Oktober 23, 2022

RISIKO SERTA KEUNTUNGAN INVESTASI BISNIS UNTUK MASA DEPAN

@V35-Kamaludin

Abstrak

    Investasi merupakan cara untuk meraih laba atau suatu keuntungan dalam finansial, seseorang yang berinventasi juga disebut sebagai investor. Dikehidupan uang sangatlah dibutuhkan dalam segi apapun, dalam berinvest kita juga perlu memikirkan risiko yang ada kedepannya. Investasi bisnis tidak selalu bergantung pada perubahan suku bunga untuk mendapatkan keuntungan. Tujuan dari investasi bisnis adalah untuk mengembangkan aset perusahaan. Diharapkan pengembangan aset tersebut akan menghasilkan keuntungan jangka panjang yang lebih besar. Hal ini dapat dicapai dengan berbagai cara, tidak terbatas pada investasi di pasar modal. Perusahaan dapat berinvestasi dalam bisnis mereka dengan menambah gedung, menambah peralatan produksi dan meningkatkan kualitas tenaga kerja mereka.

Kata Kunci : Investasi, Bisnis, Investasi Bisnis, Risiko

Pendahuluan

    Investasi merupakan atas sejumlah dana atau sumber daya lainnya yang dilakukan pada saat ini, dengan tujuan memperoleh sejumlah keuntungan di masa yang akan datang (Tandelilin:2000). Berinvestasi juga dapat dianggap sebagai, dalam konteks pengelolaan kas, menggunakan kelebihan kas untuk keuntungan jangka panjang dan menggunakan dana yang belum digunakan untuk investasi jangka pendek.  Sederhananya, konsep investasi adalah pengembangan mata uang atau aset lain untuk memberikan hasil di masa depan untuk mencapai beberapa tujuan. Tujuan tertentu yang bermasalah, seperti memulai usaha, menikah, menyekolahkan anak, membangun rumah, kebutuhan pensiun, dll. Namun, tujuan berinvestasi bukanlah untuk membuat investor cepat kaya. Karena berinvestasi membutuhkan kesabaran dan tekad untuk tetap tenang di saat pasar sedang bergejolak.

Pembahasan

    Salah satu hal penting dalam mengelola keuangan adalah menyisihkan pendapatan untuk investasi. Apa itu investasi? Investasi adalah kegiatan menanam modal atau dana dengan harapan mendapat keuntungan atau imbal hasil di masa depan. 

Berikut merupakan Jenis-jenis Investasi menurut Sutrisno (2009) ;
  1. Investasi Berdasarkan Asetnya
    Jenis investasi berdasarkan asetnya merupakan penggolongan investasi dari aspek modal atau kekayaan. Investasi berdasarkan asetnya terbagi atas dua jenis, yaitu real asset dan financial asset.
  2. Investasi Berdasarkan Pengaruhnya
    Jenis investasi berdasarkan pengaruhnya dapat dibagi lagi menjadi dua macam, yaitu investasi autonomus (berdiri sendiri) dan Investasi Induced (memengaruhi atau menyebabkan). Investasi Autonomus adalah investasi yang tidak dipengaruhi oleh tingkat pendapatan, bersifat spekulatif. Investasi Induced ialah investasi yang dipengaruhi kenaikan permintaan akan barang dan jasa serta tingkat pendapatan.  
  3. Investasi Berdasarkan Sumber Pembiayaannya
    Jenis investasi berdasarkan sumber pembiayaannya merupakan investasi yang didasarkan pada asal-usul Pengelolaan Investasi terhadap Laporan Keuangan.
  4. Investasi Berdasarkan Bentuknya
    Jenis investasi ini merupakan investasi yang didasarkanpada cara menanamkan investasinya. Jenis investasi ini dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu investasi portofolio dan investasi langsung.
Adapun dalam berinvestasi yang menyebabkan terjadinya kerugian yang menjadikan risiko seorang investor, antara lain dikategorikan menjadi 3 :
  1. Risk Seeker
    Risk seeker merupakan investor yang menyukai risiko. Jika investor dihadapkan kepada dua pilihan investasi yang memberikan tingkat keuntungan yang sama dengan risiko yang berbeda, maka investor akan senang mengambil investasi dengan risiko yang lebih besar.
  2. Risk Averter
    Risk averter merupakan investor yang tidak menyukai risiko atau menghindari risiko. Investor model ini akan mengambil investasi dengan risiko yang lebih kecil dengan tingkat keuntungan yang sama.
  3. Risk Netrality
    Risk netrality merupakan investor yang bersikap netral terhadap risiko. Artinya investor akan meminta kenaikan tingkat keuntungan yang sama setiap kenaikan risiko (Sartono:1998).
Selain terjadinya risiko yang dapat menghambatnya suatu investasi, berikut keuntungan yang dapat diperoleh ketika berinvestasi ;
  1. Mengembangkan Kekayaan
    Keuntungan lainnya mengapa banyak orang yang memilih investasi adalah dikarenakan dapat mengembangkan uang yang dimiliki dalam jumlah yang lebih banyak tanpa membuat Anda harus bekerja keras. Yang perlu dilakukan adalah menyisihkan keuntungan yang didapat serta memilih jenis investasi yang tepat untuk dijalankan.
  2. Kebutuhan Masa Depan
    Misalnya saja ketika berinvestasi saat ini, beberapa tahun ke depannya Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Saham yang dimiliki bisa meningkat dan dapat dijual dengan harga yang tinggi.
  3. Sebagai Keperluan Bisnis
    Bagi yang memiliki bisnis, investasi sangat penting untuk kepentingan bisnis Anda baik dalam skala yang kecil maupun besar. Prinsip dasar yang digunakan pada investasi sama dengan bisnis seperti dalam menganalisis resiko, menangkap peluang, dan lainnya.
  4. Penghasilan Tambahan
    Keuntungan lainnya adalah investasi yang dijalankan dapat digunakan sebagai penghasilan tambahan setelah pemasukan utama Anda. Misalnya saja jika berinvestasi bisnis properti rumah, Anda bisa menyewakan pada orang lain. Biaya dari sewa tersebut dapat menjadi penghasilan tambahan Anda.

Kesimpulan

Pada dasarnya berinvestasi memiliki berbagai rintangan, mulai dari keuntungan serta kerugian, Oleh karena itu berinvestasi perlu memiliki pemahaman yang lebih luas, agar ketika menjalankan suatu investasi bisnis kita sudah paham dengan apa yang akan datang, jika kita mengambil keputusan yang besar dalam berinvestasi, maka risikonya juga besar. Disitulah seorang investor harus sabar dengan apa yang akan menjadi hasilnya. Tidak bisa ada yang menebak masa depan, tetapi kita bisa mengubah yang terjadi sekarang untuk menjadi yang lebih baik dihari esoknya. 

Referensi

Modul 8 Kewirausahaan III. 2022. Business Investment & Copyright. Universitas Mercu Buana Jakarta Raya.

Dwi Wahyuni, Nurseffi. 2017. Ini 6 Keuntungan Jika Anda Investasi Sekarang. Jakarta. Liputan6. Diakses oleh : https://www.liputan6.com/bisnis/read/2953690/ini-6-keuntungan-jika-anda-investasi-dari-sekarang

Angelina Wuisan, Pretty. 2022. Jenis-Jenis Investasi Yang Jarang Diketahui Orang. Diakses oleh : https://www.modalrakyat.id/blog/jenis-investasi-bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.