Oktober 29, 2022

Promosi Penjualan Guna Meningkatkan Volume Penjualan diPasaran

 Gavina Tamara 

46119010019

V37-GAVINA

“ Promosi Penjualan Guna Meningkatkan Volume Penjualan diPasaran


Didalam penggunaan strategi promosi yang tepat pada perusahaan akan lebih mudah untuk mendapatkan konsumen. Biaya promosi dapat ditetapkan oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Pada penjualan merupakan proses sosial manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan, menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain”. Lanjutan yang menjelaskan bahwa penjualan adalah sejumlah uang yang dibebankan kepada pembeli atas barang atau jasa yang dijual.

• Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa promosi merupakan suatu proses pembuatan dan cara untuk mempengaruhi pribadi agar terjadi pembelian (penyerahan) barang atau jasa yang ditawarkan berdasarkan harga yang telah disepakati oleh kedua belah pihak yang terkait didalam kegiatan tersebut.

• Fungsi dan Tujuan Penjualan, dimana pada Fungsi penjualan meliputi aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh penjual untuk merealisasikan penjualan seperti menciptakan permintaan, mencari pembeli, memberikan saran-saran, membicarakan syarat-syarat penjualan, dan memindahkan hak milik. Pada umumnya, para pengusaha mempunyai tujuan yaitu mendapatkan laba tertentu (semaksimal mungkin), dan mempertahankan atau bahkan berusaha meningkatkannya untuk jangka waktu yang lama.

• Pengaruh Promosi terhadap Volume Penjualan

Pada bauran pemasaran salah satu variabel yang penting ialah promosi.Promosi merupakan salah satu factor yang penting dalam menentukan keberhasilan dalam perusahaan. Sebaik apapun produk yang dibuat tapi konsumen belum kenal maka produk tersebut tak akan dibeli, maka diperlukan promosi untuk mengenalkan produk terhadap konsumen sehingga konsumen berminat untuk membeli.

• Pengaruh Promosi terhadap Volume Penjualan

Setiap perusahaan baik itu beroperasi pada promosi untuk optimalisasi dalam mencapai tujuannya.Promosi yang kompleks ini selalu berubah-ubah sebagai konsekuensi dari perubahan sosial. Bagi perusahaan perubahan lingkungan dapat menjadi tantangan yang baru bagi pemasaran usaha, sehingga hal ini memerlukan tanggapan dan cara penyelesaian yang baru pula atau sebaliknya dapat berubah menjadi peluang atau kesempatan mengembangkan usaha. Dengan demikian promosi dalam sebuah perusahaan tidak dapat dilakukan hanya sekali proses saja, namun butuh proses panjang untuk membuat strategi pemasaran yang sesuai dengan perusahaan tersebut.


Referensi: 

Arisandy, Y., & Satriawan, R. (2018, Maret). PROMOSI DALAM MENIGKATKAN VOLUME PENJUALAN TINJAUAN MANAJEMEN SYARIAH. Jurnal Manajemen Pemasaran Indonesia, 1, 74-88.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.