November 10, 2022

Pengaruh Ekosistem Digital Bagi Usaha Kecil dan Ekonomi Kreatif

Pengaruh Ekosistem Digital Bagi Usaha Kecil dan Ekonomi Kreatif



Putri Virginia Valensi (@V26 - Virgina)

Abstrak

Dalam era digital pada saat ini, setiap komunitas selalu memiliki peluang untuk menjadi ekosistem wirausaha yang lebih berkembang. Bahkan prosesnya dalam era ini banyak yang mengalaminya hal demikian. Inti dari sebuah proses ekosistem wirausaha adalah orang-orang di dalamnya membangun budaya kerja berdasarkan sebuah kepercayaan dan bentuk kolaborasi. Di mana bentuk interaksi ini diyakini dapat membantu mereka dalam mencapai tujuan bersama yaitu kesuksesan yang berkesinambungan dan konsisten. Di era digital pada saat sekarang dan dengan berkembangnya kewirausahaan, telah muncul suatu bentuk kewirausahaan digital (digital entrepreneur) berhubungan erat dari ekosistem melingkar kewirausahaan digital.

Kata Kunci : Ekosistem, Kewirausahaan, Digital

Abstract

In today's digital era, every community always has the opportunity to become a more developed entrepreneurial ecosystem. In fact, in this era, many people have experienced this. The essence of an entrepreneurial ecosystem process is that the people in it build a work culture based on trust and a form of collaboration. Where this form of interaction is believed to be able to assist them in achieving a common goal of continuous and consistent success. In the current digital era and with the development of entrepreneurship, a form of digital entrepreneurship (digital entrepreneur) has emerged which is closely related to the circular ecosystem of digital entrepreneurship.

Keywords: Ecosystem, Entrepreneurship, Digital

Pendahuluan

Ekosistem dapat didefinisikan sebagai "suatu komunitas hidup yang berhubungan dengan berbagai komponen tak hidup di lingkungan dan berinteraksi sebagai suatu sistem". Dari pengertian di atas, dapat didefinisikan bahwa "ekosistem kewirausahaan" adalah bentuk penyatuan berbagai komponen, baik itu SDM (sumber daya manusia), fasilitas, regulasi dan berbagai hal lainnya, untuk membentuk budaya dan fungsi perusahaan dalam sebuah sistem ekonomi yang lebih maju dan berkembang ke arah yang lebih baik. Ekosistem kewirausahaan, atau ekosistem bisnis, adalah kumpulan perusahaan dengan hubungan yang saling bergantung sama lain untuk melengkapi dalam bekerja sama untuk membentuk kemitraan strategis untuk memberikan manfaat bagi konsumen.(Haratua and Wijaya, 2020)

Ekosistem kewirausahaan sangat perlu dikembangkan menjadi bentuk hubungan yang saling berkaitan dan saling mendukung para pelaku di dalamnya untuk dapat mendorong dan memengaruhi usaha mikro dan kecil secara positif. Mitra strategis dalam hal ini saling melengkapi dan saling ketergantungan dalam berbagai cara, baik dengan secara langsung menyediakan produk masing-masing, dengan menggabungkan produk atau layanan untuk memberikan nilai tambah yang lebih besar, atau dengan mencari saluran yang lebih unggul untuk melayani tujuan atau target yang lebih luas untuk melayani pasar yang lebih unggul dan luas.

Permasalahan

Dapat kita ketahui bahwa di era digital yang terus berkembang ini sangat mendorong UMKM untuk maju atau UMKM akan gagal dalam berwirausaha. Banyak UMKM yang bertahan dan gagal selama masa pandemic yang mengharuskan pelaku UMKM untuk lebih mematuhi peraturan selama masa pandemic. Banyak juga pengusaha yang kurang kesadaran untuk lebih beradaptasi dengan era kecanggihan teknologi di pasar yang berkembang dan maju di seluruh Indonesia bahkan secara global.

 

Pembahasan

Dari permasalahan diatas maka kita harus mengembangkan ekosistem wirausaha yang didukung secara digital atau daring merupakan salah satu strategi pemulihan ekonomi setelah melewati masa pandemi Untuk tetap bertahan, perlu upaya menyadarkan pengusaha dan UKM untuk lebih beradaptasi dengan era kecanggihan teknologi di pasar yang berkembang dan maju di seluruh Indonesia bahkan secara global.

Nisa Destiana (2021) Ekosistem digital atau ekosistem daring merupakan asal mula teknologi informasi yang saling berkaitan erat dan dapat sebagai fungsi dalam menciptakan satu kesatuan. Dengan demikian, sistem ini dapat melibatkan banyak pihak seperti: Penyuplai, pelanggan, mitra dagang, penyedia data pihak ketiga dan lain-lain. Integrasi praktik bisnis ke bisnis. aplikasi bisnis, dan sumber data ke dalam sebuah ekosistem yang memungkinkan organisasi untuk mengendalikan teknologi. Selain itu, perusahaan dapat mengotomatisasi setiap proses dan berkembang secara berkesinambungan. banyak perusahaan baru-baru ini memasukkan strategi mereka dalam transformasi digital. Di mana pun organisasi berada dalam sebuah proses penjelajahan transformasi, penting untuk memastikan ekosistem digital yang meningkatkan kinerja dan mendukung berinteraksi dengan para pihak eksternal.

Manfaat Terciptanya Ekosistem Digital

1.     Adopsi teknologi lebih cepat Menerapkan teknologi sering kali terasa rumit, terutama untuk usaha kecil.

2.     Menciptakan sumber profit baru

3.     Perusahaan mungkin belum pernah memperoleh pendapatan apa pun dari sebuah proses penjualan barang secara daring.

4.     Menekan biaya

Pengaruh Ekosistem Digital Bagi Usaha Kecil dan Ekonomi Kreatif

Peningkatan populasi konsumen digital merupakan peluang pertumbuhan utama bagi industri kreatif Indonesia. Untuk menjangkau konsumen tersebut, pelaku industri kreatif harus bisa memanfaatkan media digital. Ketika memasuki ekosistem digital, kreativitas merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh para pelaku kreatif.

Pelaku kreatif juga harus selalu memperbaharui idenya untuk menarik perhatian konsumen atau khalayak dalam pemasaran produk digital . Selain itu, keberadaan digitalisasi dalam ekosistem industri kreatif membawa banyak manfaat bagi pelaku kreatif dan kreatif. Selain pemasaran digital, UMKM juga dapat mengakses sumber daya pendanaan secara digital (fintech), yang dapat menjadi salah satu solusi atas permasalahan UMKM dalam mengakses keuangan formal seperti perbankan. Fintech memiliki kemudahan persyaratan dan kecepatan proses penyaluran pinjaman sehingga dapat melayani pasar yang tidak dapat dilayani lembaga keuangan formal, yakni sektor UMKM.

Keutungan yang didapat dari ekosistem digital, sebagai berikut :

1.     Studi menunjukkan bahwa transformasi ke dunia digital membuat unit bisnis lebih efisien dan stabil.

2.     Transformasi digital menyederhanakan proses bisnis dengan lebih efektif.

Kesimpulan

Pengembangan ekosistem digital bagi UMKM merupakan salah satu upaya untuk meredam tekanan krisis yang terjadi akibat pandemi Covid-19. UMKM yang mampu beradaptasi dengan memanfaatkan platform digital dapat menghindari tekanan krisis, bahkan menjadi momentum untuk pengembangan usaha. Dengan memanfaatkan ekosistem digital, UMKM mendapatkan solusi atas permasalahannya selama ini dihadapi baik untuk pemasaran produk dan sector keuangan

Daftar Pustaka

Kompas . “Ekonomi Digital dan Hijau”. 7 Desember 2021, hal. 6

Menkominfo . “Kembangkan Teknologi Telekomunikasi Perlu Kolaborasi Ekosistem”, 6 Desember 2021

Buku Yayasan Kita Menulis. “Teknologi Digital Kewirausahaan dan UMKM”.2021. BAB 4


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.