Desember 04, 2022

PENTINGNYA CORPORATE IDENTITY BAGI KESUKSESAN PERUSAHAAN

Oleh:

Oliver Gideon Parsaoran (@V21-OLIVER)

 

Abstrak

Artikel ini membahas tentang betapa pentingnya corporate identity bagi kesuksesan perusahaan.

 

Abstract

This article discusses how important corporate identity is for company success.

 

PENDAHULUAN

Setiap perusahaan memiliki identitas yang berfungsi sebagai tanda pengenal atau jati diri perusahaan kepada khalayak perusahaan. Pada awalnya identitas sebuah perusahaan lebih dikenal masyarakat dalam bentuk logo. Namun seiring berjalannya waktu, identitas perusahaan lebih dipahami sebagai upaya perusahaan untuk memperkenalkan diri kepada publik sebagai bentuk eksistensi dan pertanggungjawaban perusahaan terhadap visi dan misi perusahaan. Dengan kata lain, identitas perusahaan tidak hanya berupa logo perusahaan saja, namun identitas perusahaan adalah sebuah kesan yang dihasilkan perusahaan dari karyawan, konsumen dan semua pihak yang terlibat di dalamnya.

Identitas perusahaan tercermin melalui logo, nama, dan tampilan lain yang digunakan perusahaan seperti kemasan produk, interior bangunan, seragam karyawan, dan audio visual. Identitas perusahaan juga dapat berupa non fisik seperti nilai-nilai dan filosopi perusahaan, pelayanan, gaya kerja dan komunikasi. Tujuannya adalah untuk membedakannya dengan perusahaan lain. Menurut Olins (dalam Van Riel 1995:36) identitas perusahaan menyatukan perasaan memiliki dan membuatnya dapat terlihat.

 

PEMBAHASAN

A. Pentingnya Corporate Identity

Corporate identity seperti kartu identitas seseorang atau profil sosial orang tersebut. Ini membantu orang lain untuk mengakui dan menjaga citra perusahaan dan diharapkan perusahaan secara proaktif membangun identitas perusahaan.

Berikut ini adalah pentingnya membangun corporate identity:

·       Sebuah homogenitas komunikasi perusahaan dan akan membentuk konsistensi perusahaan

·       Menetapkan USP perusahaan sehubungan dengan nilai brand

·       Bantu membedakan dari pesaing lainnya

·       Membantu secara efisien untuk terlibat dengan pemangku kepentingan internal maupun eksternal untuk membangun hubungan jangka panjang dalam hal loyalitas pelanggan

B. Cara Membangun Corporate Identity

Membangun corporate identity jangka panjang sangat penting untuk kesuksesan dalam bisnis apa pun. Berikut adalah beberapa langkah untuk membangun corporate identity:

1)     Asal

Pertimbangkan alasan dimulainya bisnis. Jawab beberapa pertanyaan seperti visi dan misi bisnis, jalan ke depan untuk bisnis dan motivasi untuk melanjutkannya. Memiliki visi dan garis besar bisnis yang jelas akan memberikan landasan yang kokoh untuk membangun bisnis dan akan menjadi bisnis yang selalu diimpikan.

2)     Status Saat Ini

Mengetahui status perusahaan yang ada seperti apa persaingan dan kegiatannya, umpan balik dari pelanggan lama dan baru, keberlanjutan bisnis di pasar. Ini akan membantu untuk mengetahui status perusahaan saat ini dan membantu menemukan area perbaikan. Perusahaan dapat menggunakan umpan balik positif dan negatif untuk meningkatkan dan mempertahankan citra atau identitasnya di pasar.

3)     Analisis keluar

Perusahaan tidak hanya harus introspeksi tetapi juga untuk memeriksa kondisi luar pasar seperti aktivitas pesaing, selera, dan preferensi pelanggan, tren dalam industri, faktor-faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilan satu perusahaan dan kegagalan perusahaan lain, dll. akan membantu perusahaan untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan eksternal yang dapat mengancam citra yang ada dan meningkatkan lebih lanjut di masa depan.

4)     Masa depan perusahaan

Perusahaan harus selalu menjawab “Apa selanjutnya dan bagaimana melakukannya” untuk bertahan dalam jangka panjang. Mengembangkan citra dengan pemikiran hari ini akan sangat picik dan karenanya perusahaan harus melihat ke dalam jangka panjang dan memikirkan dan merencanakan identitas perusahaan yang sesuai. Perencanaan lini produk baru, perencanaan lima tahun, perubahan produk yang sudah ada, dll adalah poin yang harus dipertimbangkan saat memutuskan masa depan perusahaan dan pada gilirannya masa depan identitas perusahaan.

5)     Membangun corporate identity

Mempertimbangkan semua faktor di atas seperti mengapa Anda memulai, di mana Anda berada hari ini, ke mana Anda ingin pergi dan bagaimana Anda ingin melanjutkan, sebuah perusahaan dapat menyusun dan merumuskan strateginya sendiri untuk mengembangkan, memodifikasi, dan mempertahankan corporate identity. Menciptakan strategi brand dengan positioning, kepribadian brand dengan produk, pengembangan logo yang efektif dan menarik, menciptakan gaya brand dan identitas merek dll adalah cara untuk membangun corporate identity. Branding adalah kunci penting untuk membangun corporate identity. Memilih identitas visual yang menarik adalah langkah utama untuk mantan font bergelombang Coca-cola atau logo Apple Inc yang bersih dan rapi. Memilih warna korporat yang tepat juga membuat perbedaan dan berjalan jauh seperti yang ditunjukkan bahwa warna merah dalam brand makanan merangsang rasa lapar dan sebagian besar brand makanan memiliki warna merah di logo dan merek mereka seperti di KFC, McDonald’s, dll. Elemen seperti ini sangat membantu dan membantu mengembangkan citra brand seperti Big M dari McDonald’s atau swoosh Nike.

C. Manfaat dan Keuntungan Corporate Identity

1)     Tampilan resmi

Memiliki identitas perusahaan akan membantu dalam menyusun tampilan resmi untuk perusahaan dan akan membantu dalam membuat perusahaan terlihat lebih besar. Ketika gambar atau logo yang konsisten terlihat di mana-mana sebagai situs resmi, kartu kunjungan, atau media sosial, perusahaan memiliki tampilan resmi dan dapat menuntut harga premium untuk produk dan layanannya.

2)     Loyalitas konsumen

Corporate identity membantu membangun loyalitas konsumen jangka panjang dan membangun tidak hanya perasaan kesejahteraan pelanggan tetapi juga membangun hubungan emosional dengan pelanggan.

3)     Kepercayaan

Tujuan akhir dari identitas perusahaan adalah mengembangkan kepercayaan konsumen dan pemangku kepentingan. Identitas yang konsisten akan membantu mencapainya dan akan selalu membantu dalam mengembangkan serta mempertahankan bisnis.

4)     Penarikan Brand

Corporate identity yang ditanamkan di benak pelanggan melalui iklan, media sosial dll akan membantu dalam mengingat identitas brand dan membantu pelanggan dalam mengingat brand sehingga memastikan keberhasilan brand di pasar. Contoh: swoosh akan mengingatkan pelanggan akan Nike atau apel yang setengah dimakan akan mengingatkan Apple iPhone dan iPad.

5)     Stabilitas

Corporate identity menunjukkan stabilitas perusahaan sebagai lawan dari brand tanpa merek atau brand yang dikembangkan sendiri. Asosiasi dengan brand yang dibuat dengan baik menunjukkan hubungan jangka panjang dan mengatakan bahwa perusahaan akan tetap ada.

D. Kekurangan Corporate Identity

1)     Biaya perancangan

Merancang identitas perusahaan mahal bagi perusahaan serta memakan waktu. Baik tim internal digunakan atau perusahaan mengalihdayakannya. Dalam kedua kasus, faktor biaya meningkat secara signifikan.

2)     Kompleksitas

Pengembangan corporate identity adalah proses yang panjang, melelahkan, dan kompleks yang tidak dapat dilakukan oleh setiap perusahaan. Penelitian ekstensif seperti audit, riset pasar, analisis pelanggan, analisis pasar tidak hanya memakan waktu tetapi juga kompleks dan untuk menghubungkan semua ini, bukanlah pekerjaan satu orang.

3)     Perusahaan baru

Corporate identity dapat dikembangkan dengan mudah oleh raksasa multinasional tetapi tidak dapat dikembangkan oleh perusahaan rintisan dan perusahaan skala menengah karena mereka tidak memiliki dana yang cukup untuk memenuhi persyaratan.


KESIMPULAN

Perusahaan yang memiliki identitas perusahaan yang kuat dan meyakinkan mampu mencapai target khalayak yang lebih luas. Identitas perusahaan yang kuat akan lebih efektif dalam memaklumkan kepentingan pelanggan. Banyak perusahaan memandang pelanggannya sebagai target yang sangat penting sejak mereka mengakui eksistensi perusahaan tersebut. Untuk itu, identitas perusahaan yang dirancang dengan baik akan membantu membangun keyakinan pelanggan dalam membangun basis hubungan yang berkelanjutan terhadap perusahaan dimana hal tersebut sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan dimasa depan.


REFERENSI

Yansens, C. (2022, September 2). Corporate Identity: Cara Membangun Identitas Perusahaan. Full Service Digital Marketing. https://tanyadigital.com/corporate-identity-adalah/

http://e-journal.uajy.ac.id/561/2/1KOM03313.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.