Oktober 29, 2022

Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Melalui Aplikasi Tiktok

 

Abstrak

Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah menghadirkan new media yang erat kaitkannya dengan internet. Internet menjadi kebutuhan banyak orang diseluruh penjuru dunia karena dengan internet dapat dengan cepat dan mudah untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. Internet juga telah masuk dalam dunia bisnis dan menciptakan pergeseran baru salah satunya cara pemasaran suatu produk. Seorang pebisnis dapat menemukan strategi marketing terbaru dengan membuat digital konten untuk produk yang mereka tawarkan dan akan mereka sebarkan di media sosial agar semakin banyak orang dan calon konsumen yang melihat dan mengetahui produk tersebut. Salah satu media sosial yang sedang tren an diunggah oleh orang banyak adalah TikTok. TikTok merupakan sebuah aplikasi yang menyajikan fitur membuat video disertai fitur efek yang sangat menarik dan mudah untuk digunakan. Dengan begitu, tidak sedikit para pebisnis online memanfaatkan kesempatan emas untuk menggunakan aplikasi TikTok sebagai platform untuk mengembangkan bisnis mereka melalui digital konten.

Keywords : Market Place, TikTok, Konten.

Era zaman yang semakin maju menjadikan perkembangan teknologi dan informasi semakin pesat. Dapat dilihat dari banyaknya masyarakat baik anak-anak, remaja, hingga para orang tua yang telah menjadi pengguna internet guna mencari segala informasi yang diinginkan. Internet merupakan salah satu dari kemajuan teknologi yang telah masuk ke berbagai sektor seperti perekonomian, sosial, budaya, dan pendidikan. Internet sudah menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting sehingga jumlah pemakai internet selalu meningkat setiap tahunnya di seluruh dunia. Di Indonesia jumlah pengguna internet juga terus meningkat dengan peningkatan dalam jumlah besar. Internet sebagai perkembangan dari teknologi infromasi telah membuka mata dunia akan sebuah dunia baru, interaksi baru, market place baru, dan juga adanya jaringan bisnis dunia yang tidak terbatas. Dengan begitu juga akan mempengaruhi pola masyarakat dalam berinteraksi baik dalam interaksi ekonomi, sosial, budaya, dan bisnis. Hadirnya internet telah menunjang efektivitas dan efisiensi kegiatan baik perusahaan, instansi pemerintah, maupun individu masyarakat sebagai sarana komunikasi, publikasi, serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang diinginkan. Seiring dengan berjalannya waktu, internet dalam pasar bisnis yang begitu luas, tentu menjadi salah satu faktor yang menyebabkan munculnya model periklanan baru yaitu melalui platform media internet atau secara online yang kemudian biasa disebut dengan pemasaran digital (Digital Marketing).

Pengertian digital marketing menurut sumber (redtreeasia.com, 2018) adalah suatu usaha untuk melakukan pemasaran sebuah brand atau produk melalui dunia digital atau internet. Tujuannya ialah untuk menjangkau konsumen maupun calon konsumen secara cepat dan tepat waktu. Digital marketing ialah suatu cara untuk mempromosikan produk atau brand tertentu melalui media internet dapat melalui iklan di internet, facebook, youtube, ataupun media sosial lainnya (Warmayana, 2018). Digital Marketing merupakan salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh seseorang guna mempertahankan atau meningkatkan konsumen dan market share di jaman globaliasi seperti sekarang ini. Terdapat banyak platform media sosial yang dapat digunakan 2 untuk digital marketing atau memasarkan suatu produk yang dikemas secara menarik ke khalayak umum untuk mempertahankan bisnisnya yaitu salah satunya aplikasi tiktok. Tiktok sebagai aplikasi plateform penyedia pembuatan video hal-hal menarik dengan berbagai macam pilihan memberikan tanda bahwa era digital semakin maju. Banyaknya kontenkonten baik berupa foto maupun video menarik yang tersebar di media sosial dan negara, salah satunya Indonesia (Susilowati, 2018). Masyarakat Indonesia tidak sedikit yang telah mengunduh dan menggunakan aplikasi tiktok untuk membuat konten-konten menarik bahkan kini juga telah dijadikan platform oleh sebagian orang maupun perusahaan untuk mempromosikan atau memasarkan produk mereka.

Platform media sosial seperti TikTok tentunya akan sangat berguna bagi pebisnis untuk meningkatkan penjualan produk mereka, terutama teruntuk pebisnis online yang mana mereka tidak mempunyai outlet atau toko nyata dan hanya mengandalkan media sosial sebagai platform atau tempat mereka berbisnis mencari konsumen. Tentunya seorang pebisnis online harus mempunyai banyak strategi marketing untuk dapat meningkatkan penjualanan mereka. Biasanya strategi yang mereka lakukan adalah dengan membuat digital konten yang menarik mengenai produk mereka untuk dipasarkan. Tentu digital marketing tersbeut akan sangat mempengaruhi tingkat penjualanan seorang pebisnis online.

Bagaimana strategi digital marketing untuk meningkatkan penjualan bisnis online melalui aplikasi tiktok ?

Munculnya istilah new media sangat berkaitan erat dengan kehadiran internet di dunia walaupun dalam perkembangan new media tidak terbatas pada internet namun internet merupakan alat atau media yang paling dominan pada era new media. Internet yang terus berkembang telah menjadikan seakan dunia menyatu, tidak lagi mempunyai batas (Mustofa, 2018). Kemajuan internet juga dirasakan di bidang bisnis yang mana telah terjadi banyak pergeseran salah satunya dengan hadirnya pemasaran digital. Sebelum perkembangan internet yang pesat pemasaran suatu produk atau yang disebut dengan iklan dilakukan secara konvensional seperti melalui televisi, media cetak dan lain sebagainya yang mana kurang menjangkau konsumen atau masyarakat luas untuk mengetahui iklan tersebut. Kehadiran pemasaran atau iklan digital telah membawa dampak positif di dunia bisnis yang mana proses suatu pemasaran suatu produk dapat dengan mudah dilakukan melalui cara pembuatan suatu digital konten foto atau video mengenai suatu produk yang akan dipasarkan kemudian diunggah ke beberapa plateform aplikasi yang telah tersedia.

Pemasaran yang dilakukan oleh para pebisnis telah mengalami pergeseran dengan munculnya internet, dimana banyak pebisnis yang beralih dari media konvensional ke media internet salah satunya adalah media sosial. Media sosial menjadi suatu platform yang diminati oleh banyak orang untuk mencari informasi yang diinginkan bahkan banyak orang yang menghabiskan waktunya hanya untuk bermain media sosial. Sehingga pebisnis online dengan menggunakan strategi marketing melalui pembuatan digital konten dapat menarik banyak calon konsumen di seluruh penjuru dunia. Strategi marketing seorang pebisnis online yang baik adalah dimana seorang pelaku pebisnis online dapat berkomunikasi lancar dengan konsumen atau calon konsumen mereka sehingga platform media sosial menjadi strategi marketing yang bagus karena pelaku bisnis akan dengan mudah membagikan berbagai informasi mengenai produk mereka melalui digital konten. Dengan begitu, konsumen mendapatkan banyak pengetahuan mengenai produk tersebut dan akan tertarik untuk membelinya. Digital marketing merupakan pemasaran yang menggunakan platform yang ada di intenet dalam melakukan kegiatan menjangkau para target konsumen, selain itu digital marketing bisa juga disebut sebagai “pemasaran, web marketing, online marketing, atau e– marketing atau e – commerce adalah pemasaran produk atau jasa melalui internet” (Hermawan, 2012). Terdapat dua point utama manfaat digital marketing yang dijelaskan oleh Hermawan (2012:21) yaitu :

a. Promosi atau pemasaran suatu produk apabila menggunakan digital marketing tidak akan memakan biaya yang mahal artinya dengan biaya rendah saja sudah dapat memsarkan produknya ke khalayak umum serta dapat menjangkau calon pembeli lebih luas dibandikan dengan pemasaran konvensional.

b. Keunggulan menggunakan digital marketing juga terkait informasi yang disajikan kepada para konsumen atau pembeli akan lebih lengkap dibandingkan dengan iklan konvensional seperti media cetak, televise, dan radio. Secara keseluruhan digital marketing dapat membantu perluasan bisnis.

Tidak hanya itu digital marketing memiliki sejumlah fitur yang memungkinkan aplikasi yang efektif dalam hal penyeberluasan informasi secara interaktif, menciptakan awerness terhadap perusahaan dan produknya, mengumpulkan informasi dan riset pasar, menciptakan citra yang diharapkan, dan menstimulasi percobaan (terutama lewat stimulasi dan free trial). Dilihat dari sudut pandang pengguna, digital marketing sebagai wahana pengumpulan informasi, hiburan, interaksi sosial, komunikasi, pembelian produk / jasa, berbagi gagasan dan membangun komunitas.

Berikut beberapa strategi digital marketing pebisnis online untuk meningkatkan penjualanan mereka melalui platform TikTok :

1. Membuat vidio konten digital yang menarik, merupakan suatu strategi yang sangat mempengaruhi tingkat penjualan pebisnis online. TikTok merupakan platform yang menyediakan vidio beserta efek yang dapat dimanfaatkan oleh pebisnis online. Apabila konten vidio yang dibuat tersebut masuk for your page (fyp) TikTok maka dapat dilihat oleh ribuan bahkan jutaan orang. Dengan begitu membuat banyak kesempatan pebisnis online untuk mendapatkan banyak konsumen.

2. Sering posting vidio yang menarik, dengan sering posting vidio maka memudahkan konsumen untuk mengetahui segala informasi mengenai suatu produk yang dijual dan akan terjadi interaksi yang baik antara pebisnis online dengan para followers serta akan semakin luas juga penyebaran konten vidio yang dipasarkan.

3. Menggunakan hastag dan menggunakan fitur-fitur yang sedang trending, dengan melakukan hal tersebut maka penonton atau yang melihat vidio tersebut akan lebih tertarik.

4. Pasang iklan, aplikasi TikTok juga mempunyai pemasangan iklan formal sehingga pebisnis online juga dapat mengiklankan produknya. Jenis iklan di TikTok seperti Preroll ads dapat menjadi pilihan karena iklan vidio akan muncul setelah pengguna membuka aplikasi TikTok pertama kali.

Kesimpulan

Perubahan perilaku masyarakat terhadap hadirnya media sosial oleh internet memaksa pebisnis online untuk menentukan strategi marketing yang tepat untuk mempertahankan dan bahkan memperluas bisnis yang sedang dijalaninya. Pembuatan digital content menjadi strategi marketing yang tepat untuk disasarkan kepada orang banyak. Media sosial menjadi salah satu platform untuk memasarkan digital content mengenai suatu produk yang mereka tawarkan. saat ini aplikasi media sosial yang sedang trending adalah TikTok. Banyaknya pengguna aplikasi TikTok menjadikan kesempatan yang bagus untuk terus mengembangkan bisnisnya dengan digital marketing.

Daftar Pustaka

Modul Mata Kuliah Kewirausahaan 3. Universitas Mercu Buana. Jakarta

Rapitasari, Diana. (2016). Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Surabaya

Prasetyo Wati, Andy. (2020). Digital Marketing. Malang. Edulitera (Anggota IKAPI – No. 211/JTI/2019) Imprint PT. Literindo Berkah Karya.

Ratna Gumilang, Risa. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Sumedang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.