Maret 14, 2023

Lima Faktor pendukung membuka usaha dibidang fashion

            Dimas Dwi Saputro 46122010161




Abstrak

 Kewirausahaan (entrepreneur) merupakan kemampuan kreatif dan inovatif yang di jadikan sumber daya untuk mencari peluang menuju pintu kesuksesan. Jika dibandingkan dengan negara negara maju di dunia, jumlah wirausaha di Indonesia masih tergolong rendah. Oleh karena itu tujuan saya membuat artikel ini adalah untuk mengetahui faktor faktor pendukung membuka usaha di bidang fashion seperti mempersiapkan modal, riset pasar, kreativitas, bekerjasama dengan influencer, dan disiplin dalam berwirausaha. Oleh karena itu pentingnya untuk mempelajari faktor pendukung berwirausaha khususnya di dunia fashion yang baik dan benar agar bisnis bisa bertahan dan semakin berkembang.

Kata kunci : modal, meriset pasar, ide kreaivitas, bekerjasama, disiplin.

Dalam menjalankan usaha yang di bangun sendiri, ada beberapa faktor yang harus di persiapkan. Faktor ini lah membuat usaha menjadi berkembang dan menjadi besar. Dengan artikel yang saya buat ini, kali ini saya telah merangkum beberapa Faktor pendukung membuka usaha yang diharapkan membuat kita lebih siap lagi mengembangkan bisnis di masa yang akan datang seperti contoh dalam dunia Fashion.

1) Mempersiapkan Modal

Modal merupakan faktor utama yang di butuhkan dalam membuka usaha. Modal ini bisa kita dapatkan dari hasil tabungan. Modal usaha yang dimiliki pelaku usaha dalam menjalankan bisnis harus cukup dan dikelola dengan baik, namun masih banyak para pelaku usaha yang dihadapkan dengan permasalahan kurangnya modal usaha. Namun permasalahan ini bisa di atasi misalnya dengan adanya modal eksternal seperti peminjaman uang di bank atau mendatangkan investor dengan jaminan yang setimpal dengan modal yang kita butuhkan.

2) Riset Pasar

Sebelum memulai usaha kita harus meriset pasar terlebih dahulu

Agar kita tau kebutuhan dan permintaan yang dibutuhkan pelanggan.

Dengan melakukan riset kita akan lebih mudah dalam menentukan jenis produk pakaian yang dibutuhkan oleh pelanggan dan menentukan jenis produk pakaian apa yang ingin di pasarkan, Ada jenis pelanggan yang ingin membeli pakaian dengan kualitas yang baik dengan harga terjangkau dan ada juga pelanggan yang ingin model yang sesuai dengan trend. Dua jenis pelanggan inilah yang akan menentukan jenis pakaian apa yang akan kita pasarkan.

3) Bekerja sama dengan Influencer

Untuk mengembangkan produk fashion yang ingin di jual makin berkembang kita perlu bekerja sama dengan influencer atau biasa di kenal dengan Endorse. Cobalah minta model atau public figure untuk mengenakan produk yang kita punya dan mempostingnya di sosial media mereka. Hal ini akan menjadi promosi bisnis jika fashion yang dikenakan oleh orang terkenal maka akan banyak orang yang ingin menggunakan nya juga dengan demikian bisnis akan berkembang dan berjalan dengan lancar.

4) Ide Kreativitas dan Inovasi

Persaingan usaha di bidang fashion sangatlah banyak dengan begitu impian kita untuk menjadi seorang pengusaha bisa terwujud jika kita memiliki ide kreativitas dan inovasi. Walaupun produk yang kita miliki sama dengan yang lain, kita bisa lebih unggul dengan meng aplikasikan kreativitas yang kita miliki. Dengan begitu pelanggan akan tetap setia membeli produk yang kita miliki dengan kualitas yang lebih unggul.

5) Disiplin

Disiplin menjadi faktor pendukung yang menentukan keberhasilan

Usaha. Kita bisa mengubah kebiasaan kita yang sebelumnya tidak disiplin menjadi disiplin dan jadikan itu menjadi budaya kerja. Dengan sikap disiplin kita bisa lebih mudah mencapai tujuan karena mengurasi distraksi yang masuk dan mengganggu rencana yang telah kita persiapkan. Disiplin perlu di terapkan bukan hanya kita tetapi seluruh sumber daya manusia seperti karyawan yang terlibat, sehingga tidak ada pihak atau pekerjaan yang menghambat proses secara keseluruhan.

 Demikian serangkaian beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan berusaha. Semoga dapat bermanfaat bagi pelaku bisnis dalam mengembangkan dan memajukan usahanya.

Selamat Berwirausaha :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar