Oktober 02, 2022

Mengenal Aktivitas Pendanaan dalam StartUp

 

Oleh : Utari rahmawati (@V38-UTARI)

Startup

Menurut Investopedia, startup adalah perusahaan rintisan yang didirikan oleh satu atau banyak orang untuk mengembangkan sebuah produk atau layanan unik yang sesuai dengan target pasar. Selain itu, tujuan utama dari bisnis startup ini sendiri adalah pertumbuhan perusahaan, dimana seringkali banyak bisnis startup yang melakukan berbagai cara untuk mewujudkannya seperti membakar atau menghabiskan uang dalam jumlah besar di periode awal.

Startup adalah perusahaan rintisan yang sedang dalam tahap pengembangan. Baik dalam product development, pelayanan, pangsa pasar, model bisnis, dll. Startup diibaratkan perusahaan yang masih remaja, masih banyak perubahan dan masih dalam tahap pendewasaan


Mengapa startup membutuhkan Pendanaan?

Dengan pendanaan, manajemen perusahaan akan melakukan inovasi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat. Pendanaan pun membuka ruang untuk melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan investor yang memiliki jaringan kuat. Pendanaan juga dapat mengubah siklus perkembangan startup.


Pendanaan terbagi menjadi 2 eksternal dan internal

Dalam melakukan investasi, terdapat dua jenis pendanaan bagi perusahaan yaitu: pendanaan internal dan pendanaan eksternal. Pendanaan internal berasal dari retained earnings (saldo laba) sedangkan pendanaan eksternal berasal dari penerbitan saham, penerbitan obligasi, dan pinjaman bank (Myers, Brealey, & Allen, 2006).


Apa itu aktivitas pendanaan?

Adalah: Aktivitas penerimaan kas yang perlu dibayar kembali dan/atau pengeluaran kas yang akan diterima kembali yang mengakibatkan perubahan dalam jumlah dan komposisi utang dan piutang jangka panjang.


Contoh dari aktivitas pendanaan

Aktivitas pendanaan adalah aktivitas yang mengakibatkan perubahan dalam jumlah komposisi kontribusi modal dan pinjaman. b. Beberapa contoh arus kas yang berasal dari aktivitas pendanaan adalah: 1) penerimaan kas dari penerbitan saham. 2) pembayaran kas kepada pemilik untuk menarik atau menebus saham.


Apa yang dimaksud dengan sumber pendanaan?

Menurut Nugroho (2010) yang dimaksud dengan sumber pendanaan adalah dari mana sumber dana yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan investasi berasal. Sumber pendanaan ini digolongkan menjadi modal sendiri dan sumber dana pinjaman. Modal sendiri adalah sumber dana yang berasal dari pemilik perusahaan.


Apa saja Sumber dana usaha?

10 Pilihan Sumber Dana Untuk Modal Usaha

-Tabungan pribadi.

-Teman atau keluarga. 

-Angel investor. 

-Crowdfunding. 

-Pesangon. 

-Venture capital. 

-Hadiah kompetisi bisnis. 

-Pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.