November 29, 2022

Strategi Untuk Meningkatkan Perdagangan Internasional

 


Abstrak

Dewasa ini, pengaruh globalisasi dapat dirasakan hampir pada semua aspek kehidupan. Sector ekonomi menjadi salah satu sector yang berdampak besar akan globalisasi dan kemajuan IPTEK. Adanya perdagangan internasional menjadi salah satu faktor penyumbang devisa Negara. Kendati menjadi penyokong perekonomian Negara, dalam praktek lapangannya masih sering ditemukan penghalang bagi perdagangan internasional. Untuk menjadikan bisnis menglobal, pembisnis harus tau cara mengatasi hambatan perdagangan internasional.

Kata kunci : Strategi Global, Perdagangan Internasional , Penghalang


Pendahuluan

Dalam melakukan perdagangan internasional, kedua belah pihak harus diuntungkan, untuk menghindari monopoli atau kecurangan di pasar internasional, maka seorang pembisnis harus paham betul mempelajarai pasar, competitor, serta pihak-pihak yang menjalin kerjasama dengan perusahannya. Salah satu cara untuk menjadi perusahaan global dan mampu bersaing dengan competitor adalah dengan menjalin kerjasama dengan perusahaan internasional. Pada kerjasama yang dijalankan ini harus ditetapkan strategi apa saja yang dapat menguntungkan perusahaannya tanpa menjatuhkan mitra perusahaan.


Pembahasan

  • Teori Perdagangan Internasional

Salah satu ahli ekonomi terkenal yakni Adam Smith mengemukakan pendapatnya bahwasanya ketika suatu Negara mampu memproduksi suatu komuditas dengan harga lebih murah dibanding Negara competitor maka hal ini akan mendatangkan keuntungan mutlak. Teori ini menyatakan jikalau harga suatu produk dengan jenis yang sama tidak ada diverensiasi di Negara lain maka perdagangan internasional tidak dapat dilakukan.

  • Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Terdapat 7 faktor yang menjadi faktor terjadinya perdagangan internasional, faktor-faktor tersebut diantaranya adalah; adanya perbedaan sumber daya alam, perbedaan teknologi Negara satu dengan Negara lainnya terutama Negara maju dan Negara berkembang, kemauan untuk menaikkan pendapatan Negara, menghemat biaya operasional serta produksi, perbedaan selera masyarakat dan keinginannya yang tinggi, kepentingan politik menjalin hubungan kerjasama dengan Negara lain.

  • Hambatan Perdagangan Internasional

Banyak manfaat dari adanya perdagaga internasional yang dirasakan Negara, kendati demikian masih banyak hambatan dalam proses pelaksanaannya, terdapat empat hambatan utama dalam perdagangan internasional diantaranya adalah; perbedaan mata uang menjadi hambatan utama yang sering kali proses penukaran mata uang ini merugikan salah satu pihak, faktor selanjutnya adalah rendahnya kualitas SDM di mana hal ini akan memengaruhi kualitas barang produksi sehingga akan menyebabkan kesulitas dalam bersaing dengan Negara lain yang unggul kualitas SDM nya, faktor ke tiga adalah masih adanya perang antar Negara yang memperburuk kerjasama Negara bersangkutan, faktor terakhir yakni masih sering ditemukan oknum-oknum ekonomi pada pasar gelap.

  • Globalisasi Ekonomi

Globalisasi ekonomi merupakan penghapusan batasan geografi Negara pada aspek perluasan market global yang mana pengelolaan sumber daya di dalamnya tidak dibatasi oleh batasan geografis. Baik buruknya kondisi ekonomi sangat bergantung pada peran pasar global. Disisi lain mungkin Negara memiliki strategi dan kebijakannya sendiri dalam mengelola produknya pada market global, namun hal ini tidak akan berlaku ketika pada akhirnya kebijakan pasar yang akan mengatur segala aktivitas jual beli.

  • Strategi Meningkatkan Perdagangan Internasional

Ekspor merupakan salah satu kegiatan ekonomi di mana pebisnis mengirimkan barangnya ke luar negeri untuk dijual, sedangkan impor merupakan kegiatan memasukkan barang dari luar negeri ke dalam negeri untuk dijual. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan pemerintah untuk mengoptimalkan ekspor yang mana adanya ekspor ini merupakan salah satu lumbung pendapat devisi Negara dalam meningkatkan perdagangan internasional, karena seperti yang kita ketahui bahwa salah satu bentuk perdagangan nasional adalah dengan cara ekspor. Negara dapat melakukan diversifikasi ekspor yang merupakan tindakan memperbanyak ragam variasi dari produk yang diekspor suatu Negara. Pemerintah bisa melakukan subsidi terhadap barang-barang ekspor melalui eksportir yang bisa diterapkan melalui bentuk pemberian subsidi pajak, akses mudah dalam mengelola ekspor, diberikannya kredit dengan bunga yang rendah serta penetapan tarif murah atau minimum pada angkutan eksportir. Dengan menjaga kestabilan nilai kurs rupiah pada perdagangan global, pemerintah membantu para eksportir memaksimalkan aktivitasnya di pasar internasional.


Daftar Pustaka

Trianto, Lutfi, M (2016). Perdagangan Internasional dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 2016). Diakses dari http://eprints.umsida.ac.id/6852/1/Muhammad%20Lutfi%20Trianto%20%28191020700149%29.pdf

Triyono (2012). Upaya Meningkatkan Daya Saing Di Pasar Internasional Pada Era Globalisasi. (Universitas Muhammadiyah Semarang 2012). Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/22812-ID-upaya-meningkatkan-daya-saing-di-pasar-internasional-pada-era-globalisasi.pdf

Kumparan (2022). Kebijakan Pemerintah Untuk Mendorong Ekspor Agar Produk Memiliki Daya Saing. Diakses pada 17 Novermber 2022 pukul 13:54 dari https://m.kumparan.com/amp/berita-hari-ini/kebijakan-pemerintah-untuk-mendorong-ekspor-agar-produk-memiliki-daya-saing-1wDR9cdAIos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.