November 05, 2022

Pentingnya Pelatihan Pengembangan SDM yang Efektif Dalam Kewirausahaan

 Gavina Tamara 

46119010019

V37-GAVINA


“Pentingnya Pelatihan dan Pengembangan SDM dalam Kewirausahaan” 



Sumber daya manusia sangat menentukan proses berjalannya kinerja suatu organisasi dalam menyelesaikan tugas dan fungsi dari organisasi itu sendiri. Kesuksesan suatu organisasi sangat bergantung pada kualitas dari sumber daya yang dimiliki terutama sumber daya manusia. Kesuksesan dalam hal ini dapat diartikan sebagai suatu pencapaian yang diraih oleh organisasi berupa peningkatan kinerja dari tiap pegawainya. Peningkatan kinerja yang terjadi di dalam organisasi merupakan suatu bentuk dari pengembangan sumber daya manusia yang ada. Dengan pengembangan sumber daya manusia, maka tujuan dari organisasi akan lebih mudah untuk diwujudkan. Sebab berkualitasnya sumber daya manusia dianggap mampu dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pegawai di dalam suatu organisasi. Maka dari itu untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan suatu organisasi perlu adanya komitmen pemimpin untuk mewujudkannya di dalam organisasi.

• Pelatihan sumber daya manusia

Pelatihan merupakan suatu metode yang digunakan untuk melakukan pengembangan sumber daya manusia yang berkaitan dengan kemampuan atau keterampilan pegawai atau karyawan yang telah menduduki suatu jabatan atau pekerjaan tertentu di dalam suatu perusahaan atau organisasi. Menurut Mathis and Jackson (2003) dikutip oleh (Zainal et al., 2015:171) terdapat empat tahapan atau proses pelatihan guna mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yaitu assessment, desaign, delivery dan evaluation.

Pengertian pelatihan pengengembangan menurut Menurut Adrew E. Sikula dalam Mangkunegara, Pelatihan (training) adalah suatu proses pendidikan jangka pendek yang mempergunakan prosedur sistematis dan terorganisir, pegawai non manajerial mempelajari pengetahuan dan ktrampilan tekhnis dalam tujuan terbatas.Pengembangan merupakan suatu proses pendidikan jangka panjang yang mempergunakan prosedur sistematis dan terorganisasi yang pegawai manajerialnya mempelajari pengetahuan konseptual dan teoritis untuk mencapai tujuan yang umum.

• Tujuan Pelatihan dan Pengembangan SDM

Beberapa tujuan pelatihan dan pengembangan adalah sebagai berikut: 

1. Peningkatan Produktivitas kerja

Peningkatan produktivitas kerja merupakan salah satu harapan dari suatu organisasi.

2. Efisiensi

3. Menekan Tingkat Kecelakaan Karyawan dalam Menjalankan Pekerjaannya

4. Pelayanan Yang Lebih Baik

5. Moral Karyawan Akan Lebih Baik

6. Menunjang Karier


• Ciri-Ciri Pelaksanaan Program Pelatihan SDM yang efektif

1. Top manager (puncak pimpinan) menunjukan sikap dan menerima bahwa pelaksanaan pelatihan dan pengembangan adalah tanggung jawabnya atau tanggung jawab organisasi.

2. Pelatihan sangat tegantung pada strategi dan tujuan bisnis, yang di jabarkan menjadi kegiatan bisnis jangka pendek dan jangka sedang ,dan kemudian menjadi sumber bagi proses penyusunan analisis pekerjaan/jabatan

3.Pelatihan harus dilaksanakan dengan pendekatan komprehensip dan sistematik. Pendekatan ini penting karena setiap pekerja dan atau unit kerja, tidak mungkin mewujudkan pekerjaan secara efektif dan efisien tanpa dipengaruhi dan mempengaruhi pekerjaan dan atau unit kerja yang lain. Pendekatan komprehensip dan sistematik, bermakna juga kegiatan pelatihan harus dilakukan secara kontinyu dan berulang-ulang dengan pertahanan yang teratur.

4. Pimpinan puncak (top manajer) dan para menejer lainnya menerima komitmen untuk menempatkan kegiatan pelatihan sama pentingnya dalam kegiatan bisnis lainnya,yang memerlukan penyediaan anggaran, dan diperhitungkan sebagai pembiayaan (cost) perusahaan serta penyediaan waktu yang cukup untuk pelaksanaan.


Referensi:

Apriliana, S. D., & Nawangsari, E. R. (2021). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Bebasis Kompetensi. Jurnal Ekonomi, 4, 804-812.

Wiliandari, Y. (2011). Rancangan Pelatihan Dan Pengembangan SDM Yang Efektif. Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi, 94-110.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.