Oktober 29, 2022

STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA BISNIS

Oleh : Tasya Reviana Azhari (@V28-TASYA)


ABSTRAK

Artikel ini membahas tentang pentingnya menggunakan digital marketing pada kewirausahaan. Latar belakang dari artikel ini yaitu banyaknya cara dalam memasarkan produk dengan cara digital marketing sehingga pembisnis dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan membuat bisnis tersebut semakin dikenal banyak orang. Artikel ini disusun bertujuan agar para pemimpin bisnis dan masyarakat yang ingin membuat suatu bisnis dapat menggunakan teknologi yang ada sekarang untuk mengembangkan dan memperkenalkan bisnisnya kepada dunia luar sehingga bisnis tersebut dapat berkembang dengan pesat.

Keywords : Marketing, Bisnis, Digital.


PENDAHULUAN

Digital Marketing merupakan salah satu media yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat serta sebagai pendukung dalam kegiatan sehari hari. Secara perlahan lahan banyak masyarakat yang mulai meninggalkan cara marketing yang konvensional dan beralih kepada Digital Marketing. Digital Marketing itu sendiri mempunyai arti memasarkan atau mempromosikan sebuah brand atau produk melalui dunia digital atau internet.

Pada saat ini perkembangan teknologi dan komunikasi menjadi sangat pesat, hampir semua orang mengenal Hand Phone atau Telefon Genggam, sebuah benda yang diciptakan sebagai media komunikasi yang cepat, mudah dan juga praktis. Pada awalnya benda tersebut merupakan benda mewah, yang tidak semua orang dapat miliki tetapi sekarang semua orang sudah pasti mempunyai Hand Phone sebagai media tukar menukar informasi antara satu individu dengan individu lain nya.

Dengan digital marketing komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu (real time) dan bisa di akses ke seluruh pasar domestik bahkan pasar global, seseorang juga dapat melihat berbagai barang melalui internet, sebagian besar informasi mengenai berbagai produk sudah tersedia di internet, kemudahan dalam pemesanan dan kemampuan konsumen dalam membandingkan satu produk dengan produk lainnya (Kotler & Keller, 2008).


PEMBAHASAN

Digital Marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang umumnya digunakan untuk mempromosikan barang dan jasa kepada pelanggan dengan memanfaatkan berbagai saluran distribusi. Melalui sosial media, pembeli dapat memperoleh informasi kapan saja dan dimana pun mereka butuhkan. Dengan jumlah pengguna sosial media yang banyak dan semakin hari semakin bertambah membuka peluang bagi UKM untuk mengembangkan pasarnya dalam genggaman smartphone.

Menurut Sánchez-Franco et al., (2014) mendefinisakan pemasaran digital sebagai hasil pemasaran evolusi. Evolusi terjadi ketika perusahaan menggunakan saluran media digital untuk sebagian besar pemasaran. Saluran media digital dapat di atasi dan diizinkan percakapan terus menerus, dua arah, dan pribadi antara pemasar dan konsumen. Sedangkan menurut Lane (2008) pemasaran digital adalah praktik mempromosikan produk dan layanan menggunakan saluran distribusi digital. 

Pemasaran digital juga disebut sebagai e-marketing dan termasuk iklan digital atau online, yang mengirimkan pesan pemasaran kepada pelanggan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa digital marketing adalah aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh brand untuk menjangkau audiens potensial di internet menggunakan saluran digital seperti website, email, media sosial, dan sebagainya.

Manfaat Digital Marketing Bagi Perusahaan

1. Menghapus Batasan Wilayan dah Waktu Saat Memasarkan Produk.

Pembisnis bebas mempromosikan produk ke mana dan kapan saja, baik dalam skala lokal, nasional, atau internasional.

2. Sistem Penjualan Produk Lebih Cepat dan Tertarget

Saat memasang iklan online, pembisnis bisa menentukan kriteria orang yang cocok menjadi konsumen bisnis kita. Dengan demikian, iklan tersebut akan lebih efisien dan bisa menghasilkan penjualan lebih mudah.

3. Lebih Mudah Membangun Hubungan dengan Konsumen

Dengan adanya digital marketing, pembisnis tidak perlu bertemu langsung dengan konsumen untuk memberi mereka service. Cukup bangun interaksi melalui media sosial dan pembisnis bisa membangun engagement erat dengan mereka.

4. Kesempatan Personalisasi Produk sesuai Karakteristik Konsumen

Melalui channel promosi online, pembisnis bisa sambil melakukan riset profil karakter orang yang tertarik dengan produk/konten yang ditampilkan. Setelah itu, pembisnis bisa membuat inovasi produk sesuai data riset yang ada.

5. Mendapat Profit Banyak dalam Waktu Singkat

Manfaat digital marketing yang terakhir adalah kesempatan memperoleh berkali lipat profit dalam waktu lebih singkat. Meski tetap membutuhkan effort besar, digital marketing adalah strategi paling efektif dan efisien untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen dan mempromosikan produk tanpa harus selalu mengeluarkan biaya.


JENIS DIGITAL MARKETING

1. Search Engine Marketing (SEM)

Search engine marketing atau SEM adalah jenis digital marketing yang fokus pada promosi produk melalui mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya. Strategi digital marketing satu ini dilakukan melalui pembuatan website, landing page (website khusus promosi), pemasangan Ads, dan sebagainya.

2. Social Media Marketing

Jenis berikutnya dari digital marketing adalah pemasaran media sosial. Pembisnis bisa menerapkan jenis digital marketing satu ini dengan memanfaatkan berbagai media sosial, seperti Youtube, Tiktok, Instagram, Twitter, Facebook, dan media lain sesuai target konsumen bisnis yang dimiliki.

3. Email Marketing

Jenis digital marketing yang ketiga adalah email marketing, yaitu pemasaran melalui surat elektronik (surel). Strategi digital marketing satu ini paling cocok diterapkan oleh usaha dengan model business-to-business (B2B).

4. Digital Advertising

Seperti namanya, digital advertising atau digital ads adalah jenis digital marketing berupa pemasangan iklan di berbagai channel online, mulai dari website sampai media sosial. Beberapa channel digital ads terpopuler misalnya Google Ads, FB/IG Ads, Youtube Ads, dan Tiktok Ads.

5. Content Marketing

Content marketing adalah jenis digital marketing dengan sarana berupa konten, baik yang bentuknya tulisan, audio, gambar, atau video. Proses content marketing biasanya dilakukan beriringan dengan social media marketing, email marketing, atau digital ads.

6. Customer Service Automation

Jenis keenam dari digital marketing adalah otomasi sistem pelayanan konsumen. Adanya otomasi membuat perusahaan bisa mendapat informasi tentang calon konsumen sejak mereka berinteraksi dengan produk/perusahaan pertamakali. Setelah itu, informasi tersebut bisa langsung diteruskan ke CS atau tenaga penjualan untuk proses closing (terjadinya penjualan).

7. Affiliate/Dropshipping

Jenis digital marketing terakhir yang bisa pembisnis manfaatkan adalah program affiliate atau dropshipping. Saat menerapkan strategi digital marketing satu ini, pembisnis bisa mendapat profit dari tengkulak online (dropshipper) sekaligus membantu mereka mencari keuntungan untuk diri mereka sendiri.


STRATEGI DIGITAL MARKETING

1. Search Engine Optimization (SEO)

Poin pertama strategi digital marketing adalah SEO, yaitu usaha mendapatkan lebih banyak pengunjung website secara organik, tanpa memasang iklan. Contoh digital marketing di bidang SEO misalnya pembuatan artikel, optimasi kecepatan situs, pemasangan link situs di website lain, dan sebagainya.

2. Aktivasi Social Media (Instagram, Youtube, Tiktok, dan sebagainya)

Contoh digital marketing di bidang social media misalnya mengunggah konten secara rutin ke medsos, membangun engagement dengan followers, melakukan endorsement, dan masih banyak lagi.

3. Knowledge Marketing

Knowledge marketing adalah strategi digital marketing dengan memberikan informasi bermanfaat atau ilmu baru kepada calon konsumen. Contoh digital marketing melalui penyebaran knowledge misalnya email marketing dan pembuatan ebook (buku digital) gratis.

4. Analisa dan Penelusuran Data

Dalam penerapan strategi digital marketing, penelusuran dan analisa data sangat penting dilakukan. Setiap keputusan yang diambil dalam proses pemasaran digital wajib berlandaskan pada data, mulai dari data media sosial sampai kampanye iklan online.

5. Hard-selling, Soft-selling, dan Hypno-selling

Digital marketing adalah salah satu jenis strategi dengan teknik penjualan paling banyak. Tiga istilah penjualan paling umum yang akan dengar selama menerapkan strategi digital marketing di antaranya hard-selling, soft-selling, dan hypno-selling.

6. Google dan Social Media Ads

Saat membuat Ads, pembisnis harus memastikan konten iklan punya pesan dan target konsumen yang tepat. Sehingga Ads tersebut bisa menghasilkan penjualan sesuai harapan.

7. Leads Generation

Di dunia pemasaran, leads diartikan sebagai segala jenis kontak yang dapat dimanfaatkan untuk menghubungi konsumen, mulai dari nomor telpon, akun medsos, hingga email. Supaya bisa mendapat leads sesuai target, Anda bisa membuat konten-konten lead magnet (penarik leads), seperti seminar atau buku gratis.


KESIMPULAN

Pada era digital ini perkembangan informasi sangat cepat , informasi lebih cepat tersebar dibandingkan dengan media konvensional seperti surat kabar atau billboard, tetapi bisa sangat meyakinkan seperti dari mulut ke mulut. Kelebihan di era digital ini, semua yang diproses, bisa diukur secara data statistik dan lebih akurat, hal ini lah yang membuat media periklanan juga turut berkembang. Semakin lama perkembangan teknologi, perkembangan informasi juga semakin lebih cepat dikarenakan berkembangnya smartphone. Setiap satu orang, umumnya mempunyai satu buah smartphone, data pribadi yang dimasukan oleh setiap satu orang ini di sosial media sangat lengkap, seperti tanggal lahir, tempat tinggal, kesukaan, zodiak, kata kunci yang dicari di internet, dll, maka dari sini pengelompokan target audiens oleh media sosial sendiri dan bagaimana iklan dapat menyasar audiens pun akan semakin mudah dilakukan.

Dengan menerapkan strategi digital marketing perusahaan akan sangat diuntungkan karena tingkat efektifitas dan efisiensi yang dijanjikan. Akan tetapi penerapan digital marketing bukanlah sesuatu yang mudah. Meskipun kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan pada berbagai bisnis begitu besar dan cukup menjanjikan, namun kendala yang harus dihadapi dalam penerapannya sangat besar pula. Maka dari itu pemilihan media yang tepat dan cara mengkomunikasikan pesan yang tepat sangat perlu diperhatikan.


DAFTAR PUSTAKA

Assikin, Z. dkk. (2022). Peran Digital Marketing Dalam Pemasaran Produk Pada Pelaku Umkm Di Kel. Pondok Benda Kec. Pamulang Kota Tangerang Selatan. Universitas Pamulang.Vol.3 (2). http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/DKP/article/view/20186

http://repository.umpalopo.ac.id/329/3/BAB%20-%20201620201.pdf

APA ITU digital marketing? Ini Kelebihan, Jenis, & Contohnya. (2021, September 6). https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/09/06/digital-marketing-adalah

http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab5/2014-2-01341-MC%20Bab5001.pdf

Pembahasan Lengkap APA ITU digital marketing + 9 Strateginya. (2022, 18). Sasana Digital - Training | Consulting | Learning | Operation. https://sasanadigital.com/apa-yang-dimaksud-dengan-digital-marketing/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar