Oktober 20, 2022

PENTINGNYA INVESTASI BISNIS DAN MENDAPATKAN INVESTOR

Oleh: Yulfara Kartini (@V05-Yulfara)

 

Abstrak

Artikel ini membahas tentang pentingnya investor bagi sebuah bisnis. Latar belakang dari artikel ini sendiri adalah masih banyaknya pemilik bisnis yang belum memahami dengan baik bagaimana cara mendapatkan investor bagi usahanya. Hal inilah yang menyebabkan sebagian pemilik bisnis kesulitan dalam mendapatkan investor sebagai pendanaan bagi bisnisnya untuk dapat berkembang. Artikel ini disusun bertujuan agar para pemilik bisnis mengetahui bagaimana cara untuk mendapatkan investor yang diinginkan. Karena uang yang investor tanamkan dapat digunakan untuk tambahan operasional bisnis, sehingga tidak hanya investor saja yang mendapatkan keuntungan tetapi pemilik bisnis juga akan mendapatkan keuntungan.

Keyword: bisnis, investor, keuntungan.

Pendahulan

Setiap bisnis pada dasarnya memerlukan investasi, karena dengan investasi setiap bisnis dapat mempertahankan dan memperluas basis kekayaannya yang dapat digunakan sebagai jaminan sosial di masa depan. Investasi merupakan salah satu cara perusahaan dalam mengoptimalkan penggunaan kas jika terjadi surplus. Dengan berinvestasi maka dana yang terdapat dalam kas perusahaan tidak menganggur. Investasi dapat dimaksudkan sebagai akumulasi dari suatu bentuk aktiva untuk memperoleh manfaat dimasa yang akan datang. Bagi perusahaan investasi adalah cara untuk menempatkan kelebihan dana sedangkan untuk perusahaan lainnya investasi merupakan sarana untuk mempererat hubungan bisnis atau memperoleh suatu keuntungan perdagangan. Apapun motivasi perusahaan dalam melakukan investasi, investasi tetap merupakan sarana dalam menentukan posisi keuangan perusahaan. Istilah investasi saat ini menjadi lebih familiar seiring dengan peningkatan literasi keuangan masyarakat. Bagi sebuah bisnis, investasi adalah hal yang sangat penting. Hal ini karena investasi adalah senjata utama untuk mengembangkan bisnis yang lebih luas. Penilaian kinerja perusahaan ini sebagian atau seluruhnya dapat dinilai dari penggunaan kas untuk investasi. Bagi perusahaan investasi adalah cara untuk menempatkan kelebihan dana sedangkan untuk perusahaan lainnya investasi merupakan sarana untuk mempererat hubungan bisnis atau memperoleh suatu keuntungan perdagangan. Apapun motivasi perusahaan dalam melakukan investasi, investasi tetap merupakan sarana dalam menentukan posisi keuangan perusahaan.

Permasalahan

Bagi sebagian orang investasi bukanlah hal yang baru melainkan sudah menjadi kebiasaan baik yang terus dilakukan. Banyak orang mengira bahwa dengan investasi kita akan mendapat kan keuntungan yang besar dengan sangat mudah, tetapi kalimat tersebut sebenarnya salah. Permasalahan yang sering muncul dalam investasi bisnis adalah terlalu percaya diri dalam mengambil resiko besar, karena resiko yang terlalu tinggi beserta rasa percaya diri yang tidak bisa dihentikan, bisa menjadi pemicu hancurnya bisnis investasi. Masalah lainnya yaitu kesalahan manajerial, Itulah sebabnya coba-coba atau mengandalkan intuisi saja tidak cukup, karena yang menjadi taruhannya adalah masa depan investasi.

Pembahasan

Kegiatan investasi tidak hanya menguntungkan bagi investor saja, tetapi juga untuk pemilik bisnis. Dimana uang yang investor tanamkan dapat digunakan untuk tambahan operasional bisnis. Berikut adalah cara bagaimana bisnis yang dijalankan mendapatkan investor:

1.     Siapkan Profil Bisnis

Untuk meyakinkan calon investor, pemilik bisnis harus memberikan informasi bisnis secara lengkap namun tidak terlalu banyak, yang terpenting adalah jelas dan juga menarik. Jelaskan latar belakang bisnis, produk atau jasa yang ditawarkan serta kelebihan bisnis yang dijalankan.

2.     Membuat Laporan Keuangan yang Baik

Salah satu faktor yang menyakinkan investor pada bisnis adalah cara bisnis tersebut mengelola keuangan. Semua perhitungan harus jelas dan laporan keuangan bisnis harus dicatat dengan baik dan rapi. Karena dengan laporan keuangan yang rapi adalah cara terbaik untuk membuat investor percaya bahwa mereka sedang menanamkan modal pada bisnis yang tepat.

3.     Menjelaskan tentang Proyeksi Bisnis

Tidak dapat dipungkiri bahwa tujuan seorang investor menanamkan modal pada bisnis adalah untuk memperoleh keuntungan. Sehingga proyeksi bisnis harus diinformasikan. Jelaskan mengenai target penjualan dan jangka waktu kapan target akan tercapai. Karena investor ingin mengetahui bagaimana mereka bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut.

4.     Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial masih menjadi cara yang terbaik bagi seorang entrepreneur untuk mencari investor dan juga melakukan branding.

5.     Memanfaatkan Network

Saat sedang mencari investor, network merupakan hal yang penting jika ingin mengembangkan bisnis. Mulailah untuk masuk ke dalam kemunitas perusahaan atau startup lokal atau dapat meminta rekomendasi kepada teman relasi yang sudah pernah didanai oleh investor. Sehingga nantinya dapat bertanya tentang investor yang cocok untuk bisnis

Kesimpulan

Bagi sebuah bisnis, investasi adalah hal yang sangat penting. Hal ini karena investasi adalah senjata utama untuk mengembangkan bisnis yang lebih luas. Mungkin saja investor tidak langsung tertarik dengan bisnis anda. Namun, tetaplah lakukan perbaikan pada rencana bisnis hingga menemukan investor yang tepat. Cobalah membuat investor percaya akan bisnis yang dijalankan dan untuk menambah keyakinan investor dalam memberikan kepercayaan berinvestasi, maka perlu memiliki laporan keuangan yang baik.

Daftar Pustaka

Jurnal Entrepreneur. (2018). 4 Alasan Mengapa Perlu Mencari Investor untuk Modal Usaha. Online.

Mukaeru, Ahmad. (2017). Pentingnya Investasi Bagi Perusahaan. STIE Dwimulya. Banten.

Gaji Gesa. (2022). Mengembangkan Perusahaan Dengan Mencari Investor. Online.

Azeharie, Kikit. (2022). Pengertian, Tujuan dan Jenis-jenis Investor. Majoo. Online.

Modul Kewirausahaan 3. Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.