November 20, 2022

 

STRATEGI BISNIS DALAM ERA DIGITAL TEKNOLOGI

Oleh : Meli Restiana (@V33 – Meli)


ABSTRAK

Dalam perkembangan teknologi yang semakin besar, maka perlu adanya penyesuaian dengan melibatkan teknologi ke dalam proses bisnis yang kita punya. Ketika kita dapat melakukan penyesuaian dengan perubahan yang ada, maka bisnis yang kita punya tidak akan mati dan akan terus berkembang. Dalam mempertahankan da mengembangkan bisnis tersebut tentu sangat diperlukan strategi, sehingga kita tau jalan mana yang lebih cepat dan dapat dilalui bisnis kita.

Kata kunci : Strategi, bisnis, teknologi.

PENDAHULUAN

Era digital telah terbuka pertanda pintu perdagangan antar negara di dunia menjadi tidak terbatas. Berkaitan dengan itu maka sebagai pengusaha Anda memiliki peluang yang cukup besar untuk mengembangkan strategi bisnis kita. Senada dengan itu pula, artinya jumlah pesaing atau kompetitor kita juga bertambah. Oleh karena itu, strategi bisnis merupakan hal penting yang wajib Anda buat agar dapat menghadapi persaingan bisnis.

Mirisnya, tidak semua pelaku usaha tidak memahami perubahan tersebut, terutama untuk pelaku usaha konvensional. Banyak diantara mereka yang tidak ikut melakukan perubahan dan mengalami penurunan omzet. Era digital yang seharusnya menjadi sebuah peluang justru menjadi ancaman untuk mereka. Untuk itu diperlukan sebuah langkah perubahan yakni salah satu nya melalui strategi bisnis.

 

PERMASALAHAN

Dalam mengikuti perkembangan teknologi yang ada, maka perlu adanya pemanfaatan teknologi dalam proses bisnis yang kita jalani. Dengan adanya hal tersebut maka :

1.      Bagaimana cara memanfaatkan teknologi dalam proses bisnis digital?

2.      Apa saja tantangan yang dihadapi dalam proses bisnis melalui digital teknologi?

 

PERMBAHASAN

CARA MEMANFAATKAN TEKNOLOGI DALAM BISNIS DIGITAL

Dalam memanfaatkan digital teknologi hal yang harus dilakukan yaitu :

1.      Menggunakan sosial media

Indonesia memiliki banyak pengguna sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook, Bbm, Line dan sebagainya. Karena itu social media dapat dijadikan alat dalam strategi bisnis. Sosial media dapat kita terapkan langsung melalui strategi pemasaran usaha. Selain murah, cara penggunaannya pun mudah. Kita tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk menggunakan sosial media tetapi cukup dengan memasarkan produk atau jasa saja.

2.      Menggunakan digital marketing

Selain social media, Anda juga dapat menerapkan digital marketing. Digital marketing adalah aktivitas promosi sebuah brand atau pun produk/jasa menggunakan media elektronik atau digital. Kita  juga dapat menggunakan jasa perusahaan e-commerce yang menjual jasa digital agency yang dapat membantu mengembangkan bisnis kita.

3.      Bisnis menggunakan mobile friendly

Tingginya jumlah pengguna smartphone dan produk gadget lainnya juga perlu perhatikan.  Kita  perlu menyesuaikan strategi pemasaran dengan tampilan yang mobile friendly. Sehingga akan lebih banyak orang yang melihat toko online kita. Untuk menjaring banyak pengunjung yang menggunakan smartphone, maka website kita juga harus didesain sesuai dengan smartphone yang dimiliki banyak orang.

4.      Menggunakan aplikasi e-commerce

Selain aplikasi social media, sekarang juga banyak tersedia aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan. Misalnya saja aplikasi akuntansi, aplikasi pembukuan, aplikasi e-commerce, aplikasi administrasi, dan lainnya. Aplikasi-aplikasi yang ada juga perlu Anda manfaatkan dalam pengelolaan usaha kita. Dengan menggunakan aplikasi, kita dapat menghemat biaya, waktu, dan juga tenaga.

5.      Membuat Inovasi

Inovasi juga merupakan bagian penting dalam strategi bisnis kita akan maju ke depan. Seperti yang diketahui bahwa dunia bisnis sangat cepat berubah, hampir setiap harinya ada saja sebuah trend baru. Oleh karena itu, inovasi sangatlah dibutuhkan agar kita dapat bersaing dengan kompetitor kita. Buatlah produk atau jasa kita berbeda dan istimewa dari yang lain.

TANTANGAN YANG DIHADAPI DALAM PROSES BISNIS DIGITAL

Era digital dipandang sebagai era di mana perusahaan mengoptimalkan penggunaan alat-alat digital untuk kepentingan perusahaan. Keberadaan teknologi ini juga turut mempengaruhi permintaan konsumen yang lebih variatif dan juga menyebabkan tantangan pada bisnis. Maka sudah tidak dapat dipungkiri bahwa tantangan bisnis di era digital pada saat ini adalah suatu hal yang harus kita hadapi, berikut merupakan tantangan-tantangan tersebut :

1.      Kompetitor semakin banyak

Teknologi canggih tentu sudah mampu dalam mengintegrasi saluran bisnis sehingga tidak adanya batas ruang dan waktu dalam melakukannya. Menjadi kesempatan yang besar bagi kita untuk menjalin kerja sama dengan berbagai bisnis di seluruh dunia.

Namun jika bisnis tidak disertai dengan ide kreatif yang baru, maka bisnis kita tentu tidak dapat bertahan lama di pasar. Untuk itu selalu ciptakan suatu hal yang unik dan tidak pernah ditemui sebelumnya, agar dapat menarik perhatian para konsumen lainnya.

2.      Dituntut untuk serba cepat

Masyarakat yang hidup di era digital tentu menginginkan sesuatu yang serba cepat dan praktis. Caranya yaitu dengan memanfaatkan teknologi dalam bisnisnya. Jika sebagai pelaku bisnis tidak dapat menandingi kecepatan bisnis digital lainnya, maka bisnis Anda bisa saja kalah dari persaingan.

3.      Mudah hilangnya jadi diri perusahaan

Bagi pelaku bisnis yang memasukkan bisnisnya ke dunia digital terkadang terlalu cepat dalam melakukan terobosan baru yang kekinian daripada memperhatikan  dan mengembangkan strategi pemasaran dan kemasannya terlebih dahulu.

Sehingga hal tersebut membuat bisnis yang semula sudah berkembang menjadi kehilangan jati dirinya. Maka dari itu sebagai pelaku bisnis kita juga harus perlu berhati-hati dalam mengambil sebuah keputusan.

KESIMPULAN

Dalam melakukan perkembangan bisnis maka perlu adanya suatu strategi yang dilakukan salah satunya yaitu dengan menggunakan semua teknologi yang ada untuk proses bisnis kita. Bisnis yang bisa menyesuaikan perkembangan maka itulah yang dapat bertahan dan berkembang.

DAFTAR PUSTAKA

https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-bisnis-untuk-bersaing-di-era-digital/

https://www.harmony.co.id/blog/10-tantangan-bisnis-yang-perlu-diketahui

https://media.neliti.com/media/publications/41157-ID-pemanfaatan-teknologi-informasi-dalam-pengembangan-bisnis-pos.pdf

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar