November 03, 2022

PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA UMKM DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASI

 

PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA UMKM DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASI



PUTRI VIRGINIA VALENSI (@V26 - Virginia)

Abstract

UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Perkembangan dan kontribusi sector UMKM tidak terlepas dari semakin bertumbuhnya wirausaha-wirausaha baru di masyarakat ditambah dahsyatnya arus globalisasi. Karenanya, semua negara tak akan terlepas dengan budaya global. Namun, yang harus disadari dan dipahami di era global ini berbagai informasi maupun produk akan bersaing secara ketat dalam perebutan ‘market’di pasar global. Persaingan itu tidak lepas dari berbagai unsur kebutuhan manusia yang selalu berkembang sesuai kondisi jaman dan waktu. Oleh karena itu, untuk menghadapi segala persaingan tersebut, yang paling utama adalah menyiapkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) UMKM. Karena, Sumber Daya Manusia merupakan salah satu faktor kunci dalam menghadapi perubahan apapun.

Kata Kunci : UMKM, Pengelolaan SDM

Abstract

UMKM are productive businesses owned by individuals or business entities that have met the criteria as micro-enterprises. The development and contribution of the UMKM sector cannot be separated from the growing growth of new entrepreneurs in society plus the enormity of globalization. Therefore, all countries will not be separated from global culture. However, what must be realized and understood in this global era is that various information and products will compete fiercely in the struggle for the 'market' in the global market. Competition is inseparable from various elements of human needs that are always evolving according to the conditions of the times and times. Therefore, to face all these competitions, the most important thing is to prepare and improve the Human Resources (HR) of SMEs. Because, Human Resources is one of the key factors in facing any change.

Keywords: UMKM, HR Management

Pendahuluan

Tren perkembangan UMKM di Indonesia saat ini banyak mengarah kepada sektor ekonomi kreatif yang sangat ditentukan oleh modal manusia. Aset paling penting di era global adalah modal manusia. Suatu bangsa yang memiliki keunggulan komparatif dalam sumber daya alam, tidak akan berbuat banyak dalam kancah persaingan global tanpa didukung oleh keunggulan modal manusia. Hanya bangsa yang unggul dalam modal manusia yang akan dapat berkiprah dan menguasai pengetahuan dan penerapannya dalam wujud nyata pemecah masalah yang dihadapi dalam kehidupan (Thomas, et al., 2013).

Konsep ekonomi kreatif adalah konsep ekonomi yang didasarkan pada kemampuan dan keterampilan manusia. Industri kreatif di Indonesia telah menjadi bagian penting dalam pertumbuhan ekonominya. Industri kreatif telah menjadi satu pilar dalam membangun ekonomi nasional, karena mampu menciptakan sumber daya manusia yang berdaya saing di era globalisasi, sekaligus menyejahterakan masyarakat, yang membuatnya dipandang sangat strategis. Pesatnya pertumbuhan industri kreatif di Indonesia ini tidak lepas perkembangan media baru termasuk di dalamnya adalah media sosial.

Sumber daya manusia di dalam organisasi perusahaan merupakan kunci keberhasilan perusahaan, karena pada dasarnya sumber daya manusia yang merancang, memasang, mengoperasikan dan memelihara dari sistem integral dari perusahaan. Hal yang perlu di perhatikan dalam perusahaan yaitu ketrampilan karyawan. Menurut (Cahayani, 2015 dalam Simanjuntak, 2013), dengan mengetahui tingkat keterampilan dan kemampuan karyawan maka perusahaan dapat menentukan arah strategi sumber daya manusia Dewasa ini banyak juga perusahaan yang gulung tikar karena berbagai masalah, salah satunya adalah kurangnya pengelolaan SDM. Tidak adanya keseimbangan antara SDM dengan pola operasional. Operasional untuk usaha yang begitu besar baik untuk menggaji tenaga kerja maupun untuk menyediakan bahan baku produksi terkadang tidak di imbangi dengan kualitas SDM yang ada.

Permasalahan

Berdasarkan uraian pendahuluan masalah penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana mengelola SDM pada UMKM dalam menghadapi tantangan globalisasi sehingga bisa menjadi sumber keberhasilan UMKM tersebut.

Pembahasan

Berdasarkan uraian permasalahan diatas , penulis akan membahas lebih lanjut mengenai pengelolaan SDM pada UMKM sebagai berikut dibawah ini :

Mengelola sumber daya manusia adalah tanggung jawab dan fungsi manajemen perusahaan. Baik atau tidaknya kinerja manajemen dalam suatu perusahaan tergantung pada bagaimana pengelolaan sumber daya manusia di dalam perusahaan tersebut. Makadari itu tantangan utama manajer adalah bagaimana membangun strategi pengelolaan sumber daya manusia di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Meskipun pekembangan tekhnologi sekarang sudah canggih tetapi pengelolaan sumber daya manusia sangat penting. Tanpa adanya manusia, perusahaan tidak akan bisa berdiri. Tenaga kerja merupakan salah satu fungsi operasional di dalam perusahaan yang menentukan berhasil tidak nya suatu perusahaan selama berkarir.

Pengembangan sumber daya manusia  merupakan suatu proses untuk meningkatkan  kualitas pegawai agar menguasai pengetahuan,  keterampilan, keahlian, dan wawasan yang  sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan  dan teknologi. (Nurul, 2016). Pengembangan sumber  daya manusia membutuhkan biaya yang relatif besar.  Tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk kepentingan  pelatihan dan pendidikan karyawan.

Metode proses pengembangan sumber daya manusia :

·       Perencanaan (Planning)

·       Pendidikam dan Pelatihan (Education and Training)

·       Pengelolaan (Management)

Untuk membangun SDM yang berkualitas dan mampu berkontribusi secara maksimal, dibutuhkan langkah manajemen SDM yang terencana sebagai berikut :

  1. Merekrut karyawan baru dengan selektif.
  2. Memberi pelatihan SDM.
  3. Menyusun Standar Operasional Perusahaan.
  4. Membangun keterlibatan tenaga kerja.
  5. Pemberian remunerasi yang masuk akal.
  6. Melakukan evaluasi manajemen SDM.

 

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi  Pengembangan Sumber Daya Manusia

a)     Faktor internal

Faktor  internal disini mencakup keseluruhan  kehidupan organisasi yang dapat dikendalikan baik oleh pimpinan maupun oleh anggota yang bersangkutan. Faktor faktor tersebut antara lain :

1)    Visi adalah impian

2)    Misi

3)    Tujuan

4)    Strategi pencapaian tujuan

5)    Sifat dan jenis kegiatan organisasi

b)    Faktor Eksternal terdiri dari :

  1. Kebijakan pemerintah
  2. Sosio-Budaya
  3. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kesimpulan

Sumber daya manusia merupakan salah satu elemen paling penting agar sebuah bisnis atau pun perusahaan dapat berjalan dengan baik. karena tanpa adanya elemen tersebut, perusahaan akan sulit untuk berjalan dan beroperasi dengan semestinya meski sumber daya yang lain telah terpenuhi. MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia- bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis. UMKM yang memiliki SDM yang baik dan unggul dapat bertahan melewati tantangan globalisasi dan UMKM akan terus berkembang.

Daftar Pustaka

Bahan ajar PPT Kewirausahaan III pekan 10

Huzain, H. 2021. PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA. Yogyakarta

Nasution, Amelia Haris. 2022. Mengelola SDM dalam Perusahaan Kecil dan Wirausaha. Dalam Link : https://youtu.be/TcT3Zl0kLNQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.