Oktober 30, 2022

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

 

Oleh: Seisha Milanisti (@V32-Seisha)

ABSTRAK

Pada dasarnya saat ini banyak sekali kemajuan dan perubahan yang terjadi dalam dunia baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya, serta juga pengaruh pada pola perilaku pesaing di dalam menjalankan bisnis khususnya kegiatan pemasaran seperti produk, tempat, harga, dan promosi. Penerapan strategi pemasaran yang tepat dapat mempengaruhi para calon konsumen untuk membuat suatu keputusan pembelian. Keputusan pembelian yang dimaksud yaitu keputusan terhadap product, keputusan terhadap price, keputusan terhdap promotion dan keputusan terhadap place darisuatu perusahaan. Dalam pengambilan keputusan tersebut, terdapat proses atau tahapan yang terdiri dari: pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pemilihan keputusan, dan perilaku pasca pembelian.

Kata kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan, Pembelian

 

PENDAHULUAN

Di era globalisasi saat ini, pemasaran merupakan hal yang sangat penting, mengingat banyaknya persaingan yang terjadi antara perusahaan-perusahaan yang bertarung merebut konsumen disetiap lini dan segmentasi konsumen yang ada disuatu wilayah penjualan. Pemasaran menjadi salah satu aspek yang mendorong meningkatnya volume penjualan suatu perusahaan sehingga tujuan perusahaan tercapai. Konsumen seringkali mengambil keputusan pembelian dengan melihat aspek pemasaran dari suatu barang atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan barang atau jasa. Oleh karena itu, pengetahuan tentang pemasaran sangatlah penting bagi perusahaan untuk menarik konsumen mengkonsumsi barang atau jasa yang kita jual.

Untuk menarik minat konsumen, upaya yang dilakukan yakni perbaikan sistem bauran pemasaran yang lebih efektif. Pemasaran efektif dalam penerapannya bukan hanya bagaimana meningkatkan volume penjualan, tetapi juga mengamati bagaimana tingkah laku konsumen serta memenuhi kebutuhan konsumen melalui usaha mengamati selera produk keinginan konsumen.

Konsep pemasaran menilai berhasilnya suatu perusahaan apabila perusahaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan baik, hal tersebut menandakan bahwa perusahaan telah memasuki era kompetisi. Selain dari hal tersebut, hal yang menjadi faktor utama pemasaran yang dapat menciptakan keputusan pembelian menyangkut empat aspek yakni produk, harga, tempat/distribusi dan promosi. Seperti yang dikatakan Kotler (2008:18), yang mendefinisikan bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran didalam pasar sasaran. Bauran pemasaran merupakan variabel-variabel terkendali yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi konsumen dari segmen pasar tertentu yang dituju perusahaan. Kotler, (2008:18) mempopulerkan sebuah klasifikasi empat unsur dari alat-alat bauran pemasaran yang dikenal dengan 4 P yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi.

 

PERMASALAHAN

Di zaman modern ini dengan semakin ketatnya persaingan membuat bisnis harus memiliki strategi dalam memenuhi kebutuhan konsumen untuk dapat bersaing memasarkan produknya. Perusahaan harus mampu merancang strategi yang tepat dalam memasarkan produknya. Kotler dan Amstrong (2016), secara umum bauran pemasaran menekankan pada pengertian suatu strategi yang mengintegrasikan product, price, promotion dan place, dimana kesemuanya itu diarahkan untuk dapat menghasilkan omset penjualan yang maksimal atas produk yang dipasarkan dengan memberikan kepuasan pada para pelanggan. Oleh karena itu, bagaimanakah pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pelanggan?

 

PEMBAHASAN

Konsep Pemasaran

Pemasaran merupakan ujung tombak perusahaan. Dalam dunia persaingan yang semakin ketat, perusahaan dituntut agar tetap bertahan hidup dan berkembang. Oleh karena itu seorang pemasar dituntut untuk memahami permasalahan pokok dibidangnya dan menyusun strategi agar dapat mencapai tujuan perusahaan. Menurut Abdullah & Tantri (2016:14-22), konsep inti pemasaran ada 6, yaitu:

a)      Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan

b)      Produk (barang, jasa, dan gagasan)

c)       Nilai, Biaya, dan Kepuasaan

d)      Pertukaran, Transaksi, dan Hubungan

Ada empat cara mendapatkan suatu produk, yaitu:

1.       Dengan menghasilkannya sendiri

2.       Dengan memaksa

3.       Dengan meminta-minta

4.       Pertukaran

e)      Pasar

f)       Pemasaran dan Pemasar

 

Bauran Pemasaran

Menurut Kotler dan Amstrong (2012:75), menyatakan bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan perusahaannya dipasar sasaran. Sedangkan menurut Alma (2016:205) menyatakan bahwa “Marketing Mix” adalah strategi mencampur kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil paling memuaskan. Bauran pemasaran terdiri dari:

a)      Produk (Product)

Product merupakan semua barang atau jasa yang ditawarkan produsen kepada konsumen untuk dibeli.

b)      Harga (Price)

Price merupakan satu-satunya unsur yang dapat mendatangkan pendapatan yang akan berdampak pada besar kecilnya laba dan luasnya pangsa pasar yang diperoleh.

c)      Tempat/Lokasi (Place)

Tempat adalah salah satu kegiatan yang perlu dilakukan oleh setiap produsen adalah memindahkan atau mendistribusikan produk barang atau jasa yang dihasilkan dari satu tempat ketempat yang lain.

d)     Promosi (Promotion)

Promotion merupakan suatu komunikasi yang digunakan produsen untuk mempengaruhi konsumen agar melakukan pembelian.

 

Proses Keputusan Pembelian

Schiffman dan Kanuk (Musa, 2017), mendefinisikan keputusan sebagai seleksi terhadap dua pilihan alternatif atau lebih. Dengan perkataan lain, pilihan alternatif harus tersedia bagi seseorang ketika mengambil keputusan. Menurut Malau (2017:236) ada beberapa tahapan dalam proses keputusan pembelian konsumen, yaitu:



KESIMPULAN

Kotler dan Amstrong (2016), secara umum bauran pemasaran menekankan pada pengertian suatu strategi yang mengintegrasikan product, price, promotion dan place, dimana kesemuanya itu diarahkan untuk dapat menghasilkan omset penjualan yang maksimal atas produk yang dipasarkan dengan memberikan kepuasan pada para pelanggan. Penerapan strategi pemasaran yang tepat dapat mempengaruhi para calon konsumen untuk membuat suatu keputusan pembelian. Keputusan pembelian yang dimaksud yaitu keputusan terhadap product, keputusan terhadap price, keputusan terhdap promotion dan keputusan terhadap place darisuatu perusahaan. Sehingga hal ini perlu diperhatikan secara sungguh-sungguh oleh perusahaan jika ingin survive di era globalisasi saat ini.

 

DAFTAR PUSTAKA

Kotler, Philip. dan Amstorng, Gary, 2008. Alih Bahasa : Bob Sabran, PrinsipPrinsip pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Mawahib, Muhammad Jauharul. 2015. Pengaruh Bauran PemasaranTerhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol 1, No. 1.

Hidayat, Atep Afia. 2022. Modul Pembelajaran Kewirausahaan 3. Jakarta: Universitas Mercu Buana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.