November 29, 2022

Pengembangan Produk Perusahaan Melaui Perekrutan


 

Abstrak

Agar produk mampu bersaing dan diterima oleh pasar global, perusahaan harus menentukan strategi dalam mengembangkan produk agar memiliki nilai jual berbeda dari produk sejenis. Selain itu, perusahaan juga harus memiliki SDM dengan kualitas mempuni untuk mencapai target tersebut, disinilah pentingnya peran strategi prekruitan, dimana jika ingin mendapat tenaga kerja dengan kualitas baik, maka Human Resource Devolopment (HRD) harus jeli dalam menetapkan standarisasi penerimaaan karyawan.

Kata kunci :Pengembangan produk, Pasar Global, Perekrutan


Pendahuluan

Keselarasan dalam organisasi perlu dicapai karna merupakan dasar tercapainya tujuan organisasi. Umumnya keselarasasan memiliki tujuan untuk menyamakan tujuan semua individu yang tergabung dalam organisasi kerja, begitupun di pasar global, keselarasan tetap merupakan kunci utama perusahaan itu dapat bersaing dengan competitor macanegara. Melakukan pengembangan produk akan berdampak besar bagi keberlangsungan perusahaan, perusahaan harus jeli dalam membaca setiap pergerakan trend pasar global jika ingin produknya memiliki siklus umur yang panjang. Untuk mewujudkan ekspetasi-ekspetasi perusahaan inilah maka diperlukan strategi perekruitan tenaga kerja yang mempuni.


Pembahasan

  • Pengembangan produk

Pengembangan produk dapat didefinisikan sebagai cara perusahaan untuk memperbarui kualitas produk lama menjadi lebih baik lagi, memperbaiki atau menambah nilai produk agar lebih baik sehingga mampu diterima di pasar, serta upaya untuk memperkuas segmentasi pasar. Kotler dan Amstrong (2008) berpendapat bahwasanya tindakan pengembangan produk ini merupakan upaya perusahaan dalam perbaikan strategi peningkatan penjualan serta mengembangkan konsep menjadi produk atau barang fisik untuk tujuan membuktikan jika produk tersebut dapat diinovasi dan diwujudkan menjadi produk yang efektif. Pengembangan produk bertujuan untuk memaksimalkan value dari produk itu sendiri sehingga tidak mudah digantikan oleh produk sejenis milik kompetitor.


  • Jenis-jenis Pengembangan Produk

Setiap perusahaan tentunya memiliki alasan tersendiri untuk mengembangkan produknya, namun jika diperuncing lagi, terdapat lima jenis pengembangan produk menurut Kotler dan Keller (2008) diantaranya adalah;

1. Perbaikan produk yang sudah ada sebelumnya melalui proses penambahan variasi baru serta mempersempit resiko cacat pada produk

2. Perluasan lini produk, perusahaan biasanya akan menambah naiali poduk melalui penambahan item produk sebelumnya ataupun menambah lini produk baru.

3. Penambahan produk yang sudah ada sebelumnya, dalam hal ini perusahaan akan memperolah perluasan segmentasi pasar.

4. Mengamati strategi competitor sejenis, dengan mempelajari keunggulan perusahaan pesaing maka perusahaan akan menemukan cara untuk membuat produknya lebih unggul dan diminati dalam pasar.

5. Penambahan lini produk, hal ini berarti perusahaan harus berinovasi dalam menciptakan produk yang sempurna (pembuatan ulang dengan formulasi yang telah diperbaiki)


  • Pasar Global

Pasar global adalah pasar yang cakupannya terjadi secara global atau dapat dikatakan hubungan transaksinya dilakukan secara internasional, penjual dan pembelinya antar Negara yang berbeda. Adanya market global ini muncul akibat tuntutan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam negeri, hal ini terjadi karena adanya perbedaan SDM yang dihasilkan masing-masing Negara, selera konsumen yang tinggi, kepentingan politik serta faktor pendapatan konsumen menjadi alasan terciptanya pasar global. Contoh nyata dari adanya pasar global adalah adanya impor dan ekspor, produk-produk Apple dan Indomie yang beredar luas dipasaran tidak hanya di Indonesia saja. Manfaat utama yang dirasakan oleh adanya pasar global adalah bertambahnya devisa Negara, perusahaan memperoleh konsumen baru yang lebih banyak sehingga produk yang dijual semakin dikenal secara global, dan profit perusahaan yang meningkat karena segmentasi pasarnya semakin luas.


  • Perekrutan

Perekrutan atau rekrutmen didefinisikan sebagai penerapan fungsi dari Manajeman Sumber Daya Manusia (MSDM) terhadap terciptanya seleksi calon karyawan dengan menggunakan standarisasi yang telah ditetapkan sebelumnya dan tujuan perusahaan. Departeman Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya Human Resource Devolopment (HRD) berperan penting dalam kesuksesan tercapainya tujuan perusahaan karena keputusan HRD dalam menerima karyawan inilah yang akan menentukan value dan tingkat keberhasilan perusahaan dalam mengembangkan produknya hingga ke pasar global. Keberhasilan rekrutmen akan sangat bergantung pada penentuan luasan problem area dan kebijakan rekrutmen. Biasanya setelah proses rekrutmen perusahaan akan mengadakan pelatihan untuk peningkatan kualitas karyawan baru.


  • Strategi Perekrutan

Untuk dapat memiliki kualitas SDM yang tinggi, maka dari awal perusahaan telah menetapkan strategi-strategi apa saja yang dapat membantu mendapatkan calaon karyawan yang mumpuni. Menciptakan employer branding yang kuat menjadi salah satu strategi yang dapat diterapkan perusahaan karena dengan employer branding yang kuat kualitas pelamar pekerja juga tinggi. Menetapkan deskripsi kerja yang baik dan peningkatan kualitas interview kerja adalah 2 kombinasi strategi yang ampuh untuk mendapat kualitas SDM yang diinginkan perusahaan.


  • Faktor yang Memengaruhi Rekrutmen yang Efektif

Banyak sedikitnya calon pelamar kerja dan kualitas penerimaan karyawan baru didasarkan 6 faktor umum ini di antaranya adalah; karakteristik sebuah perusahaan, citra perusahaan, peraturan perusahaan, strategi perusahaan dalam mengolah SDM-nya untuk mencapai tujuan awal perusaahan, keadaan eksternal perusahaan, dan persyaratan pekerjaan.


Daftar Pustaka

Riadi. Muchlis, O (2020). Pengembangan Produk (Pengertian, Tujuan, Strategi dan Tahapan). Diakses pada 17 November 2022 pukul 18:03 dari https://www.kajianpustaka.com/2020/03/pengembangan-produk.html?m=1

Yuliansyah. (2016). Penyelarasan Strategi Globalisasi., Jakarta : Selambia Empat

Exporthub.id (2020). Pasar Global Adalah : Ciri-Ciri, Keuntungan, Strategi Masuknya. Diakses pada 17 November 2022 pukul 18.28 dari https://blueraycargo.id/article/2022/04/26/apa-itu-pasar-global/

Uin, Suska (2020). BAB II Landasan Teori Rekrutmen. Diakses pada 17 November 2022 pukul 18:49 dari https://repository.uin-suska.ac.id/2807/3/BAB%20II.pdf

Handayani, Tri, M (2022). 8 Strategi Rekrutmen yang Efektif Untuk Mendapatkan Talent. Diakses pada 17 November 2022 pukul 18:57 dari https://www.ekrut.com/media/strategi-rekrutmen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.