Oktober 25, 2022

Mengenal Bauran Pemasaran Untuk Praktik Bisnis

Oleh: Shazfa Zakirah Yasmeenah (@V22-SHAZFA)


Abstrak
Melakukan pemasaran bisnis membutuhkan strategi yang baik agar tercapai hasil maksmial. Selain dengan pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini, tentu sangat mempengaruhi bagaimana strategi dibuat dan aspek lainnya yang menjadi pilar dalam membangun bisnis. Bauran pemasaran merupakan paduan spesifik iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan sarana pemasaran langsung yang digunakan perusahaan untuk mengomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan pelanggan. Memastikan pemasaran dilakukan dengan terarah dan sebagai bahan untuk meyakinkan investor merupakan manfaat dari bauran pemasaran. Semua konsep atau aspek dari marketing mix akan saling berhubungan satu sama lain. Maka dari itu perusahaan haruslah menjalankan keseluruhannya secara proporsional dan beriringan.
Kata Kunci: Bisnis, Bauran Pemasaran

Pendahuluan
Dalam bisnis, memiliki strategi yang tepat dalam setiap aspeknya sangat membantu untuk mengembangkan bisnis. Sebaik apapun produk atau jasa yang dibuat, jika tidak mampu memasarkannya maka produk atau jasa tersebut akan sia-sia. Melakukan pemasaran membutuhkan strategi yang baik agar tercapai hasil maksmial. Secara singkat bauran pemasaran merupakan istilah yang sangat kental dengan dunia bisnis sehingga mungkin tak semua orang pernah mendengarnya. Namun, jika ingin memastikan angka penjualan terus meningkat, tak ada salahnya untuk mempelajari konsep yang juga dikenal dengan istilah mix marketing. Konsep ini juga kerap digunakan sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan angka penjualan.

Teori ini dikembangkan sejak tahun 1960, namun perkembangannya tidak berhenti melainkan terus berkembang hingga saat ini. Konsep yang digunakan dalam strategi ini juga berkembang dan bertambah beberapa poin. Dari yang awalnya hanya empat poin, kini menjadi tujuh poin. Tentu saja perkembangan ini terjadi seiring perubahan zaman dan perubahan perilaku pasar, sejak dulu hingga sekarang. Selain itu dengan pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini, tentu sangat mempengaruhi bagaimana strategi dibuat dan aspek lainnya yang menjadi pilar dalam membangun bisnis.

Pembahasan
Pengertian Bauran Pemasaran
Menurut Kotler dan Amstrong (2008: 116), “bauran pemasaran merupakan paduan spesifik iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan sarana pemasaran langsung yang digunakan perusahaan untuk mengomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan pelanggan".

Perusahaan yang mampu mengkombinasikan bauran pemasaran sebagai alat pemasaran dan menggiring konsumen untuk memilih produk perusahaan dapat menjadi sumber keunggulan bersaing perusahaan yang bahkan membutuhkan integrasi kompetensi dan kapabilitas perusahaaan untuk mendukung strategi perusahaan melalui bauran pemasaran.

Konsep Bauran Pemasaran
• Product (Produk)
Product yang dimaksud di sini adalah sesuatu yang dijual dalam bisnis atau perusahaan. Baik itu barang maupun jasa yang memiliki nilai guna serta yang sedang dibutuhkan oleh konsumen.
• Price (Harga)
Price atau harga merupakan sejumlah uang yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk mendapatkan barang dan jasa yang dijual.
• Place (Tempat)
Tempat adalah lokasi untuk melakukan proses jual beli produk baik barang maupun jasa.
• Promotion (Promosi)
Tujuan utama dari promosi adalah supaya konsumen lebih mengenal serta merasa tertarik untuk mencoba membeli produk. Baik itu produk berupa barang maupun jasa. Dalam kegiatan promosi, perusahaan harus mampu mengubah persepsi konsumen menjadi positif terhadap produk yang dijual.
• Process (Proses)
Aspek proses merupakan gabungan dari keseluruhan aktivitas. Mulai dari prosedur, jadwal pekerjaan, aktivitas, mekanisme, serta hal-hal rutin lainnya. Seluruh aktivitas tersebut berhubungan dengan produk yang dihasilkan serta disampaikan kepada konsumen.
• People (Orang)
Yang dimaksud people disini tentu bukan hanya konsumen saja, namun seluruh SDM yang terlibat, termasuk pekerja hingga tim bisnis.
• Physical Evidence (Bukti Fisik)
Bukti Fisik/Physical evidence yaitu semua perangkat yang digunakan sebagai pendukung berjalannya sebuah bisnis. Untuk bisnis skala besar, sudah pasti semakin banyak membutuhkan perangkat. Selain itu akan semakin kompleks pula fungsi serta penggunaannya.

Manfaat Bauran Pemasaran
• Memastikan pemasaran dilakukan dengan terarah
Mempertimbangkan komponen serta pengertian bauran pemasaran, konsep ini dapat digunakan untuk menentukan kesesuaian antara aktivitas pemasaran yang dilakukan dengan kebutuhan pasar yang ditarget.

Dengan memastikan kesesuaian tersebut, pelaku usaha dapat memperkirakan aktivitas pemasaran terbaik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan.

• Sebagai bahan untuk meyakinkan investor
Bagi pelaku usaha yang secara jauh ingin mengembangkan usaha, suntikan modal usaha merupakan elemen krusial yang sangat dibutuhkan. Pengembangan bisnis tidak dapat dilakukan tanpa adanya modal yang cukup, oleh karena itu campur tangan dari investor terkadang juga dibutuhkan untuk memastikan pengembangan bisnis dapat tetap dijalankan sesuai dengan rencana awal.

Strategi pemasaran yang disusun dengan menerapkan bauran pemasaran akan memiliki gambaran yang jelas terkait bagaimana suatu aktivitas pemasaran, atau rangkaian aktivitas pemasaran akan dilakukan.

Kesimpulan dan Saran
Semua konsep atau aspek dari marketing mix ini akan saling berhubungan satu sama lain. Maka dari itu perusahaan haruslah menjalankan keseluruhannya secara proporsional dan beriringan. Hal ini untuk memastikan supaya bisnis dapat berjalan lebih lancar.

Daftar Pustaka
  1. Hesti, Iqbal. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran. AgribisnisJurnal Ecodemica, Vol. 2 No. 1.
  2. Hidayat, A. A. (2022). U002100013 : Kewirausahaan III : Marketing Development, Advertisement, Digitalization and Modernization (Utilizing relevant software and tool in line with productivity) (Leadership and Management) [Word File]. Universitas Mercu Buana.
  3. Ajar, Pamungkas. 2022. Mengenal Pengertian Bauran Pemasaran untuk Praktik Bisnis. Dalam: https://majoo.id/solusi/detail/bauran-pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar