November 06, 2022

 PEOPLE MANAGEMENT DALAM KEBERLANGSUNGAN SUATU KEWIRAUSAHAAN

Oleh : Meli Restiana (@V33 – Meli)




ABSTRAK

People manajement ialah suatu proses pelatihan untuk membentuk , mengarahkan, dan memotivasi karyawan untuk mempersiapkan karyawan menjadi seorang yang lebih baik. People management ini juga sangat berhubungan dengan keberlangsungan usaha, karena suatu usaha akan maju dan berkembang jika diisi orang orang yang mumpuni.

Kata Kunci : People manajemen, pelatihan, berkembang.

PENDAHULUAN

Saat ini bagi seorang pemimpin atau calon pemimpin, kualitas yang diperlukan adalah people management efektif yang bertujuan untuk meningkatkan komunikasi di tempat kerja dan mempersiapkan kesuksesan karyawan. Meneliti keterampilan yang membentuk people management dalam sebuah usaha akan dapat membantu dalam menemukan kekuatan dan mengidentifikasi bagian yang perlu ditingkatkan.

People management didefinisikan sebagai serangkaian praktik yang mencakup proses pelatihan, memotivasi dan mengarahkan karyawan untuk mengoptimalkan produktivitas tempat kerja dan mendorong pertumbuhan profesional. Pimpinan tempat kerja seperti pimpinan tim, manajer dan kepala departemen menggunakan people management untuk mengawasi alur kerja dan meningkatkan kinerja karyawan setiap hari.

PERMASALAHAN

Dengan pentingnya people management itu, maka

1.      Apakah kegunaan people manajemen dalam keberlangsungan suatu usaha?

2.      Aspek apa saja yang harus ada dalam people manajemen?

 

PEMBAHASAN

KEGUNAAN PEOPLE MANAJEMEN DALAM KEBERLANGSUNGAN SUATU USAHA

·         Menangani Konflik antar Pribadi

Manajer dan karyawan dalam posisi kepemimpinan memiliki peran penting dalam penyelesaian konflik.  People management yang efektif dapat membantu untuk menengahi konflik antar karyawan dengan cara mendorong kolaborasi dan rasa hormat. 

·         Membimbing Pelatihan Karyawan

Sebagai pemimpin tempat kerja, Anda bertanggung jawab untuk memasukkan karyawan baru dan melatih karyawan saat ini mengenai proses yang diperbarui. Kita dapat menggunakan elemen dari people management untuk memberikan umpan balik yang konstruktif dan membimbing karyawan sehingga mereka dapat berhasil di posisi mereka. 

·       Mengelola Deadlines

Mengarahkan karyawan termasuk memberikan assignment dan menetapkan goals. People management yang efektif dapat membantu Anda mengevaluasi sumber daya tim dan menetapkan deadlines realistis yang mendorong kemajuan progres. 

·         Membangun Budaya Perusahaan

Posisi kepemimpinan memungkinkan Anda untuk secara positif memengaruhi lingkungan kerja. Anda dapat menggunakan people management untuk membangun hubungan baik dengan karyawan. Anda juga dapat meminta feedback dari tim tentang perspektif mereka tentang perusahaan dan kemudian mengubah umpan balik itu menjadi actionable change menjadi budaya perusahaan yang dapat dikembangkan oleh setiap karyawan.

ASPEK DALAM PEOPLE MANAJEMENT

Aspek yang harus ada dalam people manajemen yaitu :

·         Komunikasi

Dilansir dari HR Technologist, keterampilan komunikasi sangat penting untuk dikuasai dan diterapkan dalam people management.Sebab, setiap hari kamu akan berkomunikasi secara langsung dengan karyawan. Tanpa skill komunikasi yang memadai, sulit bagi kamu untuk menyampaikan informasi dengan jelas dan detail kepada seluruh karyawan.

·         Active listening

Tak hanya keterampilan komunikasi, active listening juga penting untuk diterapkan dalam dunia kerja.Pasalnya, dalam pekerjaan sudah pasti akan ada banyak sekali karyawan yang bertanya ataupun bercerita mengenai pekerjaannya kepadamu di setiap hari. Dengan keadaan seperti ini, kamu harus dituntut untuk mendengarkan secara baik. Ketika seseorang meminta saran, berikan saran yang terbaik agar dapat menyelesaikan masalahnya.

·         Manajemen konflik

Tidak bisa dimungkiri, dalam setiap tim pasti ada konflik yang akan terjadi, entah itu perbedaan pendapat atau masalah lainnya. Dalam hal ini, kamu sebagai manajer harus menjadi penengah jika sewaktu-waktu terjadi konflik. Pasalnya, apabila tidak diselesaikan dengan cepat, ini akan berdampak buruk terhadap kinerja tim ke depannya. Keterampilan people management yang satu ini sangat penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di dalam tim.

·         Kolaborasi

Dalam tim, kemampuan kolaborasi adalah hal yang harus dimaksimalkan dengan baik, begitu juga saat kamu menjadi manajer. Selain kolaborasi dengan manajer lainnya, kamu juga dituntut untuk berkolaborasi dengan karyawanmu.

·         Fleksibel

Sebagai seorang manajer, kamu juga harus dituntut untuk menjadi orang yang fleksibel. Jika tiba-tiba ada karyawan yang meminta bantuan terhadap terkait masalah satu proyek, kamu harus membantunya. Intinya, dalam keadaan apapun, fleksibilitas penting untuk dimiliki oleh seorang manajer.

KESIMPULAN

Dalam suatu usaha, membentuk people management sangat penting untuk keberlangsungan usaha tersebut. People management membantu dalam menemukan kekuatan dan mengidentifikasi bagian yang perlu ditingkatkan. Dengan hal ini maka suatu usaha tersebut akan berkembang dan semakin maju.

DAFTAR PUSTAKA

https://glints.com/id/lowongan/people-management/#.Y2dx9hQxdPy

https://www-cermati-com.cdn.ampproject.org/v/s/www.cermati.com/artikel/amp/pengertian-people-management-dan-cara-meningkatkannya?amp_gsa=1&amp_js_v=a9&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=16677243451832&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&ampshare=https%3A%2F%2Fwww.cermati.com%2Fartikel%2Fpengertian-people-management-dan-cara-meningkatkannya

https://www.kitalulus.com/bisnis/people-management-adalah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.