November 29, 2022

Brand Identify Itu Gambaran Produk

 

                                                                                        Muhammad Fikri Aditya (@V03-FIKRI)


Brand identify adalah bagaimana sebuah merek menggambarkan dirinya kepada pelanggan. Ini adalah himpunan dari semua kegiatan branding yang dimanjakan perusahaan agar dapat dirasakan dengan cara tertentu kepada audiens target. Brand identify adalah agregasi dari apa yang Anda (yaitu organisasi) lakukan. Ini adalah misi organisasi, kepribadian, janji kepada konsumen dan keunggulan kompetitif. Ini termasuk pemikiran, perasaan dan harapan dari target pasar (konsumen). Brand identify merupakan sarana untuk mengidentifikasi dan membedakan suatu organisasi dari yang lain. Brand identify mengarah pada loyalitas merek, preferensi merek, kredibilitas tinggi, harga bagus, dan pengembalian finansial yang baik. Ini membantu organisasi untuk mengekspresikan kepada pelanggan dan target pasar jenis organisasi itu. Ini meyakinkan pelanggan lagi bahwa Anda adalah siapa yang Anda katakan. Ini membangun hubungan langsung antara organisasi dan konsumen. Brand identify harus berkelanjutan. Hal ini sangat penting agar konsumen langsung berkorelasi dengan produk/jasa Anda.

 

Elemen Brand Identify

Elemen brand identify dijabarkan menjadi 2 komponen yaitu elemen visual dan elemen non-visual:

1.      Elemen Visual

·        Nama Merek: Nama merek  adalah nama yang diputuskan oleh ahli strategi merek untuk mengidentifikasi penawaran dan membedakannya dari yang lain.

·        Logo & Tagline Merek: Logo  adalah  simbol tekstual dan/atau bergambar yang mewakili penawaran atau organisasi, dan tagline adalah deskripsi singkat yang mudah diingat yang secara ringkas dan jelas mengkomunikasikan pesan merek.

·        Gaya Tipografi Merek: Tipografi adalah seni dan gaya mengatur huruf dan teks yang unik untuk merek.

·        Palet Warna: Palet warna adalah serangkaian warna yang digunakan oleh merek dalam materi pemasarannya.

·        Citra: Ini adalah kumpulan gambar dan visual berbeda yang digunakan oleh merek untuk mengkomunikasikan pesan mereknya.

2.      Elemen Non-Visual

·        Kepribadian Merek: Kepribadian merek mengacu pada seperangkat sifat/karakteristik manusia yang ditugaskan pada merek. Kepribadian ini berasal dari elemen Brand identify visual dan interaksi pelanggan.

·        Asosiasi Merek: Ini adalah elemen selain merek yang menurut pelanggan terkait dengan merek. Ini termasuk kepribadian terkenal, merek mitra, dll.

·        Suara Merek: Suara merek  adalah keseragaman dalam pemilihan kata, sikap, dan nilai-nilai merek sambil menyapa audiens target atau orang lain.

 

Pentingnya Brand Identify

1.      Membantu mengembangkan citra merek yang sesuai

Sementara Brand identify adalah ekspresi lahiriah dari merek, citra merek adalah bagaimana pelanggan memandangnya. Memiliki identitas sangat penting bagi bisnis karena memunculkan citra merek. Namun, adalah tugas bagi pemasar untuk membuat pelanggan membentuk citra merek yang mirip dengan identitasnya.

2.      Membedakan Produk Dari Pesaing

Brand identify membantu merek mengembangkan sikap uniknya sendiri dan membedakan dirinya dari orang lain di pasar. Diferensiasi ini juga membantu dalam mengembangkan strategi penentuan posisi dan mendapatkan basis pelanggan setia di pasar.

3.      Menciptakan Konsistensi

Konsistensi adalah aspek terpenting dari branding dan Brand identify adalah apa yang menimbulkan konsistensi. Mengembangkan ekspresi lahiriah yang konsisten penting untuk dirasakan dengan cara yang diinginkan merek.

4.      Membantu mengembangkan kepribadian

Brand identify adalah identitas visual dan alat representasi untuk mengekspresikan kepribadian merek.

 

Cara Membuat Brand Identify

1.      Analisis pelanggan ideal Anda, proposisi nilai unik, dan pesaing

2.      Munculkan elemen visual unik untuk merek Anda yang mencerminkan ide-ide Anda

3.      Pikirkan bahasa yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan

4.      Hindari beberapa praktik negatif

5.      Pantau kemajuan Anda

 

Contoh Perusahaan Yang Memiliki Brand Identify

“Apple”

Apple memiliki salah satu identitas yang paling membedakan dibandingkan dengan merek lain. Penggunaan huruf 'i' sebelum setiap produk, harga premium, tampilan, logo, dan suara membuatnya menonjol.



References

Anon. Brand Identify. Management Study Guide

Pahwa, Aashish. 2022. Brand Identify. Feedough

Anon. 2022. Brand Identify. Sendpulse

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.