Oktober 29, 2022

DIGITAL MARKETING DALAM KEWIRAUSAHAAN

 PERANAN DIGITAL MARKETING DALAM KEWIRAUSAHAAN


Wirausaha Digital

Wirausaha digital adalah subkategori dari kewirausahaan dimana organisasi tradisional yang bergerak secara fisik didigatalisasikan, sehingga wirausaha tradisional berubah dalam bentuk usaha baru di era digital (Hull et al., 2007). Wirausaha digital juga merupakan upaya mencapai peluang usaha baru melalui media baru dan teknologi internet (Davidson & Vaast, 2010).


Proses pengembangan wirausaha digital diawali dari tahap usaha pemula (start-up) yang mengembangkan ide awal untuk mendapatkan hasil dari kerja kerasnya. Esensi dari wirausaha digital adalah pendiri usaha itu sendiri. Karena itu penting untuk mendapatkan tim pendiri usaha yang stabil dalam merintis usaha dengan tipikal percobaan (trial-error) di tahap awal. Hal penting lainnya adalah jejaring dan modal sosial pebisnis (Spiegel et al., 2016).


Platform Digital

Platform merupakan ruang digital yang menyediakan peluang usaha saling berhubungan baik antara pebisnis maupun dengan pelanggan (Hsieh & Wu, 2019). Platform digital banyak sekali jenis dan contohnya yang bisa diterapkan langsung untuk strategi pemasaran yang mudah dan nyata hasilnya, adalah:

  • Platform digital jual beli atau marketplace, platform yang memang dibuat untuk kegiatan jual beli. Sehingga fitur terkait pembayaran, pengiriman, dan sebagainya tersedia.


Fungsi Platform Digital Bagi Wirausahawan:

  • Menyebarkan Informasi Kepada Audiens pemasaran
  • Mempermudah Proses Penawaran dan Permintaan
  • Manajemen Pelanggan Lebih Mudah
  • Pemberian Pelayanan Pelanggan Lebih Efektif dan Efisien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.