November 27, 2022

MANFAAT DAN STRATEGI TERBAIK UNTUK PROMOSI PENJUALAN

 (@V13-Zahra)


PENDAHULUAN

Keberhasilan sebuah perusahaan dalam meningkatkan penjualan tergantung pada bagaimana perusahaan tersebut mengelola, terutama pada bagian pemasaran yang berpotensi besar pengaruhnya dalam mengambil keputusan strategi penjualan agar produk benar-benar laku dipasaran. Dengan melakukan sebuah penerapan strategi dari pemasaran yang akurat dan melalui pemanfaatan peluang akan meningkatkan volume penjualan, keberhasilan suatu perusahaan dapat dilihat dari besar kecilnya laba yang diperoleh, sedangkan manajemen dapat dikatakan berhasil ketika pemasaran melaksanakan fungsinya dengan maksimal, karena terjualnya produk sehingga memungkinkan perusahaan tersebut untuk terus beroperasi dan menghasilkan laba perusahaan.

Perusahaan produk/jasa harus dapat merancang strategi promosi yang tepat dalam mencapai tujuan perusahaan, salah satu tujuan perusahaan adalah dapat menarik minat konsumen untuk menggunakann dan membeli produk barang/jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu untuk menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian maka perusahaan harus bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kondisi pasar yang dihadapi. Keberhasilan strategi pemasaran dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu dengan memilih promosi yang tepat dalam memasarkan produk barang atau jasa.

PEMBAHASAN

A.      Pengertian promosi penjualan

Adalah sebuah aktivitas yang diterapkan untuk tujuan meningkatkan penjualan dan meningkatkan permintaan konsumen terhadap sebuah produk. Biasanya promosi diterapkan dalam jangka waktu yang terbatas dan telah ditentukan sebelumnya. Tentu hal ini dilakukan dengan berdasarkan riset terkait pelanggan atau konsumen itu sendiri, seperti demografi konsumen, usia dan gender konsumen, hingga ketertarikan konsumen itu sendiri. Namun secara spesifik, beberapa ahli menyatakan beberapa pendapatnya dan mendefinsikannya, menurut Fandy Tjiptono yaitu dalam penjelasan promosi penjualan PDF, Fadny menyatakan bahwa promosi merupakan komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi dan membujuk konsumen.

B.      Tujuan promosi penjualan

Terdapat beberapa hal yang menjadi tujuan dari dilakukannya sebuah promosi yaitu

-          Meningkatkan penjualan

-          Stabilisasi penjual

-          Meningkatkan nilai produk

-          Meningkatkan konsumen

-          Membedakan suatu produk dengan produk lainnya (kompetitor)

-          Memberi informasi kepada konsumen

-          Membujuk konsumen untuk membeli

Garis besar dari tujuan promosi tersebut yaitu untuk meningkatkan penjualan itu sendiri. Serangkaian kegiatan yang dilakukan seperti membuat iklan produk misalnya, untuk memberi informasi, mengingatkan konsumen hingga membujuk konsumen untuk membeli produk.

C.      Manfaat promosi secara umum

Promosi yang dilakukan bukan tanpa manfaat, terdapat beberapa manfaat promosi yang sekaligus juga menjadi tujuan dari promosi itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat dilakukannya promosi itu sendiri:

1.       Menciptakan branding dari suatu produk

Tujuaanya adalah agar mudah diingat oleh masyarakat sebagai konsumen. Promosi yang dilakukan untuk menciptakan branding dan membangun branding agar mudah diingat oleh konsumen. Branding yang baik akan berdampak pada kegiatan promosi yang mudah dilakukan.

2.       Memperkenalkan produk baru

Manfaat dari promosi selanjutnya yaitu dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan produk baru. Jika ada produk baru yang masih berkaitan dan perlu diperkenalkan, maka cara yang paling ampuh adalah dengan melakukan promosi

3.       Meningkatkan loyalitas pelanggan

Terdapat dua jenis pelanggan, pertama pelanggan loyal yang bertahan lama, kedua adalah pelanggan baru. Untuk pelanggan lama yang telah loyal, tidak perlu melakukan banyak hal karena mereka telah menjadi pelanggan loyal. Sementara pelanggan baru, butuh treatment khsus. Pada titik ini promosi hadir untuk meningkatkan loyalitas pelamgan baru.

4.       Sebagai media komunikasi dengan palanggan

Promosi juga merupakan salah satu media untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Ketiak promosi ditayangkan, para pelanggan tentunya akan menanyakan beberapa pertanyaan. Hal ini menciptakan sebuah komunikasi antara konsumen sebagai pelanggan dan produsen sebagai pemilik produk.

5.       Meningakatkan persaingan yang sehat

Hal ini yang dapat menciptakan sebuah ekosistem dalam penjualan produk meningkatkan dan membuat setiap produsen dapat meningkatkan penjualannya.

D.      Strategi terbaik untuk melakukan promosi penjualan

Promosi penjualan adalah serangkaian aktivitas untuk meningkatkan penjualan dengan beberapa indikator capaian. Untuk bisa melakukan hal tersebut, diperlukan beberapa strategi terbaik untuk melakukan promosi. Berikut ini adalah beberapa strategi terbaik yang bisa jadi rekomendasi dan inspirasi.

a.       Pilih audiens yang tepat

b.       Tetapkan tujuan yang dapat diukur

c.       Batasi ketersediaan

d.       Promosikann secara luas tetapu dengan bijak

e.       Menawarkan nilai riil

f.        Tinjau hasil

KESIMPULAN

Dari pembahasan yang telah dijabarkan diatas dapat disimpulkan bahwa promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang dimana komunikasi pemasaran itu adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Promosi tidak hanya dilakuakn untuk memperkenalkan produk kepada konsumen, tetapi juga harus melakukan upaya untuk mempengaruhinya agar konsumen menjadi senang dan membeli produk yang ditawarkan.

DAFTAR PUSTAKA

https://www.qoalaplus.com/media/bisnis-dan-strategi/pemasaran/promosi-penjualan/

https://www.sodexo.co.id/manfaat-media-promosi/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.