Desember 04, 2022

MEMAHAMI BRAND IDENTITY DAN MANFAATNYA UNTUK BISNIS ANDA


 (@V13-Zahra)

PENDAHULUAN

Di era globalisasi saat ini, pemenuhan kebutuhan seseorang pada produk yang semakin besar dalam kehidupan masyarakat. Sehingga banyak orang mecari dan membeli produk yang diinginkan. Dengan adanya perunahan gaya hidup yang konsumtif juga mempengaruhi pergerakan industri dalam sebuah produk yang ingin dibuat oleh para pembisnis yang ingin membangun sebuah usaha yang diinginkan oleh masyarakat. Hal ini menyebabkan berbagai merek bermunculan dalam industri yang dikeluarkan oleh para pembisnis lainnya.

Merek (brand) adala aset paling bernilai bagi semua perusahaan di belahan dunia manapun karena brand merupakan salah satu pertimbangan bagi konsumen dalam melakukan pemilihan produk (Sasmita dan Suki, 2015). Maka dari itu merek sudah menjadi faktor penentu unggulnya produk dibidang industri bisnis. Konsumen dapat mengambil keputusan produk mana yang akan dibeli dengan melihat merek apa yang dipakai serta manfaat apa yang didapatkan oleh produk tersebut.

Brand Identity merupakan asosiasi merek yang unik untuk menunjukkan janji kepada konsumen. Menurut Aeker dan Joachimsthalar dalam Ghodeswar (2008) menyatakan bahwa identitas merek merepressentasikan bagaimana sebuah organisasi (perusahaan) ingin menunjukkan merek mereka pada konsumen. Melalui brand identity brand yang melekat baik, diharapkan akan muncul brand trust dari para konsumen. Kepercayaan pelanggan pada merek dapar didenfinisikan sebagai keinginan pelanggan untuk bersandar pada sebuah merek dengan resiko-resiko yang dihadapi karena ekspektasi terhadap merek itu akan menyebablan hasil yang positif (Lau & Lee, 1999: 344) dalam (Rizan, 2012)

PEMBAHASAN

A.    Pengertian Brand Identity

Brand Identity adalah kumpulan semua elemen yang diciptakan perusahaan untuk menggambarkan citra yang tepat bagi konsumennya. Jika sebuah bisnis yang sudah memiliki identitas brand yang kuat, maka orang-orang pun akan mudah untuk mengenali brand tersebut. Selain itu, identitas brand juga bisa menjadi pembeda dari kompetitor, menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan customer loyalty.

B.     Manfaat Brand Identity

Perbedaan antara memiliki identitas brand dengan tidak memilikinya seperti saat pertama anda menjalankan bisnis. Adanya brand identity memiliki manfaat yang bisa membantu anda untuk mencapai proses penjualan yang lebih optimal. Berikut adalah manfaat dari brand identity:

·         Kesadaran pelanggan meningkat = manfaat pertama dari identitas brand yaitu bisa membuat bisnis anda lebih dikenali dengan mudah oleh pelanggan.

·         Meningkatkan daya saing = dengan adanya identitas brand, membuat bisnis keunikan tersendiri yang tentunya membuat palangga lebih cepat mengenali dan mendukung brand tersebut.

·         Loyalitas customer = dengan membangun brand identitas yang kuat sangat memungkinkan untuk memiliki pelanggan yang loyal. Tidak lupa, penting untuk anda ingat bahwa dalam membangun identitas brand harus menggunkan strategi yang mampu mempererat hubungan emosional dengan pelanggan.

C.     Kunci Brand Identitas yang kuat

Meskipun demikian, hanya karena anda mendesain elemen tersebut, bukan berarti elemen tersebut efektif. Saat ini melalui proses desain, pastikan identitas mereka anda adalah:

·         Berbeda = ini menonjol diantara pesain dan menarik perhatian orang

·         Mudah diingat = ini membuat dampak visual. (pertimbangan Apple: logonya sangat mudah diingat sehingga hanya menyertakan logo – bukan nama mereka – pada produk mereka)

·         Skalabel dan fleksibel = dapat tumbuh dan berkembang besama merek.

·         Kohesif = setiap bagian melengkapi identitas merek

·         Mudah diterapkan = sangat intuitif dan jelas untuk digunakan oleh desainer.

D.    Tips Mengembangkan Brand Identitas yang Efektif untuk Bisnis

·         Anda menjual merek anda, bukan produk

·         Merek anda harus mencerminkan siapa anda sebenarnya

·         Adanya hanya sebaik seni dan salinan anda

·         Tidak masalah untuk mengubah merek atau rebranding

·         Jangan menipu konsumen

KESIMPULAN

Merancang brand identitas yang sukses membantukan banyak kerja keras dan kolaborasi. Untuk menjaga bisnis anda tetap pada rencan yang sama dan memberdayakan tim anda untuk melakukan pekerjaan terbaik, pastukan mereka terdidik, terinspirasi dan memiliki alat yang mereka dibutuhkan.

DAFTAR PUSTAKA

https://www.hashmicro.com/id/blog/pentingnya-brand-identity/

https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-lengkap-brand-identity/

https://qontak.com/blog/brand-identity/

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.