Oktober 19, 2022

Investasi Dalam Bisnis

 Muhammad Fikri Aditya 41619010033 (@V03-FIKRI)



Investasi bisnis berarti modal investasi investor untuk melakukan bisnis dengan mendirikan organisasi bisnis; memberikan kontribusi modal, membeli saham atau kontribusi modal kepada organisasi bisnis; melakukan investasi dalam bentuk kontrak atau pelaksanaan proyek investasi. Kegiatan investasi tidak hanya menguntungkan saja. Baik investor maupun yang pemilik bisnis yang diberikan tambahan modal juga ikut merasakan manfaatnya. Uang yang ditanamkan oleh investor dapat digunakan untuk tambahan operasional bisnis. Jika bisnis terus berkembang menghasilkan keuntungan, investor akan mendapat dana bagi hasil yang lebih besar lagi. Sama halnya dengan aktivitas bisnis lain, bahwa investor juga memiliki risiko yang mengancam. Potensi risiko kerugian akan berbanding lurus dengan potensi imbal hasil atau keuntungan.


Perbedaan Investas Bisnis dengan Investasi Individu

Investasi individu biasanya dilakukan hanya dalam rangka mengembangkan aset yang dimiliki. Misalnya saja Anda membeli saham atau emas. Dalam beberapa waktu setelah pembelian, Anda mengharapkan adanya imbal hasil berupa dividen dari saham atau kenaikan harga jual emas.

Dalam investasi bisnis, alih-alih hanya untuk meningkatkan aset yang ada, perusahaan bisa memperoleh keuntungan jangka panjang yang berkesinambungan. Misalnya saja peningkatan produktivitas dan keuntungan perusahaan.


Tipe Investasi Bisnis

1.      Investasi Ekuitas, Ketika Anda melakukan investasi ekuitas dalam bisnis kecil, Anda membeli saham kepemilikan, atau "sepotong kue." Investor ekuitas menyediakan modal, hampir selalu dalam bentuk uang tunai, dengan imbalan persentase dari keuntungan (atau kerugian). Bisnis dapat menggunakan uang tunai yang diinvestasikan ini untuk berbagai tindakan—pengeluaran modal yang diperlukan untuk ekspansi, uang tunai untuk menjalankan operasi sehari-hari, mengurangi utang, atau mempekerjakan karyawan baru. Jika pengeluaran berjalan lebih tinggi dari penjualan, sebagian dari kerugian diberikan kepada investor. Jika berubah menjadi kuartal atau tahun yang buruk, perusahaan mungkin gagal atau bangkrut. Namun, jika semuanya berjalan dengan baik, pengembalian bisa murah hati.

2.      Investasi Utang, Modal utang paling sering diberikan baik dalam bentuk pinjaman langsung dengan amortisasi reguler (pengurangan bunga terlebih dahulu, kemudian pokok) atau pembelian obligasi yang  diterbitkan oleh bisnis, yang memberikan pembayaran bunga semi-tahunan yang dikirimkan kepada pemegang obligasi. Keuntungan terbesar dari utang adalah memiliki tempat istimewa dalam struktur kapitalisasi. Itu berarti jika perusahaan bangkrut, utang memiliki prioritas di atas pemegang saham (investor ekuitas). Secara umum, tingkat utang tertinggi adalah obligasi yang dijamin hipotek pertama yang memiliki hak gadai atas bagian tertentu dari properti berharga atau aset, seperti pabrik atau pabrik.


Masalah Invesitas Ekuitas dan Hutang

Terkadang, investasi usaha kecil mengangkangi tanah antara investasi ekuitas dan investasi utang, memodelkan saham preferen. Jauh dari menawarkan yang terbaik dari kedua dunia, saham preferen (saham prioritas, pertama dalam antrean untuk dividen tetap atas saham biasa) tampaknya menggabungkan fitur terburuk dari ekuitas dan utang — yaitu, potensi utang yang terbatas, dengan peringkat kapitalisasi ekuitas yang lebih rendah. Pada akhirnya, jenis investasi yang harus Anda pilih bermuara pada tingkat kenyamanan Anda dengan risiko utang atau ekuitas, dan filosofi investasi Anda.


Cara Mendapatkan Investor Yang Tepat

1.      Siapkan profil bisnis, Jelaskan latar belakang bisnis Anda, produk atau jasa yang ditawarkan, serta kelebihan bisnis yang dijalankan. Mungkin saja investor tidak langsung luluh, namun setidaknya berikan mereka kesempatan untuk terus mencari tahu profil bisnis Anda.

2.      Buat laporan keuangan, Laporan keuangan yang rapi adalah cara terbaik untuk membuat investor percaya bahwa mereka sedang menanamkan modal pada bisnis yang tepat.

3.      Jabarkan proyeksi bisnis, Jelaskan mengenai target penjualan dan jangka waktu kapan target akan tercapai. Investor ingin tahu bagaimana mereka bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis Anda.


References

Anon. Investasi Bisnis dan Cara Mendapatkan Investor. Jurnal Entrepreneur.

Anon. Business Investment. Law Insider

Kennon, Joshua. 2021. Two Types of Investment in Small Business. The Balance

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.