November 29, 2022

Leadership and Managemant


Btari Sekar Kinanti @V-42


Abstrak

Setiap individu perlu memiliki jiwa kepemimpinan serta manejman yang baik. Jiwa kepemimpinan dan manajeman yang baik ini tidak serta merta muncul dari dalam diri seorang individu,jiwa kepemimpinan dan manajeman yang baik harus dabngun dan distumulasi melalui berbagai cara yang anggap efektif. Diera globalisasi serta perkembangan IPTEK yang pesat ini bentuk kepemimpinan dan manajeman semakin berkembang dan tumber kea rah yang ebih baik. Seorang wirausawan atau pembisnis sangat memerlukan ke-2 komponen ini.Untuk dapat mengorganisir perusahaannya dengan baik seorang pimpinan harus mampu menguasi leadership and management dengan baik.

Kata kunci : leadership, kepemimpinan, manajeman, Managemant


Pendahuluan

Leadership and mangemant, dua hal tersebut tidak dapat dipisahkan dalam proses seorang pemimpin perusahaan. Kepemimpinan dan manajeman selalu melekat satu sama lain sehingga sering disamakan artinya padahal kedua hal tersebut mengemban fungsi serta kompesisi yang berbeda. Konsep kepemimpinan lebih luas artiannya dibandingkan manjeman, orang dengan jiwa kepemimpinan tinggi sudah pasti memiliki manajeman yang baik pula, namun orang dengan manajeman yang mempuni belum tentu memiliki jiwa kepemipinan. Pemahaman khalayak luas akan perbedaan dan pentingnya kepemimpinan dan manajeman dirasa belum cukup, oleh sebab itu artikel ini ditulis dengan harapan mampu menambah wawasan pembaca.




Pembahasan

  • Definisi leadership atau kepemimpinan

Leadership diartikan sebagai salah satu dari fungsi manajeman, yakni fungsi untuk dapat menggerakkan dan memengaruhi orang lain dalam suatu organisasi agar dapat melakukan tindakan atau aktivitas dengan arahannya untuk mencapi tujuan bersama suatu organisasi. Hemhiel dan Coons (1957:7) berpendapat bahwa leadership atau kepemimpinan merupakan tindakan individu dalam memimpin kegiatan-kegiatan organisasi menjadi satu tujuan bersama yang nantinya akan dicapai (shared goal)


  • Definisi management atau manajeman

Managemant diadaptasi dari bahasa latin yakni manus yang bermakna tangan dan agree yang berarti melakukan. Kemudian dari ke-dua kata tersebut dijadikan satu menjadi manager yang bermakna menangani. Manajeman dalam artian yang lebih sempit dan terperinci diartikan sebagai serangkaian strategi dalam melakukan aktivitas sehingga terlaksana secara efektif dan efisien dengan perantara individu lain.

  • Kepemimpinan manajeman

Ketika pemimpin suatu organisasi menjalankan serangkain kegiatan kepemimpinan maka pemimpin tersebut juga melakukan kegiatan manajeman. Manajeman adalah fungsi kepemimpinan dalam seni kegiatan kerja sma dalam upaya memenuhi kebutuhan organisasi. Manajeman adalah bukti nyata seseorang melakukan kepemimpinan.


  • Fungsi dan Tujuan Manajeman

Fungsi umum manajeman dibagi menjadi 4 yakni; fungsi perencanaan (planning) yang berguna dalam penetapan keputusan organisasi, fungsi ke-2 adalah pengorganisasian (Organizing) fungsi ini membahasa mengenai cara mengorganisir individu dalam mencapai tujuan bersama, selanjutnya ada fungsi kepemimpinan (leading) dalam fungsi ini terdapat tanggung jawab seseorang untuk memimpin organisasinya mencapai tujuan bersama, fungsi terakhir adalah pengendalian (controlling) dalam fungsi ini individu bertanggung jawab untuk mengontrol segala aktivitas untuk mencapai tujuan bersama agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Tujuan manajeman tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mengorganisir orang lain agar dapat mencapai tujuan bersama yang efektif dan efisien dengan meminimalisir kesalahan yang ada.

  • Fungsi dan Tujuan Kepemimpinan

Terdapat 5 fungsi kepemimpinan dalam suatu organisasi, fungsi pertama adalah fungsi instruktif dimana hal ini bersifat perintah terhadap individu di dalamnya, fungsi ke-2 adalah fungsi konsultatif dimana dalam fungsi ini aka nada 2 arahan terkait gaya kepemimpinan dengan kebiasaan mendengar kritik serta saran serta mencari pemecahan masalah akan problem yang dihadapi, fungsi ke-3 terkait partisipasi dalam penentuan keputusan organisasi, fungsi ke-4 yakni fungsi delegasi, fungsi terakhir adalah fungsi pengendalian dalam mengorganisir individu. Tujuan kepemimpinan yakni untuk indidvidu dalam organisasi menjalankan serangkaian kegiatan dalam mencapai tujuan bersama sesuai dengan apa yang telah direncanakan.


Daftar Pustaka

Pratama, Rama, G.(2017). Kepemimpinan dan Manajeman. (Universitas Brawijaya, 2017) Diakses dari https://blog.ub.ac.id/gumilangrama95/2017/11/30/kepemimpinan-dan-manajemen/

Annisa, Nur, A (2018). Kepemimpinan dan Manajeman. (Universitas Negeri Medan, 2018) Daikses dari https://www.academia.edu/37339865/KEPEMIMPINAN_DAN_MANAJEMEN

LinovHR, A (2022) . Apa Itu Leadership?Pengertian,Sikap,Manfaat & Cara Membangunnya. Diakses pada 17 November Pukul 12.21 dari https://www.linovhr.com/leadership/

Universtas, Sampoerna (2022). Pengertian Teori Kepemimpinan, Tujuan, Fungsi dan Aspek. Diakses pada 17 November Pukul 12.25 dari https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/pengertian-teori-kepemimpinan-tujuan-fungsi-dan-aspek/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.