Oktober 21, 2022

Investassi dan Bisnis Dapat Mengembangkan Sebuah Bisnis

 Gavina Tamara 

46119010019

@V37-GAVINA

Investasi dan Bisnis dapat mengembangkan sebuah bisnis 

Investasi Bisnis itu secara garis besar adalah menanamkan atau menempatkan aset, baik berupa harta maupun dana, pada sesuatu yang diharapkan akan memberikan hasil pendapatan atau akan meningkatkan nilainya di masa mendatang.Tujuan investasi bisnis adalah mengembangkan aset perusahaan. Harapannya, pengembangan aset ini bisa menghasilkan keuntungan jangka panjang yang lebih besar.

Hal ini bisa diwujudkan lewat banyak cara dan tidak terbatas pada investasi di pasar modal. Sebuah perusahaan bisa melakukan investasi bisnis dengan menambah gedung, menambah alat produksi, hingga meningkatkan kualitas karyawan.

Perbedaan Investasi Bisnis dan Investasi individu 

investasi bisnis dan investasi individu tidak terlalu jauh berbeda. Hanya saja, investasi bisnis tidak terbatas pada instrumen investasi yang tersebar di pasar modal. Investasi bisnis bisa dilakukan dengan cara menambah alat produksi, memperluas jaringan, hingga meningkatkan kualitas karyawan. Asalkan, semua investasi itu bisa menambah keuntungan perusahaan di masa depan.

Secara umum investasi dapat dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu:

1. Investasi di Sektor Riil (Real Asset). Investasi di produk yang lebih terlihat secara “fisik”, misalkan sektor produksi, property, dan lain-lain.

2. Investasi di Sektor Non Riil (Financial Asset). Investasi di produk-produk pasar keuangan dan turunannya yang lebih “tidak terlihat” secara fisik, misalkan saham biasa dan obligasi. Dengan kata lain investasi non riil atau investasi keuangan adalah menanamkan dana pada surat berharga (financial asset) yang diharapkan akan meningkat nilainya di masa mendatang.

Kegiatan investasi tidak hanya menguntungkan saja. Baik investor maupun yang pemilik bisnis yang diberikan tambahan modal juga ikut merasakan manfaatnya. Uang yang ditanamkan oleh investor dapat digunakan untuk tambahan operasional bisnis. Jika bisnis terus berkembang menghasilkan keuntungan, investor akan mendapat dana bagi hasil yang lebih besar lagi.


Referensi: 

Santoso, H., & Siyamto, Y. (2016, Juli). INVESTASI DAN DORONGAN PERTUMBUHAN EKONOMI BISNIS MIKROISLAM DI INDONESIA. JURNL ILMIAH EKONOMI ISLAM, 2, 91-101.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.