Oktober 27, 2022

STRATEGI PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

 


Oleh : Umi Nurul Solikhah (@V08-UMI)

ABSTRAK

Artikel ini dilatar belakangi dengan adanya persaingan bisnis yang begitu ketat. Dalam menghadapi persaingan yang ketat, perusahaan memerlukan strategi yang tepat, terarah, dan terencana yang dapat mempertahankan posisi perusahaan. Dalam hal ini promosi salah satu komponen yang berperan penting bagi perusahaan. Tujuan dari artikel ini yaitu untuk mengetahui strategi promosi apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan.

Kata kunci: Strategi Promosi, Peningkatan Penjualan.

PENDAHULUAN

Dalam sebuah usaha, perusahaan selalu dihadapkan pada kondisi persaingan yang semakin luas atau situasi yang mengglobal. Persaingan didunia bisnis tampak kian gencar seiring dengan tumbuhnya perekonomian. Kondisi ini menuntut perusahaan harus lebih kreatif dan inovatif dengan menawarkan barang atau jasa yang lebih baik kualitasnya, harga dan pelayanannya, dibandingkan yang dilakukan pesaing lainnya. Inilah yang dituntut oleh pasar yang menjadi fokus atau sasaran yang bersaing. Pada umumnya perusahaan berupaya untuk memenuhi harapan konsumen, dengan membangun kepercayaan dalam suatu hubungan jangka Panjang antara perusahaan dan pelanggannya. Hubungan ini harus dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu diantaranya pelayanan dan kualitas barang.

Dalam menghadapi persaingan yang ketat, perusahaan memerlukan strategi yang tepat, terarah, dan terencana yang dapat mempertahankan posisi perusahaan. Dalam hal ini promosi salah satu komponen dari bauran pemasaran (marketing mix) yang berperan penting bagi perusahaan untuk dapat menarik konsumen atau pelanggan sebanyak mungkin dan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Dalam hal ini salah satu tujuan perusahaan dapat tercapai yaitu meningkatkan penjualan.

PERMASALAHAN

Kondisi ini menuntut perusahaan harus lebih kreatif dan inovatif dengan menawarkan barang atau jasa yang lebih baik kualitasnya, harga dan pelayanannya. Dengan hal tersebut perusahaan harus menerapkan strategi promosi. Strategi promosi apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan.

PEMBAHASAN

Strategi Promosi

Strategi promosi adalah sebuah konsep dalam menginfokan atau memberitahukan produk ke konsumen. Menurut para ahli Strategi promosi menurut Marceline Livia Hedynata dan Wirawan E.D Radaianto (2015:1) Strategi promosi adalah rencana untuk penggunaan yang optimal dari elemen – elemen promosi : periklanan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, dan promosi penjualan.

1.     Pengertian Promosi

Promosi adalah sebuah bagian dari proses pemasaran, promosi sendiri adalah suatu komunikasi dari penjual ke pembeli dan menurut Kusmono (2015:3) mengemukakan promosi adalah usaha yang dilakukan pemasar untuk mempengaruhi pihak lain agar berpartisipasi dalam kegiatan pertukaran. Tjiptono (2015:3) mendefinisikan promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasar yang bermaksud menyebarkan informasi,mempengaruhi/membujuk dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan.

2.     Tujuan Promosi

Tujuan promosi menurut Muhammad Fakhur Rizky NST dan Hanifa Yasin (2014:14)

a.     Memberitahu : Tujuan ini bersifat informasi dimana produsen menggunakan promosi untuk memberitahukan pasar. Apa yang ditawarkan olehnya. Promosi ini sering digunakan pada tahap – tahap awal siklus kehidupan produk.

b.     Membujuk : Tujuan ini bersifat persuasif dimana perusahaan berusaha memberikan kesan positif terhadap pembeli.

c.     Mengingatkan : Tujuan untuk mempertahankan pembeli dengan terus mengingatkan adanya barang atau jasa tersebut.

Peningkatan Penjualan

1.     Peningkatan

Menurut Ruhaimi (2013) Didalam KBBI peningkatan adalah kata benda, meningkatkan/peningkatan adalah kata kerja dengan antara lain; 1) Menaikkan (derajat, taraf, dsb), mempertinggi, memperhebat (produksi dsb), 2) Mengangkat diri; memegahkan diri. Peningkatan adalah proses perbuatan, cara meningkatkan usaha dan sebagainya. Sedangkan menurut Moeliono (2013) peningkatan adalah suatu cara atau usaha yang dilakukan untuk mendapatkan keterampilan atau kemampuan yang lebih baik.

2.     Penjualan

Menurut Basu Swastha dalam Irwan sahaja (2014), penjualan adalah suatu proses pertukaran barang atau jasa antara penjual dan pembeli. Menurut Kusnadi (2018:2), menjelaskan bahwa penjualan (sales) adalah sejumlah uang yang dibebankan kepada pembeli atas barang atau jasa yang dijual. Sedangkan Menurut Winardi (2018:2), mengatakan bahwa penjualan (selling) adalah suatu transaksi hak atas benda-benda, jadi sasaran penjualanya itu mengalihkan barang-barang dan jasa-jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen dengan harga yang layak.

·       Indicator Penjualan

a.     Harga : Menurut Basu Swastha (2016:8), harga merupakan sejumlah uang yang harus dibayar oleh konsumen atau pembeli untuk mendapatkan produk yang ditawarkan oleh penjual.

b.     Promosi : Menurut Buchari Alma (2016:8), promosi adalah sejenis komunikasi yang memberi penjelasan yang meyakinkan calon konsumen tentang barang dan jasa.

c.     Kualitas : Kualitas produk merupakan kemampuan dari suatu produk dalam menjalankan fungsinya.

d.     Saluran Distribusi : Menurut Kotler (2018:6) Saluran distribusi adalah serangkaian organisasi yang saling tergantung dan terlibat dalam proses untuk menjadikan suatu barang atau jasa siap untuk digunakan atau untuk dikonsumsi.

Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan

1.     Pemasaran Sosial Media

Perkembangan internet di dunia membuat sosial media digunakan sebagai salah satu sarana untuk melakukan promosi terkait usaha yang dijalankan. Terdapat banyak sekali fitur yang tersedia di sosial media akan sangat mendukung untuk memasarkan bisnis. Media sosial yang seringkali menjadi pilihan untuk mengiklankan produk adalah instagram. Sosial media membuat pemasaran produk menjadi lebih mudah, efektif, dan hemat biaya.

2.     Membuat Website

Tidak hanya sosial media, namun bisa juga dengan membuat website tentu menjadi strategi pemasaran yang tepat saat ini. Website membuat bisnis yang dipromosikan menjadi lebih layak dan profesional. Pembuatan website bertujuan untuk membuat usaha atau bisnis dikenal banyak orang dan bisa dicari di mesin pencari seperti Google.

3.     Penjualan Melalui Marketplace

Selama pandemi membuat kemunculan marketplace menjadi sangat pesat. Tidak hanya satu, namun terdapat puluhan bahkan ratusan marketplace yang berkembang di Indonesia. Setiap marketplace tentu saja memiliki fitur yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya. Marketplace bisa menjadi sarana pemasaran yang tepat karena bisnis yang dijalankan bisa dipasarkan dengan kategori tertentu.

4.     Membuat Video Promosi Melalui Youtube

Sebagai platform yang menyediakan berbagai konten video dengan beragam kategori, youtube menjadi sarana yang untuk mempromosikan produk. Hal ini tentu saja karena video akan jauh lebih menarik perhatian orang lain jika dibandingkan dengan teks. Strategi promosi dengan menggunakan youtube bisa dilakukan dengan berbagai metode seperti durasi yang panjang, video promosi dengan animasi, dan masih banyak lagi. yang paling penting adalah bagaimana video tersebut dapat menarik perhatian orang lain untuk mencoba jasa dan produk tersebut.

5.     Endorsement Kepada Selebgram

Adanya para selebgram sangat memudahkan pebisnis mengembangkan usahanya. Dengan adanya paid promote atau endorsement ini maka akan membuat usaha yang dijalankan akan semakin dikenal banyak orang karena dipromosikan oleh selebgram dengan folowersnya yang tidak sedikit tentunya.

6.     Membuat Spanduk Atau Brosur Menarik

Meskipun perkembangan internet semakin mendunia, dan banyak hal bisa dilakukan melalui internet, namun tidak membuat cara lama ini tenggelam begitu saja. Di jalan raya sendiri, tentu saja banyak ditemukan spanduk menarik yang bisa membuat orang yang melihatnya merasa takjub dan tertarik dengan spanduk tersebut. Cara ini bisa dicoba untuk mempromosikan produk karena tidak semua kalangan bisa lihai menggunakan internet.

KESIMPULAN

Strategi promosi sendiri bertujuan untuk meningkatkan penjualan dengan melakukan beberapa cara seperti memasarkan melalui sosial media, membuat website, penjualan melalui marketplace, membuat video promosi melalui youtube, dan melakukan endorsement kepada selebgram. Walau tidak selalu mendapatkan respon positif saat itu juga, namun setidaknya dengan menerapkan strategi ini produk yang dijual akan semakin dikenal. Dengan semakin terkenalnya produk maka akan semakin banyak juga orderan yang akan diterima.

DAFTAR PUSTAKA

Ulfianinda, Tika. Karakteristik, Klasifikasi dan Contoh Strategi Promosi. Retrieved Oktober 26, 2022 from https://www.mas-software.com/blog/strategi-promosi

Hedyanata. Marceline Livia and Wirawan E.D. Radianto, 2016. Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack. Jurnal Volume 1 No 1

Nurani, & Eni Widhajati. (2019). Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Di PLUT KUMKM Tulungagung. BENEFIT , 6(1), 58-66. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/benefit/article/view/267

Modul Mata Kuliah Kewirausahaan 3. Universitas Mercu Buana. Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.