November 06, 2022

MODEL BISNIS

oleh Ilham Alif Rahman H (@V01-ILHAM)


Model bisnis (MB) ''mewakili kendaraan penting untuk inovasi'' dan ''sumber Inovasi Model Bisnis (IMB) dalam dan dari dirinya sendiri''. Konsep MB telah menjadi konsep yang populer di bidang bisnis dan manajemen. Namun, ia menderita paradoks antara popularitas luar biasa dan kritik keras, yang tampaknya menghambat perkembangan positif wacana ilmiah tentang konsep MB dan pendekatan IMB. Literatur dan penelitian MB telah meninggalkan kita dengan '' beberapa dimensi inovasi baru, berbeda dengan dimensi inovasi tradisional, seperti inovasi produk, layanan, proses, dan organisasi. Inovasi Model Bisnis adalah pohon inovasi.

IMB—baik IMB tertutup maupun terbuka—telah dan masih menjadi topik hangat dan topik populer untuk dibahas oleh bisnis dan akademisi. Salah satu indikasi meningkatnya minat terhadap konsep ini adalah peningkatan dramatis dalam jumlah publikasi yang mengacu pada konsep tersebut sejak akhir 1990-an dan awal 2000-an. Jumlah publikasi ilmiah yang mengandung kata kunci 'MB' berjumlah 383 pada tahun 1995, melonjak menjadi 3850 pada tahun 2000, 11.500 pada tahun 2005, dan 22.000 item yang diterbitkan pada tahun 2011.

Namun. Kenyataannya adalah bahwa MB dan topik IMB seperti pepatah lama tentang seks remaja: semua orang meIMBcarakannya sepanjang waktu; setiap orang membual tentang seberapa baik dia melakukannya; semua orang berpikir orang lain melakukannya; hampir tidak ada yang benar-benar; dan sedikit – yang melakukannya – meraba-raba jalan mereka dengan tidak kompeten.

Dan sepertinya minat IMB dan MB sebenarnya akhir-akhir ini sedikit stagnan bahkan mungkin menurun karena IMB yang dilakukan dan penanganannya masih terlalu sederhana. ''Ahli IMB'' yang telah mencoba menggunakan konsep MB dan menangani IMB hampir melakukannya dengan alat dan pendekatan yang sama dengan inovasi produk dan layanan. Beberapa orang bisa mengatakan ''seperti anggur tua memakai botol baru''. Namun IMB harus ditangani secara berbeda—karena MB dan IMB harus dilihat sebagai dinamis dan proses perubahan yang konstan ini dilakukan melalui IMB pada semua dimensi MB.

· jebakan dan tantangan yang sama yang diberikan oleh inovasi produk sebelumnya secara umum pada bisnis, sekarang diwujudkan di bidang IMB dan untuk bisnis yang menjalankan IMB. Inovasi produk dan layanan mengakibatkan peningkatan kesulitan untuk membedakan dan situasi di mana produk dan layanan mudah untuk ditiru, di mana seolah-olah dilakukan lebih maju melalui IMB akan memungkinkan bisnis untuk mengubah aturan main secara terus menerus.

· Bisnis yang telah mencoba alat dan kerangka kerja MB tidak benar-benar melihat dan menjadi dampak yang diharapkan dan dijanjikan dari IMB

· Akademisi MB tidak dapat menyetujui bahasa MB yang sama—standar MB, yang sebenarnya mencegah banyak bisnis dan terutama bisnis yang berbeda untuk "berbicara" dan dapat "berbicara" dengan MB dan IMB bersama-sama

· MB dan IMB telah dianggap sebagai "tugas MB tunggal" dan tidak secara eksplisit dipromosikan sebagai tugas multi MB.

Hari ini dan sebenarnya juga dalam 5-10 tahun terakhir bisnis dan akademisi berdiri di "kaki gunung lagi", sementara teknologi "meningkat" di depan. Apa dan di mana untuk mendaki gunung selanjutnya?

Pada dasarnya jika bahasa MB yang umum atau standar—atau bahasa MB standar—diterima, hadir, dan disepakati, antara lain dimungkinkan untuk memperoleh banyak manfaat MB dan IMB:

Sangat sedikit yang menyadari dan menerima bahwa inovasi MB tidak berfungsi sebagai inovasi produk, pasar, rantai nilai, dan organisasi. Lebih lanjut sedikit yang menyadari dan menerima bahwa IMB harus dilakukan secara berbeda dengan bentuk-bentuk inovasi yang diterima sebelumnya. Beberapa orang akan mengatakan bahwa IMB tidak mengganggu jenis inovasi sebelumnya. Banyak yang tidak ''melihat'' dan ''merasakan'' potensi IMB yang sebenarnya karena mereka ''melihat'', ''merasakan'' dan benar-benar mewujudkan inovasi dengan pendekatan IMB yang ada yang tidak mampu dan ''tailor made''. '' untuk IMB– tidak cukup maju untuk menangkap potensi nyata IMB.

 

Daftar Pustaka

Andreini, D., & Bettinelli, C. (2017). Business model innovation: A Thematic Map. International Series in Advanced Management Studies, 55–116. https://doi.org/10.1007/978-3-319-53351-3_3

Foss, N. J., & Saebi, T. (2015). Business Models and Business Model Innovation. Business Model Innovation, 1–23. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780198701873.003.0001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.