Desember 01, 2022

Pergerakan Marketing 4.0



Abstrak

Kemajuan IPTEK semakin membawa kemudahan bagi masyarakat, hal ini juga dirasakan pada sector ekonomi, hal ini dirasakan pada bidang marketing. Adanya perkembangan marketing 4.0 di mana jenis marketing ini menggabungkan antara interaksi online dan offline yang terjadi di antara produsen dan konsumen. Dengan adanya strategi digital marketing, maka perusahaan akan lebih cepat mendapatkan profit tinggi karena jenis marketing ini menggabungkan antara toko online dan offline.

Kata kunci : Marketing 4.0, Big data, Digital


Pendahuluan

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknik pemasaran disertai teknologi, maka perusahaan harus mengikuti strategi marketing yang ada sesuai dengan globalisasi dan kemajuan IPTEK. Strategi marketing 4.0 diterapkan oleh banyak perusahaan karena dianggap mampu membantu Negara berevolusi ke arah pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan stabil. Selain Negara-negara maju di dunia ini, Indonesia juga menerapkan penggunaan strategi Marketing 4.0.


Pembahasan

  • Strategi Marketing 4.0

Kata strategi sebenarnya berasal dari bahasa Yunani, yaitu stratos yang artinya militer dan pemimpin. Strategi merupakan gambaran perencanaan jangka panjang prospek suatu bisnis. Strategi marketing 4.0 merupakan strategi yang digunakan perusahaan atau organisasi dalam menggabungkan interaksi online dan offline antara perusahaan dan pembeli. Strategi marketing 4.0 ini merupakan pengembangan dari beberapa marketing sebelumnya yang telah disempurnakan melalui 4.0, strategi marketing tersebut diantaranya adalah; marketing 1.0 yang berfokus pada penjualan produk barang dan jasa tanpa adanya pertimbangan kebutuhan konsumen, marketing 2.0 yang berfokus terhadap konsumen. Marketing 3.0 yang memfokuskan pada manusia, kemudian marketing 4.0 yang memadukan strategi online dan offline dalam meningkatkan pencapaian konsumen.


  • Analisis Big data

Big data didefinisikan sebagai sekumpulan informasi yang terstruktur serta mudah diakses, dianalisis, serta dipergunakan di berbagai segala proses pengambilan keputusan. Big data dalam dunia bisnis sangat berperan secara aktif dan penting untuk kemajuan perusahaan. Big data sendiri berfungsi dalam meningkatkan penilaian konsumen terhadap produk barang dan jasa perusahaan, meningkatkan keamanan digital, analisa operasi yang lebih fokus pada data mesin, dan modernisasi gudang data. Adanya marketing 4.0 merupakan pengganti bagi adanya pendekatan 4A menjadi 5A.


  • Digital dalam Strategi Marketing 4.0

Pada strategi marketing 4.0 akan sering digunakan yang namanya digital, digital marketing dapat didefinisikan sebagai pemanfaatan teknologi informasi serta komunikasi untuk membangun nama suatu produk atau brand yang ditawarkan kepada konsumen. Dengan digunakannya digital marketing ini jangkauan konsumen perusahaan lebih luas, dan pengukuran dapat dengan mudah melalui data yang akurat tersaji, adapun contoh adanya channel digital marketing yakni google ads, email marketing, social media marketing,dan Seach Engine Optimization (SEO).


  • Mencapai Titik WOW

Saat menggunakan strategi marketing 4.0 kita harus mencapai titik WOW saat menjalankan usaha. Titik WOW ini didefinisikan sebagai standarisasi kepuasan pelanggan ketika menggunakan suatu produk berupa barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Titik WOW ini dapat tecapai ketika mencakup karakteristik :

1. WOW yang mengejutkan konsumen. Ketika individu memiliki harapan tertentu namun mendapatkan jauh lebih banyak, itulah momen ketika terjadi WOW. Penyimpangan terhadap hasil yang diharapkan oleh perusahaan ini yang menciptakan WOW.

2. WOW sendiri bersifat personal yang mana hal ini dapat dipicu hanya ketika orang yang merasakan mencapai titik kepuasan. Kegelisahan tersembunyi yang memengaruhi inilah yang akan memicu momen terjadinya WOW. Kendati demikian, momen WOW ini tidak semua orang bisa merasaknnya, namun akhirnya momen WOW ini menular.

3. Seperti yang dikatakan sebelumnya bawa momen WOW ini menular. Individu yang merasakan momen WOW ini menganjurkan dan menyebarluaskan kepuasan rasanya ini kepada setiap orang yang ditemuinya.


Daftar Pustaka

DR, Arif. (2019). Marketing 4.0 Perubahan Pasar Traditional ke Digital. Diakses pada 22 November 2022 Pukul 18.03 diakses dari https://www.academia.edu/40605721/Makalah_Marketing_4_0_Perubahan_Pasar_Traditional_ke_Digital_

Jesicca, C. (2021). Mengenal Marketing 4.0 Strategi Pemasaran Baru di Era Digital. diakses pada 22 November 2022 Pukul 18: 42 diakses dari https://www.academia.edu/40605721/Makalah_Marketing_4_0_Perubahan_Pasar_Traditional_ke_Digital_

Philip Khotler, Hermawan Kertajaya & Irawan Setiawan. Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital, 170 : diakses dari http://etheses.iainkediri.ac.id/1660/3/931322415_bab%202.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.