November 20, 2022

Teknik dan Manfaat Monitoring dalam Bisnis

 


 

Ilham Alif Rahman H (@V01-Ilham)

Monitoring bisnis merupakan komponen penting tentang bagaimana perusahaan dapat melakukan aktivitas sehari-harinya secara efektif. Selain itu juga, monitoring melibatkan pelacakan dan analisis kinerja bisnis selama periode waktu tertentu. Monitoring perlu dibuat tujuan dan sasaran untuk proses untuk mengawasi dan melacak kemajuan secara efektif. Seringkali bisnis perlu menyertakan proses ini karena anggota dewan atau pemangku kepentingan lainnya mungkin memerlukan laporan harian, mingguan, atau bulanan tentang kinerjanya.

 

Berikut adalah beberapa jenis teknik monitoring dalam bisnis yang dapat digunakan perusahaan:

Monitoring proses

Pemantauan proses memungkinkan untuk memeriksa apakah menjalankan prosedur yang diperlukan agar bisnis dapat beroperasi dengan sukses. Jenis pemantauan bisnis ini tipikal untuk perusahaan yang berbagi informasi tentang pembaruan kebijakan atau implementasi prosedur. menggunakan proses pemantauan bisnis ini untuk memberi tahu semua staf bisnis tentang apakah langkah-langkah implementasi berhasil.

 

Pelacakan kemajuan

Pelacakan kemajuan berfokus pada pelacakan kemajuan bisnis menuju pencapaian tujuannya, memungkinkan para eksekutif untuk tetap up-to-date pada operasi departemen. Banyak bisnis memiliki tujuan dan pencapaian untuk dicapai selama periode waktu tertentu, seperti memenuhi kuota penjualan atau mempekerjakan sejumlah orang tertentu. Menggunakan pelacakan kemajuan dapat membantu Anda mempertahankan efisiensi saat menyelesaikannya.

Pemantauan kinerja

Memiliki kinerja terbaik adalah penting untuk semua jenis bisnis. Biasanya, bisnis memiliki ekspektasi kinerja untuk staf mereka, dan pemantauan bisnis dapat membantu memastikan semua karyawan dapat memenuhi mereka dengan cara yang efisien. Pemantauan kinerja memberi Anda kesempatan untuk menilai kemajuan kinerja saat itu terjadi, yang memberi Anda wawasan tentang apa yang harus ditingkatkan untuk proyek atau tugas di masa depan.

 

Monitoring bisnis penting karena berdampak pada kesehatan keuangan bisnis dan keberhasilannya secara keseluruhan di lapangan. Berikut adalah lebih banyak alasan mengapa monitoring bisnis penting untuk pertumbuhan bisnis:

 

Meningkatkan efisiensi

Proses pemantauan bisnis membantu menghemat waktu dan tenaga. Adalah umum untuk proses pemantauan bisnis untuk membantu menciptakan standar operasional bisnis, memberi kerangka kerja untuk aktivitas tertentu. Kerangka kerja ini biasanya berfokus pada penciptaan efisiensi, artinya anggota staf dapat menggunakan waktu dan upaya sesedikit mungkin untuk menyelesaikan tugas.

 

Misalnya, jika sebuah perusahaan menerapkan proses pemantauan kinerja, itu mungkin mengidentifikasi tugas yang seringkali memakan waktu terlalu lama untuk menghasilkan hasil yang dapat diukur. Para eksekutif mungkin menggunakan data dari proses untuk merevisi langkah-langkah tugas ini hingga menjadi lebih efisien, menciptakan efisiensi waktu. Akibatnya, perusahaan mungkin menerapkan proses baru ini di setiap departemen, menstandardisasi langkah-langkah untuk tugas-tugas penting lainnya,

Menghemat biaya bisnis

Terlibat dalam proses pemantauan bisnis juga dapat membantu bisnis beroperasi dengan cara yang hemat biaya. Karena pemantauan bisnis berfungsi untuk mengidentifikasi masalah sebelum menjadi umum,  dapat mengungkap potensi risiko keuangan yang dapat meningkatkan biaya jika tidak diselesaikan seiring waktu. Anda mungkin juga menemukan cara untuk mengurangi biaya operasi bisnis tanpa kehilangan produktivitas staf. Menggunakan proses pemantauan bisnis juga dapat membantu menghemat biaya pascaproduksi.

 

Melacak sumber daya

Membuat laporan pemantauan bisnis dapat memberi wawasan tentang materi mana yang tersedia untuk digunakan oleh bisnis dan menunjukkan apa yang mungkin mereka butuhkan di masa mendatang. Akibatnya, pemantauan bisnis dapat membantu memastikan bisnis memiliki semua alat yang dibutuhkan untuk mencapai tujuannya. Misalnya, dapat menggunakan proses pemantauan bisnis selama proyek untuk mengamati sumber daya mana yang dibutuhkan perusahaan untuk setiap langkah, dan membelinya sebelum setiap langkah dimulai.

Meningkatkan visibilitas operasi bisnis

Tetap menyadari semua operasi bisnis, kemajuan mereka dari waktu ke waktu dan proses individu adalah penting karena mereka membantu memahami bagaimana fungsi bisnis. Terlibat dalam proses pemantauan bisnis memungkinkan meningkatkan visibilitas pada semua aspek bisnis, karena dapat melacak atau mengawasi aktivitas di seluruh departemen dengan lebih baik. Memiliki visibilitas ini juga memungkinkan departemen untuk berkomunikasi tentang proses bisnis secara lebih efektif.


Memberi wawasan tentang praktik manajemen

Laporan pemantauan bisnis dapat memberikan wawasan yang berguna untuk membantu mengoptimalkan proses manajemen perusahaan. Misalnya, biasanya dapat menemukan informasi tentang keberhasilan bisnis, pengeluaran, tantangan, pencapaian pertumbuhan, dan peluang untuk peningkatan. Manajemen dapat mengambil informasi ini dan menggunakannya untuk membuat prosedur, rencana, kebijakan, dan anggaran baru untuk memenuhi tujuan perusahaan atau mendukung anggota staf mereka dengan lebih baik.

Membantu mengidentifikasi masalah dan solusi

Terlibat dalam pemantauan bisnis rutin dapat membantu dalam mengidentifikasi setiap tantangan yang mungkin dihadapi bisnis di masa depan. Dengan membuat laporan selama periode waktu tertentu, dapat membandingkan hasil proyek dengan metrik standar untuk mengidentifikasi potensi masalah. Akibatnya, dapat membuat solusi yang efektif pada waktu yang tepat. Misalnya, perusahaan pemasaran media sosial dapat menggunakan indikator kinerja utama (KPI) untuk mengukur keberhasilan keterlibatan di profilnya. Jika eksekutif menggunakan proses pemantauan bisnis KPI, mereka mungkin lebih baik mengidentifikasi jenis posting mana yang menghasilkan keterlibatan maksimum.

 

Daftar Pustaka

Indeed Editorial Team. 2022. What Is Business Monitoring and Why is It Important?. https://www.indeed.com/career-advice/career-development/importance-of-business-monitoring. Diakses 20 November

Calabró A, Francesca L; Eda M. 2015. Monitoring of Business Process Execution Based on Performance Indicators. IEEE Explorer.

Susanne BülowMichael BackmannNico HerzbergThomas HilleAndreas MeyerBenjamin UlmTsun Yin Wong & Mathias Weske. 2014. Monitoring of Business Processes with Complex Event Processing. Business Process Management Workshops pp 277–290

Tidak ada komentar:

Posting Komentar