Maret 14, 2023

MENGENAL KEWIRAUSAAHAAN DAN PENGARUH TRANSFORMASI DIGITAL PADA BISNIS

Amelia Putri 46122010046

@AB22-Amelia


Apa sih kewirausaahaan itu? mari kita lihat artikel berikut ini.

Kewirausahaan merupakan kemampuan kreatif dan inovatif, cerdas melihat peluang dan selalu terbuka untuk setiap masukan dan perubahan yang positif yang mampu membawa bisnis terus bertumbuh serta memiliki nilai.
Mereka yang menjadi wirausaha adalah orang-orang yang mengenal potensi dan belajar mengembangkannya untuk menangkap peluang.

Menurut tokoh Thomas W. Zimmerer Kewirausaahaan itu apa sih?

Thomas W.Zimmerer (1996;51)
mengungkapkan bahwa kewirausahaan merupakan proses penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan mencari peluang yang dihadapi setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Inti dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda melalui pemikiran kreatif dan tindakan inovatif demi terciptanya
peluang.

Apa aja sih yang menjadi Faktor Pengaruh Transformasi Digital pada Bisnis? Nah, Ada beberapa faktor yang mendorong pelaku bisnis untuk menggunakan digital dalam bisnisnya, yaitu:

• Faktor internal
Pemilik dan manajerial, sumber daya manusia, efisiensi, praktik bisnis, kesiapan dan kemampuan perusahaan

• Faktor eksternal
Kondisi pandemi, data dan informasi, tuntutan pelanggan, persaingan kompetitif, globalisasi dan urbanisasi, pemerintah dan pihak eksternal, kemajuan teknologi dan digitalisasi, sumber daya alam, demografi dan iklim.

Di era zaman modern ini menuntut kemudahan para pelanggan dalam memanfaatkan jasa atau membeli produk dari suatu perusahaan yang sudah ramah teknologi digital. Dengan adanya globalisasi dan urbanisasi pun semakin tinggi tingkat pemenuhan kebutuhan para pelanggan yang dapat dengan mudah dan cepat untuk diperoleh. Sehingga para pelaku bisnis pun perlu familiar untuk penggunaan digital dalam bisnisnya dan cerdas dalam mencari peluang juga. 

Beberapa contoh inovasi yang sudah ada yang saat ini kita tahu adalah media sosial, teknologi sensor, printer 3D, smartphone, robotika, dan penggunaan aplikasi untuk meeting jarak jauh.

Menjalankan sebuah usaha atau menjadi seorang wirausaha butuh yang namanya modal untuk menjalankan bisnisnya benar kan? Nah beberapa modal yang termasuk ke dalam modal tidak berwujud (intangible) sebagai berikut :
1. Modal intelektual, ide-ide yang merupakan modal utama yang harus dimiliki seorang wirausaha.
2. Modal Sosial dan Moral, sebagai suatu integritas dalam bentuk kejujuran dan kepercayaan.
3. Modal Mental, Mental seorang wirausaha harus ditanam sejak dini, diwujudkan dalam bentuk keberanian untuk menghadapi risiko dan tantangan.

Tahapan Transformasi Digital dalam Dunia Usaha
1. Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Teknologi
Ini hal utama dalam transformasi digital, Kita harus bisa membuka pikiran dan memberikan kesadaran kepada tim atau individu, bahwa teknologi itu penting dan dapat membantu aktivitas kerja menjadi lebih efektif dan efisien.

2. Berikan Insight Mengapa harus Bertransformasi Digital
Memberikan gambaran secara umum tentang bagaimana transformasi digital itu dilakukan, misalnya dengan memberikan beberapa contoh teknologi yang akan digunakan beserta benefit nya.

3. Sosialisasikan tentang Teknologi yang akan Digunakan
Kita harus memberikan sosialisasi kepada semua  tentang teknologi yang akan digunakan dan mengapa menggunakannya. Ini bertujuan agar semua pihak tidak kaget ataupun mengalami kesulitan terkait teknologi yang akan diimplementasikan, yang intinya semua pihak yang terkait sudah siap menerimanya.

4. Siapkan Tim yang Siap dengan Digitalisasi
Dalam sebuah perusahaan perlu ada tim yang siap dan menguasai kebijakan serta proses dari digitalisasi dengan baik, hal ini sangat penting khususnya bagi manajemen perusahaan Anda.

5. Lakukan Bimbingan dan Pelatihan tentang Proses Digitalisasi
Setelah semua tim siap,  pastikan memberikan bimbingan dan pelatihan teknis terkait teknologi yang akan digunakan, pastikan setiap anggota tim paham dan mengerti proses digitalisasi dari penggunaan teknologi yang ada

6. Evaluasi Proses Digitalisasi
Berguna untuk melihat seberapa besar pengaruh penggunaan teknologi pada aktivitas perusahaan.

7. Optimalkan Hasil Evaluasi
Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan, catat semua hasil selama dan sesudah perusahaan melakukan proses digitalisasi. Apakah ada yang perlu diperbaiki atau ada yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan lagi untuk aplikasi dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, misalnya pengembangan aplikasi absensi online ketika ada kebijakan bekerja dari rumah (WFH), dll.

Daftar pustaka :

Saragih, Rintan. "Membangun usaha kreatif,inovatif dan bermanfaat melalui penerapan kewirausaahaan sosial". Jurnal kewirausaahaan, Universitas Methodist Indonesia, 2017

Qiscus, 2022. "7 Langkah Transformasi Digital Dalam Dunia Bisnis", https://www.qiscus.com/id/blog/transformasi-digital/, diakses pada 11 Maret 2023 pukul 19.15.

Linnia, 2022. "3 Artikel ilmiah kewirausaahaan,yuk simak!",  https://tambahpinter.com/artikel-ilmiah-kewirausahaan/, diakses pada 12 Maret 2023 pukul 20.10.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar