Maret 13, 2023

muhammad fadhil NIM : 46122010094

 


Nama    :Muhammmad Fadhil 
NIM      : 46122010094



Arti Dan Pentingnya Kewirausahaan Di Era Modern

Kewirausahaan sudah menjadi hal yang sangat populer dikalangan masyarakat, banyak sekali masyarakat modern yang sudah mempunyai sebuah usaha dan bisa mengembangkan usaha mereka menjadi usaha yang sukses. Tapi kewirausahaan bukan hanya semata mata tentang bagaimana kita memiliki sebuah usaha dan mengembangkannya, tapi kewirausahaan juga tentang bagaimana cara kita, bagaimana pola piker kita, bagaimana strategi kita dalam membuat dan mengembangkan suatu usaha tersebut sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari usaha yang telah kita buat.

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia  (KBBI), kata wirausaha merupakan gabungan dari dua kata yang masing-masing memiliki arti, wira dapat diartikan sebagai pahlawan atau laki-laki, sedangkan kata usaha merupakan sebuah kegiatan dengan mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mencapai suatu maksud. Maka kata wirausaha, dapat diartikan sebagai seorang yang melakukan sesuatu dengan segala kemampuannya untuk mencapai maksud tertentu. Pada perjalanannya, kegiatan wirausaha berkembang menjadi kewirausahaan, istilah kewirausahaan merupakan padanan kata dari entrepreneurship dalam bahasa Inggris. Sebelum dialihbahasakan ke dalam bahasa Inggris, kata entrepreneurship sendiri berasal dari kata berbahasa Perancis,

yaitu entreprende yang memiliki arti petualang, pencipta, dan pengelola usaha.

 

 

Sementara itu, pengertian kewirausahaan adalah suatu usaha untuk menentukan, mengembangkan, kemudian menggabungkan inovasi, kesempatan, dan cara yang lebih baik agar memiliki nilai yang lebih dalam kehidupan. Lalu bagaimana awal mula sejarah kewirausahaan? Jadi menurut sejarah, wirausaha sudah diperkenalkan oleh salah satu tokoh yang bernama Richard Castillon pada tahun 1755.  Dimulai merintisnya pendidikan wirausaha sejak tahun 1950an  di beberapa Negara Eropa, Amerika, dan Kanada, mereka mulai mengajarkan bagaimana cara memanajemen sebuah usaha kecil atau kewirausahaan. Ilmu wirausaha berkembang pesat sejalan dengan perkembangan masyarakat dan adanya permasalahan seperti krisis ekonomi.

 

Ada beberapa istilah kewirausaha menurut para ahli antara lain. Suryana menyatakan bahwa istilah kewirausahaan dari terjemahan entrepreneurship, yang dapat diartikan sebagai „the backbone of economy‟, yaitu syaraf pusat perekonomian atau pengendalian ekonomi suatu bangsa. Lalu kemudian pengertian kewirausahaan menurut Tarmudji ialah seseorang yang berkemauan keras dalam melakukan tindakan yang bermanfaat dan patut menjadi teladan hidup.

Pada Negara Indonesia, tidak dapat dipungkiri bahwa Negara kita mempunyai masalah terkait dengan lapangan pekerjaan, sehingga membuat banyak sekali masyarakat Indonesia yang mengganggur sehingga mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari hari. Berbagai banyak cara dari pemerintah untuk mencoba mengatasi masalah lapangan pekerjaan, usaha pemerintah antara lain yaitu meningkatkan pendidikan, Pendayagunaan dan penyebaran tenaga kerja, Pengembangan produktivitas tenaga kerja, dll. Tidak hanya dari pemerintah, dari masyarakat yang mempunyai sebuah usaha juga sebenarnya dapat membantu dalam menangani permasalahan tentang lapangan kerja, yaitu dengan Wirausaha. Dengan adanya wirausaha kita dapat membantu pemerintah dan masyarakat untuk memperluas lapangan pekerjaan.

Sebelum membuat dan mengembangkan suatu usaha, kita harus mengetahui konsep konsep tentang kewirausahaan. Apa saja konsep konsep dalam kewirausahaan ?

1.      Kelincahan/Aglity
Kelincahan atau agility, merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengubah arah dengan cepat dan tepat pada waktu ia bergerak tanpa kehilangan keseimbangan, sehingga dapat beradaptasi dan bertahan dengan segala perubahan zaman.

2.      Daya Tahan/Endurance
Daya tahan sangat dipengaruhi oleh kelancaran produksi, dan penjualan. Jika produk yang dihasilkan masih dibutuhkan banyak konsumen, dengan sendirinya pemasukan perusahaan akan mengalir terus. Hanya mereka yang memiliki daya tahan tinggi, bisa lolos dari ujian.

3.      Kecepatan
kecepatan yang dimaksud dalam kewirausahaan ialah tentang bagaimana seorang pengusaha memiliki kecepatan dalam berinovasi sehingga dapat melampaui saingan pasar.



4.      Kelenturan
kelenturan ialah dimana seorang pengusaha mampu menyesuaikan kehidupan dimanapun ia berada. Jadi seorang pengusaha yang baik ialah pengusaha yang dapat memaksimalkan usahanya dimanapun tempatnya dan sekeras apapun kondisinya.

5.      Kekuatan
Kekuatan atau strength, yaitu suatu kemampuan kondisi fisik manusia yang diperlukan dalam peningkatan prestasi belajar gerak. Kekuatan merupakan salah satu unsur kondisi fisik yang sangat penting dalam merespon kegiatan kewirausahaan, karena dapat membantu meningkatkan fungsi komponen-komponen seperti kecepatan, kelincahan dan ketepatan.

 

Tidak hanya sebatas konsep, seorang wirausaha juga harus mempunyai karakteristik agar usaha yang ia ciptakan dapat berkembang pesat. Karakteristik yang dibutuhkan untuk seorang wirausaha antara lain ialah

1.      Disiplin
untuk memaksimalkan usaha yang dikembangkan, seorang wirausaha harus mempunyai karakteristik yang disiplin, dengan tujuan dapat menjadikan motivasi agar usaha yang dikembangkan menjadi maksimal. Contoh disiplin antara lain ialah disiplin waktu, mampu membuat target-target yang ingin dicapai dimasa depan, dsb.

2.      Inovatif.
dalam  membangun suatu usaha diperlukannya pemikiran yang inovatif. Semakin berkembangnya zaman maka kebutuhan konsumen juga ikut berubah. Maka dari itu seorang wirausaha harus berpikir inovatif agar usaha yang dijalankan dapat mengikuti kebutuhan konsumen yang berubah ubah.

3.      Jujur
jujur juga menjadi karakteristik yang sangat penting dalam mengembangkan suatu usaha, karena konsumen akan lebih tertarik pada pengusaha yang bersifat jujur.

4.      Mempunyai komitmen.
seorang wirausaha harus memiliki komitmen yang kuat dalam mengembangkan usahanya. dengan begitu seorang wirausaha akan dapat bersaing dengan competitor.

Lalu mengapa kewirausahaan itu sangat penting?  Untuk di era modern seperti sekarang justru sangat diperlukan sekali kewirausahaan. Lantas apa saja manfaat  jika kita mempelajari kewirausahaan?

1.      Dapat membuka lapangan kerja

2.      Dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan kestabilan ekonomi Negara

3.      Mempunyai  usaha yang sesuai bidang yang disuka.



MIND MAP 






Daftar pustaka :

https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-kewirausahaan/

http://repository.unika.ac.id/14812/2/12.30.0322%20Mia%20Sapoetro%20BAB%20I.pdf

https://www.liputan6.com/hot/read/4587108/pengertian-kewirausahaan-menurut-ahli-dan-manfaat-mempelajarinya











































 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar