Desember 01, 2022

Pentingnya Produktivitas dalam Bisnis



Abstrak

Semakin ketatnya persaingan dunia bisnis maka semakin dibutuhkannya ide-ide kreatif serta inovasi dari para pebisnisnya. Adanya kreativitas inilah yang akan menjadi pembeda serta daya tarik tersendiri bagi konsumen menentukan pilihannya. Adanya produktivitas sangat erat kaitannya dengan kreativitas. Dengan produktivitas yang baik maka perusahaan akan mencapai hasil yang optimal dalam meraih keuntungan. Semakin perusahaan tersebut produktif dalam mengalokasikan SDM yang dimilikinya maka akan semakin berkembang bsinis yang dijalankannya.

Kata kunci : Produktivitas, Kewirausahaan, Meningkatkan Produktivitas


Pendahuluan

Secara general, produktivitas merupakan tolak ukur yang digunakan perusahaan dalam mengetahui selisih antara kualitas dan kuantitas seorang tenaga kerja yang perhitungannya ditentukan oleh satuan waktu tertentu dalam mencapai hasil prestasi perusahaan. Semakin perusahaan tersebut efektif dan efisien dalam mengelola sumber daya yang dimilikinya maka akan berdampak pada nilai produktivitas kerja perusahaan untuk bersaing dengan competitor lainnya. Produktivitas sangat erat kaitannya dengan efektivitas dan efisinsi kerja.


Pembahasan

  • Definisi dan Tujuan Produktivitas

Secara umum produktivitas mengacu akan jumlah serta kualitas produk yang dihasilkan oleh bisnis yang dijalankan. Mucgharsyah Sinugan (2000) menjabarkan pendapatnya mengenai produktivitas, menurutnya produktivitas merupakan konsep yang memiliki sifat secara universal dengan tujuan menyediakan lebih banyak barang dan jasa untuk digunakan oleh manusia, dengan menggunakan sumber-sumber rill yang semakin sedikit. Sehingga dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa produktivitas merupakan perbandingan antara keluaran dan masukan suatu perusahaan yang dihitung secara cermat dan dipergunakan serta diyakini pada diri individu bahwa kehidupan hari ini akan lebih baik dibandingkan hari kemarin, esok, dan harus lebih baik lagi dari hari ini. Jika dari semua pengertian ini dipersempit lagi, konsep produktivitas yang bersifat universal ini bertujuan untuk menciptakan produk barang dan jasa dengan mengelola sumber daya yang terbatas secara maksimal guna memenuhi kebutuhan khalayak.


  • Faktor Pembentuk Produktivitas

Terdapat 6 faktor utama yang memengaruhi terbentuknya suatu produktivitas kerja diantaranya adalah :

1. Pengetahuan yang dimiliki

Karena pengetahuan menentukan kualitas SDM yang dimiliki, maka dari itulah penting bagi perusahaan untuk merekrut tenaga kerja dengan kualitas baik yang memang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan latar belakang pendidikan yang berbeda pula akan menyebabkan perbedaan tingkat pengetahuan tenaga kerja antar satu dan yang lainnya.

2. Keterampilan Individu

Keterampilan dalam berbisnis sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan suatu bisnis, dengan keterampilan yang mumpuni maka tingkat produktivitas perusahaan akan optimal dalam mengelola produk yang dimilikinya. Keterampilan kerja dapat dimiliki dengan banyaknya berlatih dan belajar akan pengetahuan-pengetahuan baru yang menunjang tercapainya tujuan perusahaan. Kendati demikian, peningkatan keterampilan yang baik namun tidak diimbangi dengan minat dan bakat pekerja maka akan membuat seorang individu bekerja seperti robot.

3. Kemampuan

Kemampuan seorang pekerja dalam produktivitasnya tidak semata-mata dibentuk karena pendidikan yang dienyamnya, melainkan melalui pelatihan dan pengetahuan yang dipelajarinya tak lupa dengan kemauan serta motivasi yang dimilikinya.

4. Sikap Pekerja

Kebiasaan berulang-ulang yang dilakukan pekerja akan membentuk sikap yang dimilikinya dalam bekerja. Kebiasaan efektif dan efisien dalam menyelesaikan pekerjaan harus dibiasakan dari sikap sehari-harinya. Faktor inilah yang paling sering memengaruhi produktivitas kerja dalam perusahaan.

5. Perilaku

Terbentuknya perilaku juga tak luput akan sikap dan pola kebiasaan. Perusahaan perlu memperhatikan faktor ini dalam perekrutan dan pelatihan tenaga kerjanya. Perilaku tenaga kerja akan mudah memengaruhi kebudayaan perusahaan serta citra perusahaan.

  • Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Kunci utama dari meningkatnya produktivitas sebenarnya bukanlah ada pada input, namun ada pada kegiatan yang terjadi secara nyata pada tempat kerja, banyaknya faktor yang memengaruhi terbentuknya produktivitas inilah yang menyebabkan tingkat pengukuran pada produktivitas kerja. Peningkatan produktivitas kerja tidak hanya penting bagi keadaan ekonomi perusahaan, namun hal ini akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi Negara. Dengan meningkatnya perekonomian maka akan membuka kesempatan kerja yang tinggi untuk membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran, dengan dibukanya lowongan kerja maka taraf hidup masyarakat juga akan meningkat.


  • Kewirausahaan dalam Pandangan Bisnis

Menurut seorang ahli yakni Richard Cantillon (1775) Kewirausahaan sebagai pekerjaan itu sendiri (wirausaha). Seorang pengusaha membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang beresiko atau ketidakpastian. Dalam mendirikan bisnis terlebih meningkatkan produktivitas kerja perusahaan , maka seorang wirausaha harus mempunyai pengetahuan yang luas dan terus mengembangkan ide-ide baru dalam menyempurnakan produk dan jasanya, seorang wirausaha harus berjiwa dinamis dan ulet. Pemikiran panjang dan penuh pertimbangan adalah salah satu yang memengaruhi keberhasilan suatu bisnis.


Daftar Pustaka

Pamungkas, A. (2021). Memahami Pengertian Produktivitas Kerja dalam Dunia Bisnis. Diakses Pada 21 November 2022 pukul 10.16 dari https://majoo.id/solusi/detail/produktivitas-kerja

PsychologyMania. (2000). Pengertian Produktivitas. Diakses pada 21 November 2022 pukul 10.31 dari https://www.psychologymania.com/2012/08/pengertian-produktivitas.html?m=1

Nurhaliza, W, H. (2019). Kajian Teori. Universitas Siliwangi (2019). Diakses pada 21 November 2022 dari http://repositori.unsil.ac.id/1054/9/BAB%20II%20revisi%20sitematika.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.