Desember 04, 2022

Memahami Branding Indentity dalam Dunia Bisnis

    Oleh : Indah Setyawati (@V10- SETYAWATI)

Gambar 1. Mind Mapping Memahami Branding Identity dalam Dunia Bisnis 



Abstrak

Dalam membentuk brand identity, perusahaan bisa menjalin hubungan yang emosional dengan pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa lebih dekat dan menjadi loyal dengan bisnis. Keunikan yang dimiliki oleh bisnis akan menjadi kelebihan tersendiri karena terlihat lebih dominan dibandingkan kompetitor lainnya. Jadi, perlu memahami siapa target pasar, apa yang mereka inginkan dan butuhkan, serta strategi apa yang digunakan oleh kompetitor.

Kata Kunci: brand, produk, identity

Pendahuluan

Sebagai pemilik usaha, Wirausaha tentu mengetahui bahwa semua produk dan bisnis harus dapat dikenalkan kepada publik dengan cara yang berbeda dan paling mudah diingat. Jika Wirausaha menawarkan produk yang jarang ada di pasaran, maka wirausaha membutuhkan strategi khusus untuk memperkenalkan produk baru tersebut. Salah satu strategi khusus yang harus pelaku usaha lakukan adalah menjalankan product branding. Product branding adalah simbol atau desain yang memberikan identitas produk yang berbeda dengan yang ada di pasar. Pelau usaha dapat dengan mudah melihat di toko atau supermarket bahwa semua produk diberi merek unik dengan berbagai warna, desain, dan unsur menarik lainnya.

Pembahasan

       I.            Brand identity

Pengertian brand identity adalah elemen yang terlihat dari sebuah brand, seperti warna, desain, dan logo yang membedakannya dengan brand lainnya. Kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan brand identity bisa membantu membentuk citra tertentu. Kegiatan-kegiatan ini mencakup pemilihan nama, desain logo, pemilihan warna dan bentuk, penggunaan bahasa dalam iklan, hingga pelatihan karyawan saat melayani konsumen, dan sebagainya. Brand identity berbeda dengan brand image, meskipun terdengar mirip. Brand identity adalah sesuatu yang membuat bisnis Anda langsung dikenali oleh audiens. Audiens akan mengaitkan brand dengan produk atau layanan yang berikan. Identitas inilah yang akan membangun hubungan antara pelaku usaha dengan pelanggan, membentuk loyalitas pelanggan, dan menentukan bagaimana pelanggan memandang brand pelaku usaha yang dimiliki.

 

    II.            Pentingnya brand identity

Berikut ini beberapa alasan pentingnya brand identity bagi bisnis adalah

– Kepribadian

Identitas brand menciptakan gambaran visual dari value dan kepribadian yang dimiliki oleh sebuah brand. Identitas ini harus dirancang sedemikian rupa agar bisa menyampaikan pesan dan mempromosikan tujuan yang ingin disampaikan oleh perusahaan.

– Konsistensi

Adanya identitas brand memungkinkan bisnis tertentu untuk menyampaikan pesannya secara konsisten.

– Diferensiasi

Identitas brand memungkinkan Anda mudah dibedakan dengan kompetitor lain. Membentuk brand identity dengan kreatif juga membantu brand Anda terlihat menonjol dan dominan.

– Kesadaran

Identitas brand meningkatkan brand awareness. Semakin sering brand Anda ditampilkan, maka semakin banyak interaksi yang dilakukan dengan konsumen, sehingga brand Anda akan lebih berkesan bagi mereka.

– Loyalitas

Identitas brand memungkinkan perusahaan menjalin hubungan yang dekat dengan konsumen. Selain itu, identitas ini juga membantu untuk membangun loyalitas dan kepercayaan pelanggan terhadap brand Anda.

 III.            Manfaat Brand Identity bagi Brand

Beberapa manfaat brand identity antara lain:

1. Mudah dikenali audiens

Brand menjadi lebih mudah dikenali oleh audiens. Jika audiens sudah mengenali brand Anda dengan baik, pastinya mereka akan lebih memilih untuk memakai produk atau jasa yang brand Anda tawarkan.

2. Gampang bersaing dengan kompetitor

Jika suatu bisnis telah mempunyai ciri khas atau keunikan tersendiri, audiens akan lebih mudah dan lebih cepat mengenalinya. Bisnis dengan identitas brand yang kuat memungkinkan bisnis tersebut untuk bersaing dengan kompetitor lainnya.

3. Mudah memiliki pelanggan yang loyal

Semua bisnis pasti ingin mempunyai pelanggan yang loyal. Namun, untuk memperoleh hal ini dibutuhkan upaya yang tidak mudah dan waktu yang tidak singkat. Maka, diperlukan identitas brand yang kuat untuk mendapatkan pelanggan yang loyal.

4. Menaikkan jumlah profit

Manfaat identitas brand adalah meningkatkan jumlah profit. Ketika perusahaan memiliki brand identity yang kuat, biasanya pelanggan akan loyal dan muncul pelanggan yang baru.

 IV.            Elemen Brand Identity

Adanya identitas brand membantu sebuah brand untuk menjadi berbeda dengan brand lain. Brand identity memiliki dua elemen, yaitu:

– Elemen Visual

Elemen visual adalah gambaran visual dari identitas brand yang mencakup logo, warna, tipografi, dan sebagainya. Biasaya perusahaan menggunakan elemen ini untuk menyampaikan pesannya kepada audiens.

– Elemen Nonvisual

Elemen non visual merupakan gambaran verbal dari identitas brand yang digunakan bisnis untuk menyampaikan pesannya kepada audiens. Gambaran ini mencakup perpaduan antara nama brand, brand voice, brand tone, slogan, dan gaya berkomunikasi yang digunakan.

    V.            Membangun Brand Identity

Untuk membangun Brand identity yang kuat diperlukan kerjasama semua orang, baik tim internal (misalnya, duta merek, pembuat konten) dan orang-orang yang akan berinteraksi dengannya (misalnya, pelanggan). Untuk benar-benar berhasil, perlu membangun identitas merek seperti berikut:

·         Berbeda: hal ini akan membuat brand Anda menonjol di antara pesaing dan menarik perhatian orang.

·         Mengesankan: ini membuat dampak visual. (Misalnya Apple: Logonya sangat mudah diingat sehingga mereka hanya menyertakan logo bukan nama mereka pada produk mereka.)

·         Scalable: dapat tumbuh dan berkembang dengan merek.

·         Fleksibel: dapat digunakan di berbagai aplikasi (web, cetak, dll.).

·         Kohesif: setiap bagian saling melengkapi.

·         Mudah diterapkan: intuitif dan jelas untuk digunakan oleh desainer.

 VI.            Cara Membuat Brand Identity

Perusahaan perlu melakukan beberapa cara untuk membuat identitas brand yang kuat dan konsisten. Berikut ini adalah beberapa cara membuat brand identity yang perlu dilakukan oleh para pelaku bisnis adalah

1.      Melakukan analisis terhadap perusahaan dan pasar

Cara membuat identitas brand yang pertama adalah melakukan analisis. Analisis SWOT lengkap yang dilakukan untuk melihat kelebihan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan merupakan cara untuk membantu bisnis memahami situasi untuk menentukan tujuan dan langkah-langkah yang perlu mereka ambil.

2.      Mengidentifikasi pelanggan

Mengadakan survei dan melakukan wawancara dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi pelanggannya.

3.      Analisis kompetitor

Membangun identitas brand adalah tentang diferensiasi atau membuat merek terlihat, relevan, dan unik. Oleh karena itu, penting untuk memahami bukan hanya siapa pesaing, tetapi juga bagaimana merek dibandingkan dalam hal presentasi visual.

4.      Membuat desain yang menarik

Salah satu elemen brand identity yang perlu diperhatikan yaitu desain. Buatlah desain logo, kemasan, website yang menarik dan mudah diingat. Beberapa hal dalam desain seperti tipografi, warna, dan bentuk juga perlu diperhatikan.

5.      Merencanakan strategi yang tepat

Membangun identitas brand memerlukan proses yang panjang dan diperlukan konsistensi yang tinggi. Maka dari itu, diperlukan strategi yang tepat supaya identitas brand berhasil menjangkau audiens. Ada berbagai cara yang dapat perusahaan lakukan.

Kesimpulan

Branding identity adalah wajah dari brand itu sendiri. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membentuk identitas brand. Sebaiknya, jangan meniru identitas brand yang dibentuk oleh kompetitor. Jika Anda tidak meniru dan muncul dengan ciri khas yang berbeda, brand Anda menjadi lebih mudah dikenali. Selain itu, buatlah konten secara online dan offline secara konsisten untuk menarik perhatian audiens. Apabila Anda memperhatikan hal-hal ini, Anda bisa membentuk brand identity yang kuat secara bertahap.

Referensi

Adihulung Victor, 2018. Visual Identity vs Brand Identity. Binus University

Ismi Trias, 2021. Memahami apa itu brand identity dan manfat bagi perusahaan. Glints.com

Azhfar Afkar, 2022. Memahami brand identity dan manfaat untuk bisnis anda. Hashmicro.com

Modul Pertemuan 14 Mata Kuliah Kewirausahaan III. 2022. Universitas Mercu Buana. Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.