Oktober 19, 2022

Keuntungan Investasi Saham dan Tips Berinvestasi Agar Untung

 

Indah Permata Widayanti (@V11-WIDAYANTI)

 

Abstrak

Investasi saham merupakan penanaman modal dengan bentuk penyertaan dana oleh seseorang maupun badan usaha. Dengan menggunakan instrumen tersebut, mereka mempunyai klaim atas aset serta penghasilan perusahaan. Keuntungan yang didapatkan dari pemegang investasi saham seperti laba dari modal yang dikeluarkan dan peningkatan ekonomi bisnis tersebut. Sehingga kinerja perusahaan akan mempengaruhi rugi untungnya investor. Sayangnya, tidak sedikit orang yang menyamakan investasi saham dengan trading. Sebenarnya keduanya berbeda. Perbedaan yang sangat terlihat adalah dari jangka waktunya. Trading memiliki jangka waktu yang jauh lebih pendek. Selain itu investasi saham memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan jangka panjang dari adanya pengelolaan perusahaan. Sedangkan, trading memiliki tujuan menghasilkan keuntungan dari jual beli saham.

Kata kunci : Investasi, Tujuan, Resiko, Tips, Cara kerja

Pendahuluan

Investasi saham adalah salah satu investasi yang dipilih oleh seseorang untuk menginvestasikan kekayaannya selain aset rill yang berupa emas, berlian ataupun tanah. Saham merupakan surat berharga yang menunjukkan bukti kepemilikan invidu maupun institusi dalam suatu perusahaan. Seorang investor dapat memilih jenis investasi ini karena dapat memberikan keuntungan ekonomis dan non ekonomis bagi pemegang saham.

Sejalan dengan berkembangnya perekonomian, banyak perusahaan yang melakukan ekspansi usaha. Untuk tujuan tersebut maka perusahaan memerlukan dana yang relatif besar. Untuk memenuhi kebutuhan dana tersebut tentunya diperlukan usaha untuk mencari tambahan dana untuk di suntikkan ke dalam perusahaan sebagai pengganti ataupun sebagai penambah dana yang sedang dijalankan ataupun untuk pengembangan dan perluasan bidang usaha. Salah satu aspek yang di nilai oleh masyarakat dalam investasi adalah kinerja keuangan perusahaan yang diukur dari laporan keuangan perusahaan. Oleh karena itu perusahaan akan selalu mempublikasikan laporan keuangannya agar para calon investor dapat mengetahui bagaimana kinerja dan prospek perusahaan tersebut ke depan.

Pembahasan

Cara Kerja Investasi Saham

Meskipun keuntungan investasi saham bisa menggiurkan, namun kelemahan dari investasi ini ialah risiko yang tergolong tinggi. Hal ini sebanding dengan potensi keuntungan jika nantinya bisnis dapat berjalan dengan sukses. Oleh sebab itu, penting untuk mempelajari seperti apa cara kerja dari instrumen ini agar dapat meminimalisir kerugian. Jangan sampai hanya berfokus pada keuntungan investasi saham, namun lupa dengan cara kerjanya. Saat melakukan investasi, yang melakukan investasi adalah pemilik dari sebagian perusahaan tersebut. Contohnya ada 10 ribu lembar saham yang terbuka untuk publik, bila pemilik memiliki 1000 lembar, maka ia adalah 10% pemilik saham. Sesudah dana yang pemilik investasikan digunakan perusahaan untuk melakukan pengelolaan bisnis, dari sini sumber profit untuk investor. Keuntungan yang bisa pemilik peroleh dari investasi saham adalah deviden dan capital gain. Capital gain merupakan keuntungan yang berasal dari selisih harga jual serta harga beli yang disebabkan karena fluktuasi pasar. Sedangkan untuk dividen adalah pembagian laba yang sesuai dengan kuantitas kepemilikan saham.

Tujuan Investasi Saham

Ketika seseorang memutuskan untuk menanamkan modal pada sebuah perusahaan, tentu tujuannya dapat berbeda-beda sesuai dengan target yang ingin dicapai. Tujuan dari investasi saham bisa seperti sebagai modal pengembangan usaha. Sedangkan tujuan lainnya adalah agar dapat memperoleh penghasilan jangka panjang, menyiapkan dana untuk tujuan di masa depan. Terakhir, tujuannya bisa untuk mengembangkan aset, karena modal yang disetorkan nantinya akan dikelola oleh perusahaan sehingga bisa terus menerus berkembang.

Resiko Investasi Saham

Selain keuntungan yang menggiurkan, saham juga memiliki sejumlah resiko, contohnya seperti potensi kerugian yang disebabkan karena pergerakan yang cukup fluktuatif, dan akhirnya harga jual yang dimiliki saham tersebut merosot. Resiko lain yang harus siap ditanggung oleh investor ketika melakukan investasi ini ialah bangkrutnya perusahaan sehingga harus dilikuidasi. Terakhir adalah terhapusnya saham dari BEI atau dari listing, sehingga pemilik harus menjual saham tersebut tidak peduli berapa nilainya. Namun, berbagai resiko ini tentu dapat diperkecil dengan melakukan berbagai macam strategi. Dengan begitu, investasi saham tetap dapat memberikan keuntungan.

Tips Memulai Investasi Saham

  1. Pilih Menggunakan Manajer Investasi atau Menyusun Investasi Saham Sendiri
  2. Pilih Broker Terpercaya
  3. Mulai dengan Nilai yang Kecil
  4. Pelajari Cara Investasi Ini Bekerja
  5. Tetapkan Target

Kesimpulan

Saham merupakan alternatif investasi bagi investor dalam melakukan portofolio investasi mereka. Banyak pertimbangan yang dipakai oleh investor untuk menentukan seberapa menarik suatu saham. Sebagai investor yang rasional dalam melakukan transaksi, faktor return dan resiko saham merupakan komponen pertimbangan yang penting dalam melakukan investasi pada pasar modal. Para investor dihadapkan pada keinginan untuk memperoleh return yang optimal dengan memperhatikan faktor resiko yang mereka hadapi. Investor berusaha untuk dapat memperoleh return saham yang maksimal dengan tingkat resiko tertentu atas investasi yang mereka lakukan atau memperoleh return tertentu pada tingkat resiko yang minimal.

Daftar Pustaka

Modul 8. Kewirausahaan III. 2022. Business Investment & Copyright. Universitas Mercu Buana

https://www.jurnal.id/id/blog/keuntungan-investasi-saham-sbc/

http://e-journal.uajy.ac.id/2623/6/5EM16035.pdf

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.