, dkk. (2009) mendefinisikan kreativitas sebagai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang. Seorang wirausaha yang kreatif dapat menciptakan hal-hal yang baru untuk mengembangkan usahanya. Pemikiran kreatif berhubungan secara langsung dengan penambahan nilai, penciptaan nilai, serta penemuan peluang bisnis.

Beberapa cara untuk mengembangkan ide dan kreativitas untuk memanfaatkan peluang bisnis, yaitu :

  • Melakukan Riset Bisnis & Produk

Riset bisnis dapat dilakukan secara langsung maupun dengan bantuan teknologi digital. Riset ini dilakukan untuk mengetahui tren bisnis dan memastikan jenis bisnis yang dapat diterima oleh pasar.

  • Menganalisa Masalah yang Ada

Suatu masalah yang terjadi pasti membutuhkan solusi. Dengan menganalisa permasalah yang terjadi di lingkungan sekitar dapat membantu menemukan sebuah ide dan dikembangkan untuk menjadi sebuah peluang bisnis.

  • Belajar dari Kesuksesan Bisnis Orang lain

Usaha yang sukses dan mampu bertahan dalam jangka waktu lama pasti memiliki keunggulan yang patut dipelajari. Cara yang baik belajar dari kesuksesan bisnis orang lain yaitu mengamati, meniru, dan memodifikasi bisnis tersebut sehingga dapat memiliki nilai atau daya tarik yang lebih dari yang sudah ada.

  • Belajar dari Kelemahan Pesaing

Dengan mengetahui kelemahan pesaing, kita dapat memanfaatkannya sebagai peluang untuk memenangkan persaingan pasar dengan menciptakan produk yang tidak diciptakan pesaing ataupun memberikan pelayanan yang tidak disediakan oleh pesaing.

  • Mengikuti Perkembangan Tren

Tren adalah sesuatu yang banyak diminati oleh sekolompok orang pada satu waktu. Oleh karena itu, sebuah ide bisnis yang mengikuti tren akan berpeluang untuk digemari dan banyak menarik konsumen dalam waktu cepat. Namun, hal ini harus diimbangi dengan stretegi yang tepat apabila tren bisnis tersebut mulai memudar.

  • Brainstorming

Brainstorming adalah suatu teknik pemecahan masalah yang kreatif selain untuk menghasilkan ide. Tujuannya adalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin ide.

  • Memanfaatkan Teknologi

Peluang usaha bisa dimanfaatkan secara maksimal melalui keberadaan teknologi yang semakin canggih. Keberadaan berbagai media dan aplikasi internet membuat bisnis berkembang dengan pesat. Seperti halnya penggunaan media sosial dalam pemasaran. Menjangkau pelanggan di wilayah yang berbeda tidak lagi menjadi masalah. 

KESIMPULAN

    Kreatif dan inovatif menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis untuk memenangkan persaingan pasar. Dengan menciptakan produk yang baru dan berbeda dengan produk lainnya akan menjadi nilai lebih dibandingkan dengan produk lainnya. Sebuah bisnis tidak akan bertahan lama apabila pelaku usahanya tidak memiliki kreativitas dalam menjalankan bisnisnya. Oleh karena itu, seorang entrepreneur dituntut untuk selalu kreatif di setiap situasi dan berani menjawab semua tantangan.

DAFTAR PUSTAKA

Firmansyah, M. A., & Roosmawarni, A. (2019). KEWIRAUSAHAAN (Dasar dan Konsep). Surabaya: Qiara Media.

Hidayat, A. A. (2022). Modul Perkuliahan Kewirausahaan III : Creativity, Idea, Opportunity, Matching, Future of Tech. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Rusdiana, A. (2018). KEWIRAUSAHAAN (TEORI DAN PRAKTIK). Bandung: Pustaka Setia.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.